10 Makanan Khas Surabaya yang Enak, Dijamin Bikin Ketagihan

Jumat, 10 Desember 2021 | 20:05:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

10 Makanan Khas Surabaya Yang Enak, Dijamin Bikin Ketagihan

Foto: Makanan khas Surabaya, Lontong kikil (Spesial)

Ladiestory.id - Surabaya punya beragam tempat wisata dan makanan khas. Ada beragam monumen dan tempat wisata populer di ibu kota Jawa Timur itu, seperti Monumen Kapal Selam, Kebun Binatang Surabaya, Jembatan Suramadu, dan masih banyak lagi.

Kota Pahlawan ini cukup dikenal dengan makanan pedas seperti rawon, rujak cingur, dan pecel semanggi. Selain makanan pedas, ada juga minuman dan makanan manis yang bisa dicoba.

Makanan Khas Surabaya yang Enak

Inilah makanan khas Surabaya yang pasti enak dan bikin ketagihan 

1. Rawon

Foto: Makanan khas Surabaya, rawon (Spesial)

Makanan khas Surabaya yang satu ini cukup populer, yakni rawon. Rawon dibuat dari daging sapi yang dimasak dengan kuah kluwek. Kluwek adalah biji tanaman yang menjadikan warna kuah rawon hitam.   Selain daging, rawon  juga bisa diisi campuran lainnya seperti tauge, timun, sambal yang menghasilkan rasa gurih dan pedas.

2. Tahu Campur

Makanan khas Surabaya ini terdiri dari tahu goreng, lontong, potongan daging sapi, selada, mie kuning, dan toge. Selain itu, ada juga tambahan perkedel singkong, kerupuk udang, dan taburan bawang goreng di atasnya.

3. Belut Surabaya

Makanan khas Surabaya berikutnya adalah Belut Surabaya. Belut asal Surabaya tidak berbau amis dan memiliki rasa gurih, manis, dan daging yang lembut. Biasanya disajikan dengan digoreng dan menjadi pelengkap sambal dan nasi hangat.

4. Soto Gubeng Pojok

Foto: Makanan khas Surabaya, Soto gubeng pojok (Spesial)

Masakan soto asal Surabaya ini berbahan dasar jeroan sapi dan daging sapi. Kuah sotonya berwarna kuning pekat dan rasanya gurih serta nikmat pastinya.

5. Sate Karak

Sate Karak merupakan kuliner khas Surabaya. Sate ini terdiri dari potongan besar daging dan jeroan sapi. Uniknya, sate karak dimakan bersama dengan ketan dan bumbu kedelai pedas.

6. Rujak Cingur

Rujak cingur adalah rujak khas daerah Surabaya. Bahan utama makanan ini terdiri dari potongan cingur (moncong sapi), sayuran, irisan tempe, tahu, serta  bumbu petis.

7. Nasi Krawu

Kuliner khas Surabaya yang satu ini terdiri dari potongan daging sapi, jeroan sapi, serundeng, semur, sambal terasi dan nasi hangat. Nasi Krawu juga bisa disajikan di atas daun pisang.

8. Lontong Kikil

Foto: Makanan khas Surabaya, Lontong kikil (Spesial)

Kikil adalah kulit sapi yang telah dibakar dan memiliki tekstur kenyal. Makanan khas Surabaya ini berbahan dasar lontong, kikil, dan tulang sapi atau balungan. Kuah lontong kikil terbuat dari bumbu rempah-rempah pilihan. Sebelum dimakan, kamu bisa menambahkan perasan jeruk nipis agar rasanya lebih segar.

9. Lontong Kupang

Kupang adalah kerang kecil, Kerang ini seukuran dengan biji kedelai atau beras. Lontong kupang terdiri dari lontong, kupang rebus, dan sate kerang. Kuah lontong kupang juga khas karena dibuat dari bawang putih, cabe, dan rempah-rempah.

10. Sego Sambel

Makanan Surabaya yang satu ini terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk sebagai pelengkap. Lauk sego sambel  beraneka macam, seperti ikan lele, ikan pari, telur dadar, dan tempe goreng. Sambal dalam masakan ini cukup pedas dan banyak. Sambalnya dibuat dari bawang putih, bawang merah, cabai, tomat, garam, dan terasi.

Itulah 10 makanan khas Surabaya yang pasti enak dan bikin ketagihan. Jangan sampai terlewatkan untuk mencicipinya bila kamu berkunjung ke Surabaya. 

s