Selain Potong Hewan Kurban, 6 Negara Ini Punya Tradisi Seru Saat Iduladha

Jumat, 8 Juli 2022 | 19:50:00

Ghina Nafisah

Penulis : Ghina Nafisah

Selain Potong Hewan Kurban, 6 Negara Ini Punya Tradisi Seru Saat Iduladha

Tradisi Idul Adha di Berbagai Negara. (Special)

Ladiestory.id - Iduladha adalah hari penting bagi seluruh umat muslim di dunia, di mana hewan ternak akan disembelih untuk dibagikan kepada masyarakat dan orang-orang yang kurang mampu. Momen Iduladha pun dirayakan di berbagai negara dengan cara berbeda sesuai tradisi masing-masing, dari mulai tradisi yang terlaksana secara khidmat sampai seru pun ada.  

Di Indonesia sendiri memiliki banyak sekali tradisi saat hari raya Iduladha dari berbagai daerah. Tapi pada umumnya tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia adalah memasak olahan daging kurban bersama, berkunjung dan kumpul kerabat, sampai “nyate” saat malam hari.

Tak hanya di Indonesia, ternyata negara-negara lain juga punya tradisi saat hari raya Iduladha tiba. Enam negara berikut punya tradisi seru saat Iduladha.

Mesir

Tradisi Idul Adha di Mesir. (bbc)

Mesir memilki tradisi Iduladha, yaitu setelah salat Id, mereka akan memotong hewan kurban di tengah jalan. Walaupun terdengar ekstrem, tetapi tradisi ini terbilang seru bagi masyarakat Mesir karena momen kebersamaannya.

Ternyata, dilaksanakannya pemotongan hewan kurban di jalanan mempunyai maksud agar masyarakat bisa menyaksikan secara langsung proses penyembelihan dengan mudah. Selain keseruan dalam berkurban, ada hal lain yang paling menyenangkan dalam Iduladha di Mesir, yaitu orang yang lebih tua akan memberikan sejumlah uang kepada anak-anak mereka.

Turki

Tradisi Idul Adha di Turki. (Special)

Selanjutnya, ada tradisi di negara Turki. Keseruan tradisi di negara ini ada saat pemotongan hewan kurban. Sebelum hewan-hewan kurban disembelih, hewan tersebut akan dimandikan kemudian dicat dengan kuku pacar (henna) dan dihiasi dengan pita warna-warni.

Selain itu, rakyat Turki juga memberikan anak-anak mereka baju baru. Kemudian, baju bekas layak pakai mereka akan dibagikan kepada masyarakat kurang mampu.  

Inggris

Tradisi Idul Adha di Inggris. (Special)

Tradisi negara Inggris saat Iduladha adalah selepas salat Id, mereka akan saling berpelukan dan mendoakan. Bagian serunya adalah saat bersilaturahmi dengan teman dan saudara, masyarakat Inggris akan pergi mengunjungi sanak saudara untuk bertukar kado dan makan bersama. Acara ini diakhiri dengan pergi bersenang-senang ke festival atau mirip seperti pasar malam.  

Maroko

Tradisi Idul Adha di Maroko. (Special)

Tradisi Iduladha di Maroko adalah salah satu yang paling unik di antara negara-negara lain. Dalam merayakan Iduladha, masyarakat Maroko akan mengadakan karnaval bernama “Bouljoud”.

Hal yang membuat seru,  anak-anak muda di Maroko akan mengenakan pakaian wol yang menyerupai hewan kambing dan berjalan-jalan mengelilingi desa. Selain arak-arakan, petasan pun dinyalakan secara bergantian diiringi dengan takbir.

Selama Iduladha di Maroko, warung dan pasar akan tutup selama sekitar satu minggu, karena banyak warganya yang mudik ke kampung halaman untuk berkumpul dengan kerabat.

Kanada

Tradisi Idul Adha di Kanada. (Special)

Kalau di Kanada, hampir sama dengan di Indonesia, yaitu melaksanakan salat Id di lapangan terbuka. Akan tetapi, yang membedakannya adalah setelah selesai salat, warga Kanada akan seru-seruan bermain di karnaval. Pada karnaval tersebut terdapat wahana bermain, pertunjukkan olahraga hingga tenda-tenda bazar yang menyediakan masakan olahan daging kurban dari mancanegara.

Uni Emirat Arab

Tradisi Idul Adha di Uni Emirat Arab. (Special)

Uni Emirat Arab memiliki tradisi mengenakan pakaian terbaik dan juga berdandan. Para peremuan Uni Emirat Arab akan menghias tangan mereka seindah mungkin menggunakan kuku pacar (henna). Selain membagikan daging kurban, masyarakat Uni Emirat Arab juga membagikan biskuit kepada para tetangga.  

Walaupun tradisi umat Islam berbeda-beda dalam merayakannya, tapi tetap satu keyakinan dan tujuan, yaitu menyebarkan kebaikan dan menolong sesama.