4 Hidden Gem Kalimantan Barat, Surganya Wisata!

Wednesday, 14 Jul | 22:07:54

LS Travel

Penulis : LS Travel

4 Hidden Gem Kalimantan Barat, Surganya Wisata!

Foto: Instagram/waterfrontpontianak

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan alamnya dan tidak akan pernah habis untuk dieksplorasi. Banyak hidden gems atau surga wisata tersembunyi di Indonesia yang menunggu untuk Anda kunjungi dan masih sedikit orang mengetahuinya.

Saking luasnya Indonesia, Anda akan membutuhkan banyak waktu untuk dapat menulusuri semua pesona tersebut mulai dari Sabang hingga Merauke.

Sebab itu, umumnya orang-orang akan mengunjungi tempat yang telah cukup terkenal seperti Bromo, Ubud sampai Malioboro sebab aksesnya yang mudah serta fasilitasnya yang cukup memadai.

Jika kalian telah menelusuri tempat-tempat yang banyak dikenal orang, sekarang saatnya kalian menjelajahi keindahan tersembunyi yang terdapat di Indonesia.

Banyak sekali hidden gems yang harus masuk ke bucket list. Jadi Anda sewaktu waktu dapat bebas bepergian jika telah memiliki list mana saja yang akan dikunjungi.

Siapa yang belum pernah datang ke Kalimantan Barat? Bila belum, Anda wajib tau apa saja pulau atau lokasi bahari yang terdapat di Kalimantan.

Walaupun Kalimantan merupakan paru-paru dunia atau yang lebih di kenal dengan banyaknya hutan, namun di sana pun tetap banyak perairan bahari yang tidak kalah kece nya. Penasaran? Ayo kita lihat hidden gem dari Kalimantan Barat ini.

Pulau Randayan

foto:instagram/kucing_imut05
Foto: Instagram/kucing_imut05

Pulau Randayan menawarkan panorama alam yang menawan dan kehidupan bawah laut yang eksotis. Pulau Eksotis yang terletak di tanah Borneo, Kalimantan Barat ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata populer di Kalimantan Barat.

Pulau Randayan memiliki keindahan bahari yang khas, air yang biru dan jernih serta pulau yang sangat tenang cocok sekali untuk wisatawan yang ingin mencari ketenanganan dan jauh dari keramaian.

Pantai Kura-Kura

foto:instagram/ilmakarmila9
Foto: Instagram/ilmakarmila9

Pantai Kura-kura terletak di Karimunting, Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia, Kalimantan Barat. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan suara deburan ombak yang menenangkan, cocok bagi Anda yang ingin berenang di laut atau sekedar menikmatinya.

Pantai ini juga menyediakan pemandangan indah terutama di saat senja dan ketika matahari akan tenggelam.

Mengapa pantai ini di sebut dengan pantai kura-kura? Sebab di pantai ini terdapat kura-kura yang singgah dan bahkan bertelur, padahal sangat jarang sekali kita bisa menemukan kura-kura di sebuah pantai.

Pantai Kura-kura juga menyediakan cottage bagi turis atau wisatawan menginap, pemerintah setempat membiarkan pantai sedemikian rupa supaya tetap terjaga keaslian dan keasriannya.

Danau Sentarum

foto:instagram/bbtn_bentarum
Foto: Instagram/bbtn_bentarum

Sebagian besar area Danau Sentarum terdiri dari hutan hujan dengan tingkat rendah dan lahan rawa gambut besar. Tempat ini cocok guna melihat berbagai jenis flora dan fauna dengan pemandangan yang tidak biasa.

Letaknya berada di Kalimantan Barat dengan luas 132.000 hektare. Saat musim hujan tiba, tempat ini akan terlihat seperti hutan yang sedang terendam air.

Berbeda lagi kala musim kemarau, Anda hanya akan melihat padang dengan hutan, airnya pun hanya sedikit. Menarik sekali!

Bukit Kelam

foto:instagram/felkys_
Foto: Instagram/felkys_ 

Bukit yang satu ini berada di antara dua sungai besar, Sungai Melawi dan Sungai Kapuas. Bukit yang berada di Kalimantan Barat ini sebetulnya merupakan sebuah batu.

Agar bisa sampai ke sini, Anda dapat menggunakan jalur darat dengan jarak 400 kilometer dari Kota Pontianak dan jalur udara dengan rute Pontianak ke Sintang. Anda pun dapat mendaki Bukit Kelam ini.

Gimana? Keren kan? Bila Anda sedang berkunjung ke Kalimantan Barat, jangan lupa mampir ke hidden gem-nya ya!

Berita Terkait