Tren Pariwisata Naik, Asuransi Perjalanan Jadi Sorotan Para Pelancong

Minggu, 19 Desember 2021 | 15:15:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Tren Pariwisata Naik, Asuransi Perjalanan Jadi Sorotan Para Pelancong

Ilustrasi berlibur. (Instagram.com/indtravel)

Ladiestory.id - Industri pariwisata mulai memperlihatkan pemulihan. Hal ini antara lain terlihat dari naiknya animo masyarakat untuk bepergian.

Pemesanan Perjalanan Melonjak

Data Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) mencatat kenaikan hingga 40 persen pada pemesanan perjalanan oleh wisatawan lokal atau dua kali lipat dibandingkan dengan sebelum pembatasan mobilisasi dilonggarkan. Namun, meski mulai pulih, tren pariwisata telah mengalami perubahan jika dibandingkan dengan sebelum pandemi Covid-19.

“Tren pariwisata telah berganti sejak pandemi Covid-19. Salah satunya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengedepankan aspek kualitas diatas kuantitas dalam sektor pariwisata, atau quality tourism dan bukan quantity tourism," kata Didien Junaedi, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI).

Asuransi Perjalanan Ikut Meningkat

"Peningkatan protokol kesehatan dan asuransi menjadi jawaban akan hal tersebut. Asuransi berperan penting dalam keadaan apapun, sehingga perlu untuk mengembangkan asuransi perjalanan yang lengkap, baik untuk perjalanan individu maupun berkelompok,” tambahnya.

Dengan aspek keamanan kian menjadi prioritas, permintaan akan asuransi perjalanan dengan proteksi lebih pun ikut meningkat. Asuransi perjalanan dinilai memberikan rasa aman dan percaya diri dalam menghadapi risiko di tengah kondisi pandemi yang tidak menentu.

“Memulihnya tren bepergian harus disertakan dengan perlindungan lebih agar masyarakat dapat bepergian dengan lebih tenang tanpa harus mengkhawatirkan risiko yang mungkin dihadapi. Disinilah asuransi perjalanan memainkan peran pentingnya dalam memberikan masyarakat perasaan aman dan nyaman sejak mulai dari persiapan perjalanan hingga sampai di tujuan,” kata Rismauli Silaban selaku Chief Technical Officer Zurich Asuransi Indonesia.

Rismauli menambahkan bahwa Zurich Asuransi Indonesia siap menyediakan solusi perlindungan perjalanan yang komprehensif, dengan mengedepankan kebutuhan nasabah. Melalui Zurich Travel Insurance, lindungi perjalanan Kamu dari berbagai risiko seperti pembatalan perjalanan, kehilangan bagasi, sakit, hingga risiko yang dapat diakibatkan oleh Covid-19.

“Zurich Travel Insurance merupakan produk asuransi perjalanan di Indonesia yang paling lengkap dengan berbagai jaminan yang diberikan, bahkan tersedia manfaat tambahan untuk aktivitas seperti olahraga dan petualangan. Produk ini juga memberikan harga premi terjangkau dan disesuaikan dengan kebutuhan Nasabah. Jadi, produk ini sangat value for money dibandingkan produk asuransi perjalanan lainnya,” tutur Rismauli.

Tidak hanya itu, Zurich Travel Insurance juga memberikan perlindungan sesuai dengan tipe perjalanan Anda. Untuk mereka yang memiliki hobi melakukan olahraga ekstrem, kami siap menyediakan asuransi untuk olahraga ekstrem seperti berselancar, menyelam, panjat tebing, maupun olahraga lain seperti golf, dan lain-lain.

Bagi mereka yang berpartisipasi dalam olahraga musim dingin di luar negeri, Zurich Travel Insurance mampu menjadi solusi perlindungan Anda.