Untuk Si Sibuk yang Tak Punya Banyak Waktu, Ini 5 Tips Gaya Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan

Selasa, 24 Desember 2019 | 14:10:27

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

Untuk Si Sibuk Yang Tak Punya Banyak Waktu, Ini 5 Tips Gaya Hidup Sehat Yang Bisa Diterapkan

Kesibukan kerap menjadi alasan untuk tidak mempunyai banyak waktu melakukan aktivitas lainnya selain pekerjaan. Akan tetapi sebagai manusia yang berupaya untuk bisa terus bertahan hidup, bukan hanya dari rasa lapar, tetapi juga dari risiko terkena penyakit yang tidak pernah kita harapkan, tentunya kita juga harus menjaga kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat sejak dini, Ladies. Jika kamu mengonfirmasi bahwa kamu hanya punya waktu sedikit untuk turut bergaya hidup sehat, eits tenang saja, berikut ini ada 5 tips gaya hidup sehat yang bisa kamu terapkan di sela-sela waktu sibukmu. Simak, yuk!

1. Berolahraga kardio, minimal 20 menit setiap hari

Berolahraga kardio, minimal 20 menit setiap hari
sumber: freepik.com

Tak perlu olahraga yang terlalu berat, kamu hanya butuh melakukan olahraga kardio, seperti halnya berjalan dengan kecepatan rendah, berenang, berlari, atau bersepeda selama minimal 20 menit setiap harinya. Dengan kata lain, sebisa mungkin kamu menaikkan jumlah waktu berolahraga kardio secara perlahan, misalnya saja dengan menambah 5 menit di minggu berikutnya. Jika kamu sudah terbiasa melakukan olahraga kardio setiap hari, kamu tak akan merasa berat untuk melakukannya, Ladies. Tentu, meluangkan waktu 20 menit perhari bukanlah perkara sulit, bukan?

2. Perbanyak konsumsi buah, sayur, dan protein, serta air putih

Perbanyak konsumsi buah, sayur, dan protein, serta air putih
sumber: freepik.com

Jika kamu terbiasa mengonsumsi makanan instan yang terlalu banyak mengandung daging merah dan bumbu-bumbu penyedap, sudah saatnya kamu mulai beralih perlahan ke makanan sehat, Ladies. Apa saja sih, makanan sehat itu? Buah, sayur-sayuran, dan protein yang bisa kamu dapatkan dari ikan segar atau dada ayam. Kamu bisa mengolah sayur-sayuran dengan cara merebusnya atau saute dengan sedikit minyak. Jika kamu belum terbiasa dengan rasa plan, kamu bisa menambahkan sedikit garam dan lada hitam. Lalu, sempurnakan pola makan sehatmu dengan rutin minum air putih minimal 2 liter per hari. Mudah, kan?

3. Berjalan di alam bebas ketika berlibur, bisa naik gunung atau berwisata ke perbukitan

Berjalan di alam bebas ketika berlibur, bisa naik gunung atau berwisata ke perbukitan
sumber: freepik.com

Kamu tak mungkin kerja selama 30 hari penuh dalam satu bulan kan, Ladies? Maka, ambillah waktu untuk berlibur setidaknya 2 hari setiap bulannya untuk mengunjungi alam bebas dan ribuan pepohonan hijau. Kamu bisa mengajak kelompok pertemananmu untuk naik gunung yang tidak terlalu tinggi, atau bisa juga sekadar berwisata di perbukitan. Pastinya, carilah tempat berlibur yang masih asri dan terdapat banyak pepohonan hijau yang memberikan oksigen segar untuk kamu hirup! Sebab, para peneliti dari University of East Anglia menemukan, bahwa menghabiskan lebih banyak waktu di ruang hijau terkait dengan penurunan kadar hormon stres kortisol, menurunkan denyut jantung, mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan diabetes tipe II, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, serta mengurangi segala risiko yang menyebabkan kematian akibat penyakit jantung.

4. Habiskan waktu bersama orang terdekat

Habiskan waktu bersama orang terdekat
sumber: freepik.com

Ambil satu hari dari waktu sibukmu setiap bulannya, bahkan setiap minggu jika bisa, untuk menghabiskan waktu bersama orang terdekatmu, seperti keluarga, pasangan, sahabat, maupun dengan hewan peliharaanmu. Selain bisa meningkatkan hormon erdorfin atau hormon kebahagiaan ketika bersama orang-orang tersayang, kamu pun juga bisa mengistirahatkan pikiranmu dari segala hal tentang pekerjaan yang kerap membuatmu pusing. Jangan lupa untuk menanggalkan semua gawaimu agar tidak mengganggu kebersamaan kalian, ya!

5. Konsumsi konten dan informasi yang berkualitas

Konsumsi konten dan informasi yang berkualitas
sumber: freepik.com

Agar kehidupanmu seimbang dan wawasanmu juga update, kamu tetap harus mengonsumsi berbagai konten terkini dan informasi yang berkualitas ya, Ladies. Biasakanlah untuk mengikuti akun-akun berita dan artikel dari sumber yang terpercaya dan berkualitas baik. Selain itu, konsumsilah konten yang menghibur tetapi positif, sesuai dengan hobi dan keahlianmu, juga pastinya yang bermanfaat untuk pengembangan dirimu!

Ternyata, menjalani gaya hidup sehat itu tidak serumit yang kita bayangkan kan, Ladies! Jadi, sudah siap mengubah gaya hidupmu di tahun depan agar kehidupanmu menjadi lebih sehat?