Ziarah ke Makam Eril, Nabila Ishma Curhat Soal Perubahan Baru Dirinya

Selasa, 20 Desember 2022 | 17:00:00

Nindi Amara putri

Penulis : Nindi Amara putri

Ziarah Ke Makam Eril, Nabila Ishma Curhat Soal Perubahan Baru Dirinya

Nabila Ishma. (TikTok/@nabilaishma)

Ladiestory.id - Selebgram Nabila Ishma, kekasih mendiang Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra sulung Ridwan Kamil, kembali menuai sorotan publik lewat unggahan di akun TikTok. Pasalnya, Nabila menuliskan sejumlah pesan untuk lelaki yang ia cintai, sebuah pencapaian dan cita-citanya yang berusaha ia wujudkan satu per satu, meski kini kekasihnya itu tak lagi berada di sisinya.

Melansir dari akun TikTok @nabilaishma, pada Jumat (16/12/2022), Nabila Ishma terlihat sedang berziarah ke makam Eril. Sang selebgram membawa serangkaian bunga mawar putih, yang diletakkan di atas pusara Eril

Nabila Ishma. (TikTok/@nabilaishma)

Lewat keterangan yang ditulisnya di awal video, ia mulai menceritakan tentang usahanya yang mencoba move on dan kembali hidup lebih produktif. Dalam usahanya itu, tak lupa ia juga berusaha untuk memenuhi serta menjalankan hal-hal yang dulu sempat dipesan Eril sebelum meninggal. 

Nabila yakin, dengan begitu Eril akan bangga dengan segala prosesnya itu. Ia bahkan sampai menunjukkan foto-foto yang memperlihatkan bahwa dirinya yang sekarang memang sudah banyak berubah ke arah yang lebih positif. Saat ini, ia mengaku lebih aktif dan produktif dalam membuat konten. 

Nabila Ishma. (TikTok/@nabilaishma)

Wajahnya kini bahkan terpampang di beberapa billboard di Kota Bandung, Jawa Barat lantaran dirinya didapuk beberapa brand sebagai model. Finalis Gadis Sampul pada 2014 itu juga mulai rajin berolahraga, sama seperti Eril yang semasa hidupnya dikenal sebagai orang yang gemar olahraga. 

Nabila Ishma. (TikTok/@nabilaishma)

Kini, Nabila juga senang karena sudah bisa mengemudi sendiri tanpa perlu diantar jemput lagi. Rupanya, ini juga berkat Eril yang semasa hidup sempat mengajari Nabila menyetir mobil dan juga menemaninya saat membuat SIM.

Nabila juga menyebut dirinya kini sudah berhasil menata kembali hidupnya dengan kegiatan yang positif. Salah satunya menjadi aktivis muda yang bergerak di bidang perlindungan anak dan perempuan. Ia jadi sering diundang ke berbagai acara sebagai pembicara.

Nabila Ishma. (TikTok/@nabilaishma)

"Kamu pasti bangga, les bahasa Inggris kita waktu itu berguna banget. Sekarang aku jadi sering ikut International event," jelasnya. 

Nabila juga berujar bahwa saat ini ia juga lebih sering mengeksplor tempat-tempat baru hingga menyempatkan diri melakukan quality time berkumpul bersama keluarganya. Ia pun memastikan bahwa selepas kepergian Eril, dirinya sekarang tidak lagi sendiri, melainkan dikelilingi oleh banyak orang baru. 

Nabila Ishma. (TikTok/@nabilaishma)

Jika sebelumnya Nabila cukup sulit untuk membuka diri, kini Nabila mengaku sudah berubah. Ia sudah belajar untuk membuka diri. Perubahan sikapnya itu diperlihatkan Nabila lewat foto dirinya saat bertemu dengan role modelnya sejak kecil, Linda Gumelar.

Nabila Ishma dan Linda Gumelar. (TikTok/@nabilaishma)

"Liat deh aku juga bisa ketemu sama role model aku yang selalu aku omongin ke kamu," tulisnya berharap almarhum Eril bisa ikut bangga dengannya.

Nabila Ishma. (TikTok/@nabilaishma)

Selain itu, Nabila yang merupakan mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Padjajaran (UNPAD), juga sedang berjuang untuk menyelesaikan studinya dengan cepat. Ia bergerak cepat dalam mengerjakan skripsi hingga tinggal selangkah lagi untuk meraih gelar sarjana.

Nabila Ishma. (TikTok/@nabilaishma)

Perempuan kelahiran Bandung, 8 Mei 2000 itu juga mengaku sedang belajar makeup karena menurut Eril, ia semakin cantik saat memakai riasan. Nabila juga kini menepati janjinya pada Emmeril untuk semakin banyak tersenyum.

"Dan yang pasti, sekarang aku udah lebih banyak senyum sesuai janji aku," ungkap Nabila.

Melihat unggahan Nabila itu, netizen mengaku terharu dan ikut bersedih. Sampai saat ini, video ini langsung menjadi sorotan warganet. Bahkan, unggahan ini telah mengumpulkan lebih dari 11,4 juta kali penayangan dengan beragam komentar penuh haru.

Sementara itu, nama selebgram Nabila Ishma mulai dikenal publik saat Eril meninggal dunia. Nabila tersorot kamera sedang duduk menangis di depan jenazah Eril.

Mendiang Eril sempat dinyatakan hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss pada akhir Mei lalu. Jenazah Eril ditemukan beberapa hari kemudian di Bendungan Engehalde, Swiss. Jasad Eril kini telah dimakamkan di dekat Masjid Al Mumtadz yang sedang dibangun oleh Ridwan Kamil di Cimaung, Jawa Barat.