Wisata Baru! Lembah Indah Malang: Harga, Lokasi, Jam Buka

Rabu, 23 Juni 2021 | 17:47:01

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Wisata Baru! Lembah Indah Malang: Harga, Lokasi, Jam Buka

Foto: Instagram/lembahindah

Jumlah destinasi wisata di Jawa Timur kian hari semakin bervariasi. Apalagi wisata alamnya, keindahannya gak perlu dipertanyakan lagi. Salah satu yang terbaru adalah Lembah Indah Malang yang berada di kaki Gunung Kawi.

Lembah Indah Malang adalah obyek wisata baru yang sedang hits di kalangan wisatawan. Berlokasi di kawasan lereng gunung Kawi, sehingga banyak yang menyebutnya dengan Lembah Gunung Kawi. 

Meski ada banyak tempat wisata di Malang yang selalu didatangi wisatawan, hadirnya wisata baru ini juga menjadikan wisatawan dari berbagai daerah merasa penasaran dan tertarik dengan berbagai keunggulan yang ada. 

Mengenal Lebih Dalam Lembah Indah Malang 

Lembah Indah ini menawarkan keindahan lanskap pepohonan yang asri dan rimbun. 

Selain itu tempat wisata yang mengusung tema resor edu ini dibangun dengan konsen terhadap pengembangan infrastruktur dan perlindungan alam. Dengan mengusung tema resor edu, Lembah Indah Malang menawarkan wisata edukasi perkebunan dengan suasana lembah pegunungan.

Lokasi, Jam Operasional serta Harga Tiket

Lebih tepatnya Lembah Indah Malang berlokasi di Desa Balesari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Anda bisa mulai mengunjungi dari pukul 07.00-17.00 WIB dengan mempersiangkap uang Rp 15.000 untuk tiket masuk.

Sebelum masuk kawasan ini, akan disambut dengan gapura selamat datang denngan bangunan mirip gerbang kuil Tori di Jepang yang berwarna merah. Setelah memasuki area wisata terlihat hamparan rumput hijau, perkebunan, dan perbukitan hutan pinus yang sesekali berselimut kabut.

Apa cuma itu saja daya tarik Lembah Indah Malang ini? Tentu saja tidak. Ada beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga.

1. 360 Farm Store

Foto: Instagram/lembahindah

Di Lembah Indah Malang ini terdapat sebuah perkebunan dengan berbagai jenis bibit tanaman yang bisa dibeli. Bagi kalian pecinta tanaman, pastikan untuk membeli bibit tanaman bermutu di 360 Farm Store ini.

2. Playground

Persis di sebelah 360 Farm Store terdapat sebuah mini playground untuk anak-anak. Ada beberapa permainan seperti trampolin, ayunan, rumah indian, dan spot foto berbentuk love. Untuk masuk ke area playground ini, pengunjung tidak dikenakan tiket lagi alias gratis.

3. Peternakan Sapi

Foto: Instagram/lembahindah

Di Lembah Indah Malang ini juga terdapat sebuah peternakan sapi sebagai tempat wisata edukasi bagi pengunjung khususnya anak-anak. Siapkan masker bila ingin mendekati kandang sapi ini karena bau kotorannya cukup menyengat.

Selain semua hal yang ada di atas, rencananya di Lembah Indah Malang ini akan dibangun sebuah area outbond untuk pengunjung.

Ada banyak lagi hal yang menarik di tempat yang satu ini. Lembah Indah Malang ini terdapat tempat menginap dengan nuansa alam bersama keluarga maupun pasangan.

Penginapan yang memiliki konsep yang unik dengan memanfaatkan keindahan alam berupa lembah dan perbukitan yang dilengkapi dengan penginapan mini berupa Glamping (Glamour Camping). 

Penginapan di Lembah Indah Malang

1. Glamping Dawala

Foto: Instagram/lembahindah

Glamour camping di Lembah Indah Malang ini menawarkan sensasi menginap di dalam tenda dengan desain yang unik. Meskipun di dalam tenda, namun fasilitas di dalam glamping ini cukup lengkap.

Harga yang dipatok untuk jenis penginapan ini sebesar Rp 600.000 untuk weekday dan Rp 750.000 untuk weekend dengan fasilitas sebagai berikut :

  • Maksimal 2 tamu
  • Double bed
  • Kamar mandi dalam
  • Free Breakfast
  • Mini Garden
  • TV, AC, Wifi

2. Glamping Carani

Penginapan jenis ini berada di bagian bawah Lembah Indah Malang bersama dengan tenda-tenda dome di area camping ground.

Bentuknya mirip dengan Glamping Dawala dengan fasilitas yang lebih minimalis seperti kamar mandi luar dan kipas angin sebagai penyejuk udaranya.

Harga Glamping Carani ini dibanderol sebesar Rp 500.000 untuk weekday dan Rp 650.000 untuk weekend, dengan fasilitas sebagai berikut :

  • Maksimal 6 tamu
  • Single bed
  • Kamar mandi luar
  • Wifi

Glamping Carani ini sangat cocok untuk liburan rame-rame bersama keluarga. Di depan tenda terdapat taman rumput yang bisa digunakan untuk tempat nongkrong.

3. Fun Camp

Di Lembah Indah Malang ini juga menyediakan camping ground lengkap dengan tenda cantik dan peralatan berkemah di dalamnya. Harga yang ditawarkan untuk Fun Camp ini mulai Rp 250.000 per malam dengan fasilitas sebagai berikut :

  • Maksimal 3 tamu
  • Sleeping bag
  • Matras
  • Kamar mandi luar

4. Villa Dipayana

Foto: Instagram/lembahindah

Dengan konsep rumah panggung tradisional khas Manado, villa Dipayana di Lembah Indah Malang menawarkan pengalaman menginap yang berbeda. Bangunannya yang serba kayu akan membuat pengalaman menginap di tengah alam pegunungan menjadi lebih berkesan.

Villa ini dibanderol sebesar Rp 1.500.000 untuk weekday dan Rp 1.750.000 untuk weekend. Berikut fasiltasnya :

  • Kapasitas maksimal 6 orang
  • Tersedia 3 kamar tidur
  • Dapur
  • 2 kamar mandi
  • Free breakfast
  • Garden
  • TV, AC, Wifi

Kuliner di Lembah Indah Malang

Bagi kalian yang tidak menginap di Lembah Indah Malang ini, kalian masih bisa menikmati pemandangan alamnya dari resto dan cafe yang ada. Ada beberapa resto di area wisata Lembah Indah Malang ini dengan harga makanan yang bisa dibilang masih wajar.

1. Resto Bambu

Resto ini berada sekitar 100 meter setelah gapura pintu masuk. Desainnya yang unik membuat Resto Bambu ini sangat eye catching. Disediakan area berupa lesehan dan gazebo yang terbuat dari bambu untuk tempat makannya. Menyantap hidangan sambil menikmati pemandangan alam Lembah Indah Malang ini merupakan pengalaman yang sangat berkesan.

2. Cafe Oval 

Di Lembah Indah Malang ini juga terdapat sebuah cafe bernama Cafe Oval berwarna putih yang letaknya persis di samping Glamping Dawala. Cafe ini menyediakan makanan dan minuman ringan seperti kopi, pop mie, nasi goreng, dan menu-menu merakyat lainnya. Di atas Cafe Oval ini terdapat sebuah rooftop yang biasa digunakan oleh pengunjung untuk berfoto-foto.

3. Jadid Coffe

Tak jauh dari Cafe Oval dan Glampingg Dawala terdapat sebuah tempat ngopi bagi Anda yang hobi minuman pahit ini yaitu Jadid Coffee. 

4. Resto Carini 

Sesuai dengan namanya, resto ini berada persis di sebelah Glamping Carani. Resto Carani ini berbentuk seperti rumah tradisional. Menu makanan yang ditawarkan mulai dari makanan ringan seperti pop mie dan bakso sampai makanan berat seperti soto, rawon, dan lain-lain.

Lembah Indah Malang ini lebih rekomendasikan sebagai wisata keluarga dengan menginap di glamping atau camping groundnya. Meskipun begitu, bagi Anda yang tidak berencana untuk menginap, tidak ada salahnya berkunjung ke tempat wisata baru ini.