Ubah Gaya Hidupmu Jadi Lebih Baik untuk Hindari PCOS

Rabu, 19 Oktober 2022 | 19:36:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Ubah Gaya Hidupmu Jadi Lebih Baik Untuk Hindari Pcos

Ilustrasi saat sakit perut dan diare. ( Shutterstock )

Ladiestory.id - Polycystic Ovary Syndrome (PCOS), sebuah gangguan hormonal, menjadi masalah umum pada perempuan muda dengan perubahan gaya hidup dan  masalah stres bagi banyak orang.

Para ahli mengatakan kasus PCOS telah mencatat lonjakan tajam pada tahun-tahun pandemi mengingat tingkat stres pada perempuan yang turut meningkat. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan gaya hidupmu ketika kamu mengalami gejala PCOS.

“Saat ini, banyak perempuan yang terdeteksi dengan PCOS. Ini adalah masalah umum yang terlihat pada perempuan usia reproduksi. Oleh karena itu, sudah saatnya bagi perempuan dengan PCOS untuk menerapkan gaya hidup sehat dan tetap bugar. ," kata Dr. Preethika Shetty, Konsultan Obstetrician & Gynaecologist, Motherhood Hospitals, Kharadi, sebagaimana yang dilansir dari Hindustan Times Online.

Ada beberapa aturan sederhana yang dapat dengan mudah dimasukkan oleh perempuan dengan PCOS ke dalam rutinitas harian mereka. Dari memilih olahraga yang membuat seseorang tetap aktif serta bebas stres hingga makan makanan bergizi dan menghindari junk food.

Berikut adalah beberapa perubahan gaya hidup yang disarankan oleh Shetty yang harus diterapkan.

Lakukan Yoga atau Olahraga

Ilustrasi yoga. (Special)

 

Olahraga teratur dapat meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental seseorang. Selain kesehatan tulang, jantung, persendian dan otot, olahraga harian atau berlatih yoga dapat meredakan gejala PCOS seperti ketidakteraturan menstruasi, obesitas, hipertensi, dan intoleransi glukosa.

Yoga baik untuk pikiran dan tubuh seseorang. Yoga dan olahraga juga membantu pasien PCOS untuk melawan tonjolan dan mengurangi risiko masalah jantung.

Tidur Malam yang Nyenyak

Ilustrasi tidur yang nyenyak. (Special)

Jikakamu menderita PCOS dan suka tidur, maka itu bukan kombinasi yang baik. Ini adalah fakta yang diketahui bahwa masalah tidur dapat membuat PCOS lebih buruk. Tidur nyenyak di malam hari dapat membantumu mengelola PCOS.

Konsumsi Makanan Sehat

Ilustrasi Makanan Sehat (Pinterest.com)

Buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan lentil harus dimasukkan dalam makanan. Katakan tidak pada makanan cepat saji, berminyak, pedas, dan kalengan yang dapat membuat masalah di kemudian hari. Cobalah untuk tetap terhidrasi dengan minum cukup air dan menghindari soda, cola, dan permen.

Oleh karena itu, wanita yang didiagnosis dengan PCOS perlu merawat diri mereka sendiri dan mengikuti saran yang diberikan oleh dokter kandungan.

Manajemen Stres

Ilustrasi Stress. (health digest)

 

Tingkat stres atau kecemasan yang tinggi diketahui memperburuk sindrom PCOS. Oleh karena itu mengelola stres dari setiap bagian kehidupan sangat penting dari PCOS. Meditasi, memilah masalah, olahraga, komunikasi yang baik hingga lakukan terapi jika terjadi stres yang ekstrim.

Lakukan Hal yang Positif

Ilustrasi memasak makanan bersama sahabat. (Special)

Salah satu untuk menghilangkan stres dengan melakukan meditasi atau melakukan hobi dan hal positif lainnya. Jika kamu dapat melakukan hal-hal menyenangkan, maka stres dapat ditekankan dengan baik dan risiko PCOS menurun. Jadi, tetap tenang dan lakukan hal yang menyenangkan.