Jangan Sampai Salah, Ini Urutan Eksfoliasi Wajah yang Benar!

Sabtu, 17 Februari 2024 | 00:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Jangan Sampai Salah, Ini Urutan Eksfoliasi Wajah Yang Benar!

Eksfoliasi Wajah. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Eksfoliasi merupakan proses pengangkatan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit wajah, hal ini bermanfaat untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit waja, mencegah munculnya garis halus, serta meningkatkan efektivitas penyerapan produk skin care lainnya.

Tak hanya itu, rutin melakukan eksfoliasi wajah juga dapat mencegah penyumbatan pori-pori oleh sel kulit mati, sehingga bisa mengurangi risiko jerawat dan komedo. Untuk itu, sangat perlu untuk melakukan eksfoliasi wajah yang tepat.

Sebelum melakukan eksfoliasi wajah, perlu diketahui terlebih dahulu tipe kulit wajah dan jenis produk. Seperti jenis kulit sensitif bisa menggunakan produk eksfoliasi yang mengandung BHA atau scrub wajah yang terbuat dari oatmeal dan yoghurt.

Untuk jenis kulit kering, seseorang bisa menggunakan produk eksfoliasi dengan kandungan AHA atau scrub wajah dari gula merah. Sementara untuk tipe kulit berminyak, biasanya cocok menggunakan scrub alami yang terbuat dari apel atau oatmeal yang dicampur madu.

Setelah mengetahui tipe jenis kulit, maka ketahuilah urutan eksfoliasi wajah yang benar.

Bersihkan Wajah

Ilustrasi Membersihkan Wajah. (Freepik.com)

 

Urutan yang pertama adalah dengan membersihkan sisa riasan atau kotoran pada permukaan kulit, hal ini bisa dilakukan dengan mencuci wajah menggunakan sabun cuci wajah.

Sebelum mencuci wajah, bisa juga untuk melakukan double cleansing dengan menggunakan makeup remover terlebih dahulu sebelum mencuci wajah agar kotoran dapat terangkat dengan maksimal.

Gunakan Eksfoliator

Ilustrasi Eksfoliasi Wajah. (Freepik.com)

 

Ada beberapa cara untuk melakukan eksfoliasi pada wajah. Berikut cara dan urutan eksfoliasi wajah sesuai jenis produk yang digunakan.

  • Eksfoliasi wajah dengan produk berbahan kimia, misalnya serum, dilakukan dengan cara mengoleskan beberapa tetes produk ke wajah dan ratakan ke seluruh wajah dengan gerakan melingkar. Beberapa produk eksfoliator memiliki saran penggunaan dengan dituangkan ke kapas, lalu diusapkan secara lembut ke kulit.
  • Eksfoliasi wajah dengan bahan alami dilakukan dengan cara mengoleskan scrub ke wajah sambil memijatnya dengan lembut. Lakukan pijatan lembut ini selama 30–60 detik.
  • Eksfoliasi wajah dengan toner dilakukan dengan cara menuangkan toner ke kapas, lalu usapkan secara lembut ke seluruh wajah. Atau bisa juga dengan menuangkan toner secukupnya ke telapak tangan, lalu baurkan cairan toner dan tepuk-tepuk secara perlahan pada permukaan wajah.

Bilas Wajah dengan Air

Ilustrasi Membilas Wajah. (Freepik.com)

 

Langkah ini dilakukan apabila menggunakan eksfoliasi wajah yang memiliki konsentrasi bahan aktif tinggi, maka wajah perlu untuk dibilas menggunakan air hangat kembali. Namun jika eksfoliasi wajah dilakukan dengan produk yang memiliki konsentrasi bahan aktif rendah, maka tak perlu untuk membilasnya lagi. Membilas wajah dengan air juga perlu dilakuakn jika menggunakan scrub dari bahan alami.

Gunakan Pelembap

Ilustrasi Menggunakan Pelembap. (Freepik.com)

 

Urutan eksfoliasi wajah yang berikutnya adalah dengan menggunakan pelembap, hal ini perlu untuk dilakukan untuk menghidrasi kulit wajah dan meminimalkan munculnya iritasi.