4 Cara Mudah Memperkenalkan Anak Tentang Kemerdekaan

Minggu, 22 Agustus 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

4 Cara Mudah Memperkenalkan Anak Tentang Kemerdekaan

Foto: Ladiestory.id

Masih pada masa kemerdekaan Indonesia di bulan Agustus kita akan sering mendengarkan lagu kebangsaan dan bendera merah putih yang dikibarkan.

Hingga ini, semangat nasionalisme begitu terasa dari ujung timur sampai barat dan semua kalangan Warga Negara Indonesia.  Anak-anak menjadi salah satu golongan penting sebagai generasi penerus bangsa.

Maka dari itu, anak-anak berhak mempelajari dan memahami makna kemerdekaan. Selain itu, rasa nasionalisme perlu dibangun sejak dini sebagai bentuk kecintaan terhadap negeri kita.

Masa pandemi membuat pembelajaran menjadi terhambat sehingga kurangnya eksplorasi pengetahuan dan pemahaman kepada anak. Maka dari itu, perlu adanya cara kreatif untuk mengenalkan kemerdekaan: 

 

1. Ikut Mengibarkan Bendera Merah Putih 

Foto: Ladiestory.id

Bendera diartikan sebagai simbol negara dengan jiwa patriotisme. Hal sederhana yang membuat kita dapat mengenalkan kemerdekaan adalah mengajak anak memasang bendera merah putih di gerbang depan rumah.

Selain itu, orang tua bisa mempraktikkan atau simulasi upacara dengan sikap hormat kepada bendera.

2. Mengajak Bernyanyi lagu kebangsaan

Foto: Ladiestory.id

 

Cara mudah untuk mengingat sesuatu dapat diimbangi dengan melodi. Lagu dapat dijadikan salah satu sarana untuk memperkenalkan kemerdekaan. Salah satunya lagu Indonesia Raya dengan tempo relatif cepat dapat membangkitkan semangat para pendengarnya.


Secara tidak langsung, menyanyikan lagu kebangsaan dapat menciptakan rasa cinta negeri sendiri. Selain itu, kita bisa menjelaskan makna dari lagu Indonesia Raya yang membangun semangat perjuangan.

Tidak hanya itu, Lagu Hari Merdeka dapat dijadikan pilihan untuk diperkenalkan kepada anak. Apalagi jika orang tua memiliki kemampuan bermain musik dengan disarankan mengiringi anak dengan gitar maupun piano.

3. Buat Acara lomba 17 Agustusan

Foto: Ladiestory.id

 

Meskipun tidak ada acara yang ramai dilakukan pada biasanya. Kita dapat membuat perlombaan kecil-kecilan. Lomba ini dapat diadakan bersama keluarga dengan hal sederhana misalnya  lomba balap karung, lari kelereng, pukul air, memasukkan paku, dan masih banyak lainnya.

Jika ingin lebih sederhana, kita dapat memilih permainan yang tidak terlalu melelahkan dan menyenangkan, misalnya lomba makan kerupuk. Catatan penting ketika perlombaan berlangsung, orang tua disarankan untuk mempersiapkan hadiah yang memenangkan perlombaan.


4. Rajin Membacakan buku cerita tentang perjuangan

Foto: Ladiestory.id

 

Pepatah sering menyebutkan jika sejarah adalah pelajaran penting sehingga hal ini merupakan salah satu mata pelajaran sulit di sekolah.

Biasanya, dalam pelajaran sejarah disajikan dengan tanggal-tanggal dengan nama tokoh yang terlibat dalam suatu peristiwa perjuangan pahlawan. Secara tidak langsung, Pelajaran Sejarah dianggap susah untuk diingat secara jelas.

Namun, faktanya mengenalkan anak pada hari kemerdekaan, memang tidak terlepas dari kisah perjuangan melawan penjajahan.

Salah satu cara lain untuk mengenalkan kemerdekaan adalah membacakan buku cerita pahlawan khusus anak-anak. Kita perlu memilih buku berlabel anak-anak biasanya didesain dengan animasi yang lucu dan menggemaskan.

Berita Terkait