5 Tradisi Unik Perayaan Natal di Jepang

Jumat, 16 Desember 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Tradisi Unik Perayaan Natal Di Jepang

Perayaan Natal di Jepang. (Special)

Ladiestory.id - Natal menjadi momen yang sangat ditunggu oleh umat Kristiani di seluruh penjuru dunia. Di setiap negara, Natal dirayakan dengan meriah. Bahkan, masing-masing negara memiliki tradisi sendiri dalam merayakan Natal, termasuk di Jepang.

Umat Kristiani di Jepang memiliki cara tersendiri dalam merayakan malam Natal, salah satunya dengan menyantap ayam goreng KFC. Selain itu, masih ada tradisi unik yang juga dilakukan oleh masyarakat Jepang dalam merayakan Natal. Berikut ini lima tradisi unik perayaan Natal di Jepang yang telah dirangkum oleh Ladiestory.id.

Menyantap Ayam Goreng KFC

Perayaan Natal di Jepang. (Special)

Salah satu tradisi Natal yang unik di Jepang adalah menyantap ayam goreng KFC . Ayam goreng KFC ini dijadikan sebagai hidangan utama saat malam Natal. Tradisi ini dilakukan hampir oleh semua masyarakat Jepang sebagai tanda sukacita dalam menyambut Natal.

Tradisi menyantap ayam goreng KFC ini dimulai sejak 1974. Ketika itu, KFC mengadakan promo spesial Natal secara besar-besaran. Party Bucket yang dijual kala itu berhasil menarik minat masyarakat Jepang. Hingga kini, masyarakat Jepang menganggap perayaan Natal kurang lengkap tanpa menyantap ayam goreng dari KFC. 

Menikmati Strawberry Shortcake

Perayaan Natal di Jepang. (Special)

Selain menyantap ayam goreng KFC, masyarakat Jepang juga memiliki tradisi makan strawberry shortcake saat perayaan Natal. Strawberry shortcake merupakan sejenis dessert berupa kue bolu. Strawberry shortcake disajikan dengan tambahan krim dan buah stroberi. 

Tradisi menikmati strawberry shortcake mulai populer pada 1922. Ketika itu, toko Fujiya mulai memperkenalkan strawberry shortcake sebagai kue Natal. Meskipun kini kue Natal telah banyak ragamnya, namun strawberry shortcake tetap menjadi hidangan favorit masyarakat Jepang saat Natal. 

Berkencan dengan Kekasih

Perayaan Natal di Jepang. (Special)

Malam Natal bagi masyarakat Jepang merupakan malam yang romantis. Sama halnya ketika hari Valentine, masyarakat Jepang juga merayakan Natal dengan berkencan. Saat malam Natal, kamu akan mudah menemukan pasangan kekasih di Jepang yang sedang berkencan.

Banyak pasangan kekasih di Jepang yang merayakan malam Natal dengan dinner romantis, kencan romantis sembari melihat keindahan lampu Natal, dan juga menikmati ayam goreng KFC berdua.

Mengunjungi Event Natal

Perayaan Natal di Jepang. (Special)

Menjelang Natal, tentunya ada banyak event-event bertema Natal yang diselenggarakan. Di Jepang juga diadakan event semacam itu untuk memeriahkan hari Natal. Masyarakat Jepang dikenal sebagai masyarakat yang senang mengunjungi berbagai macam event Natal. Bahkan, hal ini telah menjadi tradisi sejak dulu. 

Ketika Natal tiba, masyarakat Jepang akan berbondong-bondong untuk menyaksikan festival tahunan, mengunjungi night market, bahkan mengunjungi Disneyland Tokyo. Pada Desember setiap tahunnya, Disneyland Tokyo selalu menyelenggarakan parade tahunan. Dalam parade tersebut akan dimeriahkan oleh tokoh-tokoh animasi Disney dan juga Santa Claus. 

Melihat Dekorasi Natal

Perayaan Natal di Jepang. (Special)

Momen Natal menjadi momen yang meriah di Jepang. Hampir di semua jalan dan sudut kota dipasang hiasan dan lampu Natal. Dekorasi Natal yang apik bisa menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Jepang. Lampu hias yang berwarna-warni menambah kemeriahan dalam menyambut Natal. 

Bahkan, di Jepang dekorasi dan lampu hias Natal telah dipasang sejak November. Hal ini sebagai tanda bahwa masyarakat Jepang menyambut gembira hari Natal. Masyarakat Jepang juga umumnya akan menghabiskan malam Natal dengan melihat dekorasi dan keindahan lampu Natal di beberapa tempat umum. Momen ini sekaligus bisa menjadi momen quality time bersama dengan orang terkasih maupun keluarga.