6 Makanan Khas Jawa Timur yang Lezat Menggoda

Minggu, 12 Desember 2021 | 16:30:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

6 Makanan Khas Jawa Timur Yang Lezat Menggoda

Ilustrasi rawon. (Spesial)

Ladiestory.id - Makanan khas Jawa Timur memang banyak macamnya, namun yang jadi ciri khas adalah rasanya yang pedas gurih. Penasaran apa saja makanan khas Jawa timur yang enak dan lezat? Berikut ulasannya.

Makanan Khas Jawa Timur

Inilah makanan khas Jawa Timur yang wajib kamu coba.

1. Rujak Soto

Ilustrasi makanan khas Jawa Timur, rujak soto. (Spesial)

Makanan khas Jawa Timur yang satu ini tepatnya berasal dari Banyuwangi yakni rujak soto. Kuliner ini merupakan perpaduan antara rujak dan soto kuning. Rujak petis dengan rasa terasi yang khas dan kuah soto kuning gurih yang menghasilkan kombinasi rasa yang  unik dan enak.

Kombinasi makanan seperti ini cukup umum di Jawa Timur sebenarnya. Selain rujak soto, kamu bisa menemukan rujak bakso di kawasan Madura. Bedanya, rujak di sana menggunakan petis Madura yang rasanya cenderung asin.

2. Rawon

Ilustrasi makanan khas Jawa Timur, rawon. (Spesial)

Rawon menjadi salah satu hidangan legendaris dalam sejarah Jawa kuno, yang sudah ada sejak tahun 901 Masehi, pada era Kerajaan Mataram. Kuah berwarna hitam pekat adalah ciri khasnya, karena diolah dengan menggunakan kluwek.

Biasanya rawon menggunakan daging sapi yang direbus dalam kuah kluwek dalam waktu lama hingga teksturnya empuk. rawon biasanya disajikan bersama dengan campuran taoge, telur asin, serta kerupuk udang.

Meskipun rawon terkenal sebagai makanan khas Surabaya, tapi beberapa daerah di Jawa Timur juga punya rawon khas. Misalnya seperti rawon Pasuruan dengan sate komoh sebagai pelengkapnya.

3. Tahu Campur

Ilustrasi makanan khas Jawa Timur, tahu campur. (Spesial)

Selain jadi makanan khas daerah di Jawa Timur, seperti Surabaya dan Lamongan, tahu campur cukup populer di Magelang, Jawa Tengah. makanan ini terdiri dari selada, taoge, lontong, mi kuning, tahu goreng, dan potongan lentho singkong. Semua bahan-bahan tersebut disiram kuah kaldu tetelan sapi yang gurih dan super fatty.

4. Pecel

Ilustrasi makanan khas Jawa Timur, pecel. (Spesial)

Pecel terkenal dari Madiun. Selain Madiun, banyak juga kota di Jawa Timur yang juga punya makanan khas seperti pecel, seperti pecel Blitar atau pecel Kediri.

Biasanya yang membedakan hanyalah jenis isian sayur, jenis daun sebagai wadah pecelnya, hingga lauk pendampingnya. Seperti contohnya ada pecel yang dilengkapi rempeyek, ada juga yang dilengkapi kerupuk puli. Ada pecel yang disajikan dengan daun pisang, ada juga yang disajikan dengan daun jati.

5. Pecel Lele

Ilustrasi makanan khas Jawa Timur, pecel lele (Spesial)

Pecak lele atau yang populer disebut pecel lele. Berbeda dengan pecel Madiun karena sama sekali tidak menggunakan sayuran atau bumbu kacang. Sebenarnya pecel lele  berasal dari Jawa Tengah, tapi kini lebih populer di Jawa Timur, terutama di wilayah Lamongan.

Ikan lele yang telah dibumbui lalu digoreng kering, dan disajikan dengan cara dipecel alias diulek kasar di atas cobek berisi sambal tomat. Selain ikan lele, kini banyak lauk utama lainnya, seperti ayam goreng, bebek goreng, atau tahu dan tempe.

6. Lontong Balap

Ilustrasi makanan khas Jawa TImur, lontong balap (Spesial)

Kuliner Jawa Timur yang satu ini asli dari Surabaya dengan bahan utama terdiri dari lontong, tahu goreng, taoge, dan kecap, lalu disiram kuah gurih yang khas. Lontong balap biasanya disajikan bersama sate kerang dan lentho, yakni gorengan yang terbuat dari kacang tolo.

Bila kamu ingin mencoba lontong balap legendaris di Surabaya-Jawa timur, kamu bisa datang ke kawasan Jalan Kranggan. Kamu akan menemukan penjual lontong balap mulai dari kaki lima hingga tempat makanan permanen.

Itulah tadi 6 makanan khas Jawa Timur, yang  pasti enak dan lezat, pasti bikin Kamu ingin mencicipinya