Trik Cerdas Pilih Warna Rambut, Sesuaikan dengan Undertone Kulitmu

Senin, 3 Januari 2022 | 11:30:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Trik Cerdas Pilih Warna Rambut, Sesuaikan Dengan Undertone Kulitmu

Ilustrasi perempuan dengan rambut cokelat. (Special)

Ladiestory.id - Memasuki 2022 tak ada salahnya mengubah penampilan agar terlihat lebih menarik. Kamu bisa mengubah penampilanmu mulai dari style fashion, model rambut ataupun mengubah warna rambut.

Mewarnai rambut merupakan salah satu cara untuk membuat rambut terlihat lebih menarik. Pemilihan warna rambut yang tepat akan membuat penampilanmu lebih fresh. Maka dari itu, memilih warna rambut tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Salah satu cara untuk menentukan warna rambut yang tepat adalah menyesuaikan dengan undertone kulit. Mengapa harus menyesuaikan dengan undertone kulit? Karena setiap warna rambut akan terlihat berbeda di masing-masing orang bergantung dari undertone kulit mereka.

Nah, Ladies sebelum memilih warna rambut, Kamu perlu mengetahui terlebih dulu jenis undertone kulitmu. Undertone kulit dibagi menjadi tiga macam yaitu warm, cold dan netral. Ada beberapa cara untuk mengetahui undertone kulitmu.

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengecek urat nadi di pergelangan tanganmu. Pertama letakkan tanganmu dibawah cahaya alami, kemudian cek warna urat nadimu. Kalau urat nadimu berwarna dominan hijau berarti undertone kulitmu adalah warm. Kalau urat nadimu kebiruan maka undertone kulitmu cold dan kalau memiliki warna biru dan juga kehijauan maka undertone kulitmu adalah netral.

Warna Rambut Sesuai Undertone Kulit

Nah, setelah mengetahui undertone kulitmu, Kamu bisa tentukan warna rambut yang cocok untukmu. Ladiestory.id, merangkum warna rambut yang cocok untuk Kamu sesuai dengan undertone kulitmu.

1. Warm Undertone

Ilustrasi warna rambut cokelat. (Special)
Ilustrasi warna rambut cokelat. (Special)

Warna cokelat atau warna bernuansa kastanye cocok untuk Kamu gunakan kalau Kamu memiliki undertone warm pada kulit gelap. Pemilihan warna ini dengan tujuan untuk membantu menyeimbangkan warna kulit. Namun, berbeda lagi kalau Kamu memiliki undertone warm yang kemerahan maka Kamu bisa gunakan warna rambut seperti cokelat tua, hitam atau warna rambut gelap lainnya.

Warna rambut kastanye, cokelat gelap keemasan bahkan pirang akan sangat cocok Kamu gunakan kalau kamu memiliki kulit pucat ataupun medium dengan undertone kulit warm. Pemberian highlight pada rambut juga bisa Kamu lakukan. Pilihlah dengan warna dasar kemerahan, seperti cokelat muda atau tembaga.

Kalau Kamu berkulit langsat maka Kamu bisa memilih warna keemasan sebagai dasar. Misalnya pirang madu, pirang, atau moka.

2. Cold Undertone

Ilustrasi pemilihan warna rambut. (Special)
Ilustrasi pemilihan warna rambut. (Special)

Rambut berwarna cokelat atau hitam akan cocok digunakan buat Kamu yang memiliki kulit gelap dengan undertone cold. Pemilihan warna yang tepat akan membantu menyeimbangkan warna kulit dan juga akan memberikan kesan hangat pada kulitmu. Kalau Kamu ingin memberikan highlight pada rambutmu, pilihlah dengan warna kemerahan.

Berbeda lagi kalau Kamu berkulit pucat dan undertone kulitmu cold maka Kamu bisa memilih warna cokelat, merah atau pirang untuk warna rambutmu. Jika ingin menggunakan highlight, pilih yang bewarna honey-wheat atau keabuan. Pemilihan warna ini dengan tujuan untuk membantu mengontraskan undertone kulit yang Kamu miliki.

3. Netral Undertone

Ilustrasi pemilihan warna rambut. (Special)
Ilustrasi pemilihan warna rambut. (Special

Kamu termasuk orang yang beruntung kalau memiliki undertone kulit jenis netral ini. Karena hampir semua warna rambut cocok untukmu. Namun, Ladies perlu hindari warna yang terlalu warm atau golden ya, karena akan membuat wajahmu terlihat kusam. Pemilihan warna seperti honey, biscuit ataupun walnut akan sangat cocok untukmu.

Ladies, sudah tentukan warna rambut pilihanmu?