Usung Adat Batak, Ketahui Rangkaian Pernikahan Jessica Mila dan Yakup Hasibuan

Senin, 8 Mei 2023 | 18:45:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Usung Adat Batak, Ketahui Rangkaian Pernikahan Jessica Mila Dan Yakup Hasibuan

Prosesi pemberian marga Jessica Milla. (Instagram/jscmila)

Ladiestory.id - Jessica Mila telah resmi dipersunting oleh sang kekasih, Yakup Hasibuan pada Jumat (5/5/2023). Keduanya menggelar prosesi pemberkatan pernikahan di Gereja HKBP Rawamangun, Jakarta Timur.

Sebelum benar-benar resmi menikah, Jessica Mila dan Yakup Hasibuan telah melewati serangkaian prosesi adat Batak menuju pernikahan keduanya. Mengusung adat Batak yang kental, berikut rangkaian pernikahan Jessica Mila dan Yakup Hasibuan.

Mangain

Rangkaian Adat Jessica Mila dan Yakup Hasibuan. (Instagram/jscmila)

 

Seminggu menjelang hari bahagianya, Jessica Mila dan Yakup Hasibuan menggelar acara adat Batak 3M, yaitu Mangain, Marhusip dan Martupol.

Mangain merupakan acara adat untuk memberikan marga kepada Jessica Mila yang bukan berasal dari batak. Untuk sah menjadi orang Batak, Jessica Mila harus melewati serangkaian prosesi hingga resmi ditabalkan menjadi Boru Damanik.

Marhusip

Rangkaian Adat Jessica Mila dan Yakup Hasibuan. (Instagram/jscmila)

 

Prosesi adat Batak berikutnya adalah marhusip. Prosesi ini bisa diartikan sebagai membicarakan prosedur yang harus dilaksanakan oleh pihak paranak sesuai dengan ketentuan adat setempat dan sesuai dengan keinginan parboru. Prosesi ini digelar secara tertutup dan rahasia yang diadakan di antara kedua belah pihak keluarga.

Martumpol

Rangkaian Adat Jessica Mila dan Yakup Hasibuan. (YouTube/Jessica Mila)

 

Martumpol bisa disebut juga sebagai acara pertunangan atau ikat janji pernikahan. Pada prosesi ini, baik Jessica Mila mau pun Yakup Hasibuan, keduanya mengucapkan janji pernikahan mereka. Tak hanya itu, kedua mempelai serta pihak keluarga yang mendampingi juga akan melakukan penandatanganan pada sebuah surat yang nantinya akan digunakan pada proses pemberkatan pernikahan.

Marsipanganon 

Prosesi adat Batak berikutnya yang juga telah dilewati oleh Jessica Mila dan Yakup Hasibuan adalah marsipanganon. Prosesi ini merupakan acara makan bersama dalam tradisi pernikahan adat Batak. Prosesi marsipanganon dianggap sebagai sebuah momen yang penting untuk mempererat hubungan keluarga dan mempererat ikatan kedua keluarga pasangan.

Martongo Raja

Jessica Mila dan Yakup Hasibuan juga telah menggelar prosesi martongo raja. Acara ini merupakan acara di mana keluarga dari dua belah pihak berkumpul. Hal itu dilakukan karena di dalam adat Batak, acara pernikahan adalah urusan semua anggota keluarga. Maka dari itu, semua keluarga harus dikumpulkan.

Pemberkatan Pernikahan

Pemberkatan Pernikahan Jessica Mila dan Yakup Hasibuan. (YouTube/Jessica Mila)

 

Setelah melewati beberapa tahap, Jessica Mila dan Yakup Hasibuan pun menjalankan prosesi pemberkatan pernikahan. Keduanya menggelar prosesi tersebut di Gereja HKBP Rawamangun, Jakarta Timur pada Jumat (5/5/2023).

Ulaon Unjuk

Pernikahan Jessica Mila dan Yakup Hasibuan. (Special)

 

Sehari setelah melangsungkan prosesi pemberkatan pernikahan, Jessica Mila dan Yakup Hasibuan melanjutkan rangkaian pernikahan mereka dengan ulaon unjuk yang digelar pada Sabtu (6/5/2023). Ulaon unjuk dapat disebut juga sebagai pesta adat yang juga memiliki rangkaian prosesi yang terbilang cukup panjang.

Resepsi Pernikahan

Seperti acara pernikahan pada umumnya, Jessica Mila dan Yakup Hasibuan juga akan menggelar rangkaian resepsi pernikahan mereka. Melansir berbagai sumber, resepsi pernikahan Jessica Mila dan Yakup Hasibuan direncanakan akan digelar pada Sabtu (13/5/2023) mendatang.