Wajib Konsumi Makanan Yang Mengandung Kolagen Untuk Kecantikan

Tuesday, 13 Jul | 15:18:09

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

Wajib Konsumi Makanan Yang Mengandung Kolagen Untuk Kecantikan

Foto: Ladiestory.id

Setiap wanita pasti menginginkan kulit wajah yang glowing dan cerah. Oleh sebab itu, kerap kali merepa mengupayakan berbagai cara untuk mendapatkan kulit wajah seperti yang diidamkan.

Mulai dari menggunakan skincare, menggunakan bahan-bahan alami, perawatan ke dokter kulit, hingga mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen.

Sebenarnya, kolagen tidak ada terdapat di makanan. Namun kolagen juga kerap kali dijumpai dalam kandungan produk skincare, masker, pelembab, sampoo, kondisioner. Bahkan ada produk-produk khusus yang menjual suplemen kolagen.

Kolagen (collagen) adalah jenis protein berserat dan tak larut yang jumlahnya paling berlimpah dalam tubuh manusia. Protein ini merupakan fondasi utama dari tulang, kulit, urat, dan jaringan ikat yang memberikannya struktur dan kekuatan.

Kolagen juga ditemukan pada bagian tubuh lainnya, seperti pembuluh darah, kornea mata, dan gigi.Jika diibaratkan, kolagen merupakan lem yang merekatkan keseluruhan tubuh menjadi satu kesatuan.

Selain itu, kolagen juga memiliki manfaat dalam memulihkan jaringan tubuh yang terluka, memperkuat tulang, serta melenturkan jaringan tendon dan kulit. Jadi, kulit yang lentur dan kencang adalah kulit yang memiliki cukup kolagen.

Sebab jika kadar kolager kurang dari tubuh, maka beberapa masalah akan timbul seperti kulit keriput, nyeri sendi, gangguan percernaan, hingga membuat otot lebih kaku dan lemah.

Makanan yang Mengandung Kolagen Buat Kecantikan

Selain menggunakan perawatan kulit yang mengandung kolagen, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen buat kecantikan.

  1. Kaldu Tulang

Foto: Ladiestory.id

Kaldu tulang ini dapat berasal dari hewan seperti sapi, ayam atau ikan. Kaldu dibuat dengan mendidihkan tulang dari hewan yang dipilih dan proses ini diyakini dapat mengekstraksi kolagen. Kaldu tulang terbuat dari tulang dan jaringan ikat sehingga makanan akan engandung kalsium, fosfor, kondroitin, asam amino, kolagen, glukosamin, dan beberapa nutrisi lainnya.

  1. Sayuran Hijau

Foto: Ladiestory.id

Anda dapat mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam kale, brokoli, kangkung sawi, dan yang lainnya. Sebab sayuran hijau diyakini dapat meningkatkan produksi bahan baku kolagen pada jaringan kulit sebab diperkaya akan klotofil tinggi. Selain itu, sayuran hijau juga diperkaya akan nutrisi seperti vitamin C dan zat besi.

  1. Ayam

Foto: Ladiestory.id

Ayam merupakan makanan yang mengandung kolagen tinggi dan merupakan sumber protein bagi tubu. Selain itu, ayam memiliki peran untuk menghasilkan kolagen bagi tuhu karna terkandung asam amino.

Namun sayangnya tidak semua bagian dari ayam mengandung banyak kolagen. Anda mengambil bagian leher dan tulang muda pada ayam untuk mendapatkan kolagen yang tinggi.

  1. Ikan

Foto: Ladiestory.id

Ikan memiliki tulang dan ligament yang terbuat dari kolagen. Bahkan beberapa ahli mengatakan bahwa kolagen laut merupakan salah satu yang paling mudah diserap. Memang daging dan kulit ayam juga dibutuhkan tubuh untuk membuat kolagen. Namun bagian daging ikan memiliki lebih sedikit kolagen dibanding yang lainnya.  

  1. Bawang Putih

Foto: Ladiestory.id

Hampir semua orang menggunakan bawang putih ketika memasak, sebab bawang putih dapat menambah rasa dalam suatu hidangan. Namun ternyata, bawang putih dipercaya dapat memproduksi kolagen dalam tubuh. Sebab bawang putih kaya akan sulfur yang merupakan trace mineral yang membantu mensintesis dan mencegah kerusakan kolagen.

Untuk memperoleh manfaat ini, bawang putih bisa dikonsumsi secara rutin saja, tidak perlu dimakan terlalu banyak. Konsumsi bawang putih terlalu banyak, apalagi dalam kondisi mentah dapat menyebabkan mulas, sakit perut, atau meningkatkan risiko pendarahan jika seseorang menggunakan obat pengencer darah.

  1. Putih Telur

Foto: Ladiestory.id

Putih telur memang tidak mengandung jaringan ikat seperti sumber kolagen lainnya. Namun, putih telur sangat tinggi akan proline, yaitu asam amino yang menjadi bahan utama pembentuk kolagen.

  1. Kacang-kacangan

Foto: Ladiestory.id

Kacang menjadi makanan protein tinggi yang sering mengandung asam amino yang diperlukan untuk sintesis kolagen. Selain itu, kacang juga mengandung banyak tembaga sebagai nutrisi yang diperlukan untuk produksi kolagen.Untuk Anda seorang vegetarian, kacang dapat menggantikan daging sebagai sumber protein yang baik untuk tubuh.

  1. Buah-buahan Tropis

Foto: Ladiestory.id

Jeruk, manga, nanas, kiwi, jambu biji merupak beberapa buah yang tergolong buah-buahan tropis yang mengandung vitamin C tinggi. Perlu diketahui bahwa vitamin C dibutuhkan untuk membuat pro kolagen.

Demkian juga buah tomat yang mengandung antioksidan likopen, yang mampu melindungi kerusakan kulit akibat sinar matahari. Atau bahkan jambu biji bahkan memiliki sejumlah kecil seng, faktor pendamping lain untuk produksi kolagen.

Inilah jenis makanan yang mengandung kolagen buat kecantikan. Semoga bermanfaat!

Berita Terkait