Wisata Kuliner Jogja, Murah Dan Melegenda!

Thursday, 17 Jun | 18:45:08

LS Travel

Penulis : LS Travel

Wisata Kuliner Jogja, Murah Dan Melegenda!

Foto: Ladiestory.id

Apa yang terlintas dipikiran ketika mendengar kata Jogja? 

Jogja adalah salah satu kota di Indonesia yang menjadi tujuan wisata budaya yang paling populer. Masyarakat kota Jogja yang terkenal ramah dan membumi membuat wisatawan merasa nyaman berada disini, ditambah reputasi kota Jogja yang terkenal dengan wisata yang ramah di kantong. 

Jogja yang terkenal membumi dan akrab di hati selalu mengundang pelancong dari penjuru Nusantara untuk selalu kembali. Apalagi ditambah reputasi Kota Jogja yang kaya jajanan jalanan yang ringan di kantong, acara jalan-jalan makin asyik tentunya.

Tempat wisata kuliner Jogja sangatlah bervariasi. Ditetapkannya Jogja sebagai kota pelajar, menjadikan banyaknya pendatang yang tinggal di kota ini. Secara otomatis, variasi kuliner yang ada di Jogja juga terus berkembang setiap saat.

Jika berjalan-jalan ke Jogja jangan lewatkan untuk mencoba beberapa wisata kuliner Jogja yang murah dan melegenda. 

Wisata Kuliner Jogja, Murah, Legendaris

1. Saoto Bathok Mbah Katro

Foto: Instagram/jogjabuy

Bukan salah baca, saoto memang kuliner Solo yang mengandalkan harmoni kuah bening dan kenyal daging sapi. Disajikan dalam bathok (tempurung kelapa) dengan pelengkap berupa tempe goreng, sate usus atau sate telur puyuh sambil makan lesehan dalam saung, wisata kuliner dan budaya lengkap jadi satu di sini.

Murahnya wisata kuliner ini, karena hanya dibandrol Rp5.000 per porsi. Tempat ini terletak di Jalan Candi Sambisari Nomor 6, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogja. Anda bisa berkunjung mulai pukul 06.00-16.00 WIB.

2. Es Buah PK

Foto: Instagram/hungryfever

Siapa sih yang nggak doyan es buah? Apalagi di tengah cuaca panas dan terik. Warung es buah yang menempati tenda kaki lima ini termasuk legendaris karena sudah ada sejak 44 tahun lalu. Es buah yang bikin orang rela antre ini terdiri dari isian nangka, cingcau hitam, sawo, kelapa muda, alpukat, susu coklat dan parutan es.

Tenggorokan terasa segar hanya dengan Rp8.000 saja. Anda bisa datang ke Jalan Pakuningratan Nomor 76 A, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Gudeg Pawon

Foto: Instagram/gudegpawonjogja

Gudeg yang satu ini cukup unik, karena sesuai namanya Anda harus berdesak-desakan di antara pengunjung lain di dapur (pawon) untuk menikmati gudegnya yang lezat. Keunikan lain dari gudeg yang ada sejak tahun 1958 ini adalah bukanya hanya malam hari dan hanya 3 jam saja!

bervariasi harganya, mulai dari Rp11.000 – Rp24.000 per porsi. Bisa langsung mengunjungi Jalan Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buka mulai pukul 22.00 – 01.00 WIB.

4. Mangut Lele Mbah Marto

Foto: Ladiestory.id

Mencari lokasi ini memang bukan perkara mudah, karena Anda harus blusukan ke dalam kampung. Namun setibanya di sana, keramahan Mbah Marto yang telah berjualan sejak tahun 1960an langsung membuat hati adem. Mangut lele sendiri merupakan sajian berupa lele asap dengan kuah santan pedas yang disajikan langsung dari dapur!

Harga terjangkau dengan Rp25.000 per porsi. Terletak di Jalan Parangtritis KM 6.5, Dusun Sewon, Panggungharjo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda bisa berkunjung mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

5. Angkringan Kopi Jos Lek Man 

Foto: Ladiestory.id

Terkenal sebagai pionir angkringan Jogja, Lik Man sudah terlebih dulu punya nama dibandingkan lokasi streetfood lainnya. Abadikan momen bersejarah sambil berlesehan di tikar dan menyeruput kopi jos (kopi yang dicelup arang panas) ditemani sego kucing yang tersohor, aneka sate, gorengan sambil diiringi musisi jalanan.

Dengan merogoh kantong Rp1.000 sudah dapat menikmati wisata kuliner Jogja. Bisa langsung berkunjung ke alamat Jalan Wongsodirjan, Gedong Tengen, Sosromenduran, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Masih banyak kuliner enak, murah, melegenda di Jogja. Namun kelima tempat wisata kuliner Jogja ini wajib Anda kunjungi!

Berita Terkait