3 Kali Masuk Nominasi, Robert Downey Jr Berhasil Raih Piala Oscar Perdananya

Selasa, 12 Maret 2024 | 20:33:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

3 Kali Masuk Nominasi, Robert Downey Jr Berhasil Raih Piala Oscar Perdananya

Robert Downey Jr. (Instagram.com/robertdowneyjr)

Ladiestory.id - Aktor peran Robert Downey Jr. baru saja memiliki pengalaman hidup yang cukup mengesankan. Ia baru saja berhasil meraih piala perdananya dari ajang penghargaan Oscar 2024 digelar pada Senin (11/3/2024), di Dolby Theatre, Los Angeles, California.

Robert Downey Jr. meraih Oscar dari kategori Best Supporting Actor atau Aktor Pendukung Terbaik melalui film ‘Oppenheimer’. Dalam kategori ini, Robert berhasil mengalahkan Sterling K. Brown, Ryan Gosling, Mark Ruffalo, dan Robert De Niro.

Dari atas panggung Oscar, secara khusus sang aktor mengucapkan terima kasih kepada The Academy atas penghargaan yang diterima dan masa kecilnya yang kelam.

"Saya mau mengucapkan terima kasih pada masa kecil saya yang kelam, dan pada Oscar atas kehormatannya," katanya membuka pidato.

"Saya mau mengucapkan terima kasih kepada istri saya Susan Downey yang ada di sana, dia menemukan saya, dia menyelamatkan saya dan mencintai saya balik pada kehidupan ini," sambungnya lagi.

Robert Downey Jr. (Instagram.com/robertdowneyjr)

Ini merupakan kemenangan kedua bagi Downey Jr di ajang Golden Globe Awards. Sebelumnya ia meraih penghargaan serupa pada 2009 berkat perannya sebagai Tony Stark atau Iron Man di film 'Iron Man'.

Tidak hanya itu, ini juga menjadi gelar Oscar perdana yang berhasil diraih Robert Downey Jr. meski sudah tiga kali mendapatkan nominasi.

Pada 1993, ia pernah masuk nominasi Oscar dalam kategori Best Actor di film ‘Chaplin’, saat usianya menginjak 27 tahun. Sayangnya, ia kalah dari Al Pacino. Pada wawancaranya dengan ABC, sang bintang mengaku bersyukur saat itu tak menang Oscar.

"Saya masih muda dan gila...(Jika saya menang) akan memberi saya kesan bahwa saya berada di jalur yang benar," tuturnya.

Bukan rahasia lagi bahwa Robert Downey Jr. berjuang keras melawan kecanduan narkoba, dan itu adalah sesuatu yang beberapa kali menggagalkan kariernya.