Waspada! Hal Ini Bisa Sebabkan Flek Hitam Pada Bibir

Jumat, 16 Februari 2024 | 00:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Waspada! Hal Ini Bisa Sebabkan Flek Hitam Pada Bibir

Ilustrasi Bibir Perempuan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Sama seperti rambut, bibir tentunya juga memiliki perawatan khusus. Kulit bibir termasuk jenis kulit yang lebih tipis jika dibandingkan dengan kulit tubuh lainnya, bahkan kulit tidak memiliki kelenjar keringat. Karena itu, bibir sangatlah rentan mengalami kering dan pecah-pecah. 

Flek hitam pada bibir bisa disebabkan oleh pigmentasi, namun ada sebab lain yang menimbulkan flek hitam pada bibir. Melansir Health Shots, berikut penyebab timbulnya flek hitam pada bibir.

Hiperpigmentasi

Ilustrasi Bibir Perempuan. (Freepik.com)

 

Hiperpigmentasi kulit bisa terjadi di bagian mana saja, termasuk bibir. Ada beberapa penyebab dari hiperpigmentasi, di antaranya adalah perubahan hormonal dalam tubuh karena kehamilan, luka, gigitan serangga, jerawt, dan produk perawatan kulit yang keras.

Untuk mengurangi risiko tersebut, gunakanlah lip balm untuk melindungi kulit bibir dari sinar matahari. Selain itu, bisa juga gunakan asam azelaic, tretinoin, asam kojat, dan hidrokuinon untuk membantu mencerahkan flek hitam pada bibir.

Alergi Terhadap Produk

Ilustrasi Bibir Perempuan. (Freepik.com)

 

Flek hitam di bibir juga bisa muncul karena reaksi alergi terhadap produk baru yang digunakan. Kondisi ini disebut juga dengan cheilitis kontak alergi atau cheilitis kontak berpigmen. 

Hal tersebut bisa disebabkan karena pasta gigi, obat kumur, pewarna rambut, pewangi, lipstik, lip balm, perasa, bahkan nikel dalam teh hijau.

Kelebihan Zat Besi 

Ilustrasi Bibir Perempuan. (Freepik.com)

 

Segala yang berlebihan bagi tubuh tentunya akan berdampak tidak baik bagi tubuh, seperti halnya ketika tubuh menyimpan dan menyerap terlalu banyak zat besi, akan menyebabkan masalah seperti bintik hitam pada kulit, kelelahan, masalah hati, dan nyeri.

Dehidrasi

Ilustrasi Bibir Perempuan. (Freepik.com)

 

Saat mengalami dehidrasi, tanda pertama yang bisa dilihat adalah melalui kulit dan bibir. Bibir kering dan pecah-pecah menyebabkan adanya dorongan untuk menjilat, mencungkil, atau menggigitnya. Kebiasaan tersebut tentunya bisa menyebabkan hiperpigmentasi pasca inflamasi serta bintik hitam dan gelap pada bibir.

Melanoma Mulut

Ilustrasi Bibir Perempuan. (Freepik.com)

 

Melanoma mulut atau kanker kulit adalah bentuk kanker berbahaya dan biasanya muncul sebagai bintik kecil berwarna hitam atau coklat yang dapat berubah warna, bentuk, atau ukuran.