Yuk, Kenali 5 Jenis Investasi Properti yang Cocok Untuk Pemula

Minggu, 19 Februari 2023 | 18:20:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Yuk, Kenali 5 Jenis Investasi Properti Yang Cocok Untuk Pemula

Ilustrasi Investasi Properti. (Special)

Ladiestory.id - Investasi properti menjadi salah satu pilihan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Melihat dari harga properti yang cenderung naik serta adanya permintaan pasar yang luas menjadikan investasi properti terlihat menjanjikan.

Namun, bagi pemula tentunya sebelum melakukan investasi perlu mendalami terlebih dahulu jenis-jenisnya. Jangan sampai, hanya karena tergiur keuntungan justru memilih investasi yang ternyata bodong.

Sejauh ini, beberapa jenis investasi yang banyak diminati seperti tanah, rumah hingga apartemen. Nah, untuk lebih lengkapnya kamu dapat membaca ulasan mengenai 5 jenis investasi properti yang cocok untuk pemula berikut ini.

Tanah

Ilustrasi investasi tanah. (Special)

 

Jenis investasi properti yang pertama yaitu tanah. Sejak dahulu, investasi satu ini banyak diminati oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Sebab, harga tanah akan terus mengalami kenaikan yang signifikan jauh dari inflasi. Terutama, harga tanah di kota-kota besar. Nah, bagi kamu yang memiliki dana lebih dan ingin memulai investasi properti.

Kamu dapat menjadikan tanah sebagai pilihan yang tepat. Caranya dengan mencari lokasi strategis dan berpotensi adanya pengembangan lingkungan di daerah tersebut. Kamu dapat menyewakan tanah tersebut sebagai lahan untuk pembukaan usaha.

Ruko

Ilustrasi investasi ruko. (Special)

 

Meski sempat mengalami penurunan tren karena adanya COVID-19. Nyatanya, Ruko masih menjadi pilihan tepat untuk memulai investasi properti. Sebab, ruko memiliki kecenderungan mengalami kenaikan harga setiap tahunnya dan dapat disewakan dengan mudah sebagai tempat usaha.

Nah, bagi ruko yang memiliki lebih dari satu lantai. Kamu dapat memanfaatkannya dengan menyewakan setiap lantainya untuk usaha berbeda atau keseluruhan gedung. Sehingga investasi properti berbentuk ruko akan terus berjalan lancar. Patikan ketika hendak membeli ruko untuk disewakan, kamu perlu mengecek lokasi tersebut strategis atau tidak. Selain itu, fasilitas penunjang seperti area parkir dan kebutuhan air bersih serta listrik tersalur dengan baik atau tidak.

Rumah Kontrakan

Ilustrasi rumah kontrakan. (Special)

 

Jenis investasi properti lain yang menjanjikan yaitu rumah kontrakan. Kamu dapat menyewakan rumah milikmu yang tidak dihuni atau rumah baru yang dibeli khusus untuk disewakan. Kini, tren rumah kontrakan sebagai hunian keluarga khususnya generasi milenial cukup banyak diminati. Tak hanya di kota besar saja, bagi kamu yang memiliki hunian rumah di area pegunungan atau wisata. Kamu dapat melakukan investasi properti dengan menyewakannya sebagai penginapan atau villa. Namun, jangan lupa untuk selalu merawat kondisi rumah kontrakan supaya senantiasa nyaman digunakan oleh penyewa saat menempatinya. Prinsip investasi properti rumah kontrakan juga hampir sama dengan emas yang cenderung memiliki kenaikan harga setiap waktunya. 

Rumah Kos-Kosan

Bagi kamu yang tinggal di lingkungan pendidikan seperti perkuliahan atau perkantoran. Jenis investasi properti berupa rumah kos-kosan sangat cocok bagi pemula. Tingginya kebutuhan tempat tinggal yang dekat dengan lokasi aktivitas menjadi salah satu penyebab rumah kos-kosan banyak diminati.

Terutama, ketika ruma kos-kosan dirawat dengan baik dan memiliki berbagai fasilitas mumpuni. Kamu dapat memberikan harga terbaik dan sebanding dengan kelebihan yang ditawarkan rumah kos-kosan. Investasi properti satu ini juga dapat menjadi passive income yang menjanjikan di masa tua. Namun, dengan catatan kamu selalu melakukan perawatan dan pemeliharaan area rumah kos-kosan dengan baik. Sehingga, selalu menarik minat penyewa untuk tinggal.

Apartemen

Melihat meningkatnya tren tinggal di apartemen beserta naiknya harga lahan serta bangunan rumah khususnya di kota besar. Menjadikan apartemen sebagai pilihan yang tepat dan nyaman sebagai hunian. Tak ayal, properti ini juga dapat kamu manfaatkan sebagai salah satu jenis investasi.

Banyak generasi milenial atau keluarga muda memilih menjadikan apartemen sebagai hunian. Selain murah, fasilitas yang ditawarkan apartemen juga terbilang lengkap. Kamu dapat menjadikan apartemen sebagai salah satu jenis investasi properti yang cocok bagi pemula. Pastikan, apartemen yang kamu sewakan memiliki lokasi strategis serta dikelola oleh pengembang terpercaya ya.