7 Wisata Candi di Yogyakarta yang Tak Kalah Indah dengan Borobudur

Selasa, 7 Juni 2022 | 00:01:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

7 Wisata Candi Di Yogyakarta Yang Tak Kalah Indah Dengan Borobudur

Candi Prambanan. (Special)

Ladiestory.id - Kabar kenaikan harga tiket naik Candi Borobudur menghebohkan publik. Hal itu terjadi akibat pembatasan pengunjung yang diputuskan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Tak perlu khawatir, 7 wisata candi di Daerah Istimewa Yogyakarta di bawah ini bisa menjadi alternatif destinasi pilihan.

Candi Prambanan

Candi Prambanan (Special)

Candi Prambanan termasuk dalam salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Candi Hindu terbesar di Indonesia ini juga menjadi salah satu candi yang menjadi destinasi incaran oleh wisatawan.

Biaya masuknya hanya sebesar Rp40 Ribu untuk orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak hanya dikenakan Rp20 Ribu. Fasilitas yang ditawarkan juga tak kalah menarik, seperti taman bermain hingga kereta kelinci.

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko (Special)

Lokasi Candi Ratu Boko tidak jauh dari Candi Prambanan. Maka dari itu, tersedia juga tiket terusan untuk mengunjungi Candi Prambanan dan sekaligus Candi Ratu Boko. 

Candi Ratu Boko menawarkan pemandangan eksotis yang indah apalagi saat matahari tenggelam. Harga tiket masuknyanya juga tidak berbeda dengan Candi Prambanan, yaitu Rp40 Ribu per orang.

Candi Ijo

Candi Ijo (Spesial)

Sesuai dengan namanya, Candi Ijo menyuguhkan pemandangan hijau karena lokasinya yang terletak di bukit yang hijau. Karena itu, Candi Ijo menjadi candi yang tertinggi di Yogyakarta. 

Candi ini berupa teras-teras berundak yang mengikuti kontur bukit. Dengan pemandangan yang asri tersebut, harga tiket masuknya hanya sebesar Rp5 Ribu.

Candi Plaosan

Candi Plaosan (Spesial)

Candi Plaosan biasa juga disebut Candi Kembar karena terbagi menjadi Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul yang sekilas nampak serupa. Candi utamanya dikelilingi oleh 116 stupa perwara dan 50 candi perwara.

Setiap tahunnya terdapat pertunjukan berbagai macam tarian seluruh Nusantara. Tarif masuk Candi Plaosan adalah sebesar Rp10 Ribu per orang.

Candi Kalasan

Candi Kalasan (Special)

Candi Kalasan merupakan candi Buddha yang berlokasi di Desa Kalibening, Tirtamani, Kabupaten Sleman. Lapisan penutup candi ini disebut Bajralepa, semacam plesteran pada ukiran batu halus. Bajralepa menjadi ciri khas Candi Kalasan.

Untuk tarif masuk ke Candi Kalasan adalah Rp5 Ribu per orang.

Candi Sari

Candi Sari (Special)

Candi Sari dulunya adalah sebuah Vihara Buddha untuk tempat belajar dan berguru para biksu. Nama lain candi ini adalah Candi Bendan, yang diambil dari nama daerah lokasi candi ini, yaitu Bendan, Kelurahan Tirtamartani, Kecamatan Kalasan.

Untuk menikmati penampakan candi yang berbentuk persegi panjang ini, Kamu harus membayar tiket sebesar Rp5 Ribu per orang.

Candi Sambisari

Candi Sambisari

Candi Sambisari merupakan candi Hindu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini terdiri dari satu candi utama dengan tiga candi perwara. Biaya masuknya hanya Rp5 Ribu per orang.

s