4 Alasan Mengapa Seorang Penjahit Harus Membuat Pola Baju Sebelum Menjahit

Selasa, 24 Agustus 2021 | 05:20:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

4 Alasan Mengapa Seorang Penjahit Harus Membuat Pola Baju Sebelum Menjahit

Foto: Ladiestory.id

Siapa diantara kalian yang memiliki usaha konveksi ataupun memiliki hobi menjahit? Jika begitu, apakah Anda memiliki pola baju?

Dalam menjahit atau desain busana, pola baju merupakan potongan-potongan kertas yang merupakan prototipe bagian-bagian pakaian atau produk jahit-menjahit. pola baju ini juga sering disebut dengan patter.

Funsgi dari pola baju untuk dijadikan contoh agar tidak terjadi kesalahan sewaktu menggunting kain. Oleh sebab itu pola baju sangat penting dalam membuat pakaian.

Macam-Macam Pola Baju

Foto: Ladiestory.id

 

Jika dilihat berdasar desain dan kegunaan, terdapat 4 macam pola baju yang dapat dijadikan pedoman sebelum memulai menjahit.

1. Pola Konstruksi

Pola konstruksi adalah pola dasar pakaian yang dibuat berdasar ukuran badan orang yang hendak mengenakan pakaian tersebut. Bahkan pola ini digambar dan memiliki perhitungan secara matematika.

2. Pola Standar

Ketika Anda membeli baju, bisanya Anda akan mencari ukuran baju yang hampir mendekati tubuh Anda. Misal ukuran small (S), medium (M), large (L), extra large (XL) dan ukuran ekstra besar lainnya. Nah, pola standar ini dibuat berdasarkan daftar ukuran umum yang telah distandarkan.

Nah, daftar ukuran tersebut merupakan sejumlah ukuran yang diambil dari ukuran badan sebenarnya. Cukup dengan menggunakan ukuran yang penting seperti ukurang lingkar badan, lingkar pinggang, panjang punggun.

3. Pola Draping

Draping merupakan teknik pembuatan pila dasar pakaian yang dikerjakan langsung pada manekin. Draping juga memiliki pengertian teknit menata kain tanpa menggunting pola dan jahit.

Pola draping ini merupakan macam pola baju atau pattern yang paling praktik. Sebab pola ini dibuat dengan cara menyampirkan kain pada manekin atau langsung di atas badan pemakai.

4. Pola di Atas Kain

Nah, yang terakhir adalah pola di atas kain. pola baju ini merupakan teknik pembuatan pila yang langsung dikerjakan pada kain yang akan dibuat. Biasanya macam pola ini diaplikasikan pada model oakaian yang sederhana. Contohnya kemeja, rok, ataupun pakaian yang memiliki desain simpel.

Manfaat Membuat Pola Baju

Foto: Ladiestory.id

Tahukah Anda, mengapa seorang penjahit harus membuat pola baju sebelum menjahit? Rupanya ada beberapa manfaat ketika seseorang membuat pola baju terlebih dahulu sebelum menjahit.

1. Pola baju bermanfaat untuk efisiensi waktu

Foto: Ladiestory.id

 

Memang butuh effort diawal untuk membuat pola baju sebelum menjahit. Bahkan Anda perlu menghabiskan waktu untuk membuat pola tersebut dengan sempurna. Namun kegiatan ini akan menghemat waktu Anda dikemudian pekerjaan.

Sebab Anda tak perlu mengukur ulang satu per satu untuk memulai menjahit pakaian tersebut. Dengan adanya pola baju maka pekerjaan akan cepat selesai. Anda cukup mengukur sekali untuk beberapa buah item.

Terlebih jika adanya repeat order atau membuat pesanan dalam jumlah yang banyak, maka pesanan akan cepat selesai. Bagi yang sudah sering menerima order besar, biasanya mereka akan punya mesin cutting.

Dengan mesin cutting, maka tidak perlu menggunting bahan satu persatu. Tinggal ditumpuk dengan pola, lalu dipotong. Dalam waktu yang sebentar Anda akan mendapatkan beberapa lembar bahan yang siap dijahit.

2. Perhitungan biaya produksi akan lebih mudah

Foto: Ladiestory.id

 

Mengapa seorang penjahit harus membuat pola baju sebelum menjahit? Manfaat yang kedua adalah dengan adanya pattern atau pola baju akan membantu visualisasi ketika menghitung bahan.

Sebab, adanya perhitungan biaya membuat Anda dapat berhemat dan berpikir apakah yang akan dibuat berlebihan atau tidak. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat baju sendiri agar lebih irit. Jika dihitung untuk membeli kain saja sudah menghabiskan Rp 80.000,-. Padahal dengan harga Ro 70.000,- Anda sudah bisa mendapatkan baju dengan bahan yang adem.

3. Fast respon ketika repeat order

Foto: Ladiestory.id

 

Seperti halnya yang terlah dibahas dalam poin pertama. Jika Anda membuka sebuah konveksi dengan mendapat banjiran pesanan, membuat pola baju akan sangat menguntungkan.

Hampir semua pelanggan mengingingkan pesanannya selesai tepat waktu bahkan lebih cepat dari perkiraan. Nah, apabila Anda sudah memiliki pola baju atau pattern, maka pesanan akan lebih cepat dibuat. Tinggal melakukan penyesuaian-penyesuaian lainnya, misal warna, motif bahan dan sebagainya.

4. Pola baju yang sudah jadi bisa dibagikan

Foto: Ladiestory.id

 

Yap! Inilah salah satu jawaban mengapa seorang penjahit harus membuat pola baju sebelum menjahit. Sebab pola baju atau pattern dapat jadi modal bagi crafter untuk dibagikan secara gratis bahkan berbayar.

Jadi, mengapa seorang penjahit harus membuat pola baju sebelum menjahit? Sebab pola baju atau pattern memiliki banyak manfaat bagi para penjahit itu sendiri maupun penjahit lain. Semoga membantu ya!