4 Jenis Bahan Kain Hyget untuk Pembuatan Pakaian dan Hijab

Selasa, 13 Juli 2021 | 12:23:36

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

4 Jenis Bahan Kain Hyget untuk Pembuatan Pakaian dan Hijab

Foto: Instagram/karyamandiritextile

Pakaian menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, layaknya yang terdapat pada Filsafah jawa yaitu tiga hal yang penting dalam kehidupan. Pertama sandang atau pakaian, kedua adalah pangan atau makanan, dan yang ketiga adalah papan atau tempat tinggal.

Manuskrip yang memiliki adab dan sopan santun tentu memiliki nilai-nilai dan adab dalam berpakaian.

Seperti misalnya muslim memiliki adab yang jelas perihal berpakaian, tidak hanya mengenai tampilan nya saja namun dari segi kesopanan, kebersihan, kesantunan hingga cara berpakaian ada do’a nya tersendiri.

Di negara kita ini salah satu model atau jenis pakaian yang paling favorit atau yang sering dipakai adalah Kaos, karena Indonesia bercuaca tropis yang hanya terdapat dua musim saja di dalamnya.

Kaos juga memiliki bentuk dan model yang berbeda-beda, seperti kaos lengan panjang maupun kaos yang berlengan pendek. Pada kesempatan ini kami akan membahas salah satu bahan kain yang kerap dikenakan sebagai bahan dasar pembuatan kaos, yaitu kain hyget.

Apakah kain hyget itu? Bahan kain hyget merupakan salah satu jenis bahan kaos yang terbuat dari kombinasi antara polyester dan cotton.

Bila ditengok dari bagian ketebalan kain, jenis kain ini tidak terlalu tebal, biasanya bahan hyget lebih tipis ketimbang jenis bahan kaos lainnya dan jenis kain ini jelas lebih terjangkau daripada jenis bahan kaos lainnya seperti combed, carded, bahkan bahan kaos PE.

Harga yang lebih murah daripada jenis kain lainya telah menjadi kelebihan tersendiri jenis kain ini. Kain hyget ini kerap dipakai guna pembuatan kaos dengan budget yang rendah.

Variasi jenis kain hyget sekarang sudah mulai bervariasi. Saat ini terdapat beberapa jenis bahan kain hyget yang cukup bagus, serta memiliki tingkat kenyamanan yang lebih dibanding dengan bahan hyget biasa.

Bahan hyget ini masuk ke dalam jenis kain yang berbahan campuran cotton dan polyester jadi tidak mempunyai daya serap keringat yang bagus.

Bahan campuran polyester ini juga termasuk memiliki kualitas biasa, jadi pakaian dengan bahan hyget ini akan terasa lebih panas jika digunakan ketika cuaca sedang panas.

Dari sisi kelebihan bahan hyget ini memiliki harga yang lebih murah dan permukaan kain bahan hyget ini mengkilap, serta juga tidak perlu repot untuk di setrika sebab bahan kain ini tidak mudah kusut.

Jenis Bahan Kain Hyget

  1. Bahan Kain Hyget Serena

foto:instagram/karyamandiritextile
Foto: Instagram/karyamandiritextile

Kain hyget jenis ini memiliki karakteristik tekstur yang padat, lentur dan padat. Kelebihan lainnya dari  jenis ini yaitu kemampuan menyerap keringat yang lebih bagus dibanding semua jenis hyget. Jenis kain ini biasa dikenakan untuk bahan seragam olahraga.

  1. Bahan Kain Hyget Balon

foto:instagram/karyamandiritextile
Foto: Instagram/karyamandiritextile

Karakteristik jenis kain hyget balon cenderung identik dengan bahan spandek sutra dan spandek balon.

Kain ini pun juga memiliki campuran spandek sehingga memiliki sifat elastis (tidak seelastis kain spandek).

Kelebihan lain bahan ini yaitu tidak lebih menyejukkan daripada jenis hyget biasa dan bahan ini sangat cocok dikenakan untuk bahan jilbab.

  1. Bahan Kain Hyget Biasa

Jenis kain yang satu ini ada dua pilihan berdasarkan ketebalan kain, ada hyget biasa dan hyget tipis. Perihal harga jenis ini juga tentunya lebih murah daripada jenis lainnya.

Kain ini biasanya digunakan untuk kaos pemilu atau kaos-kaos event yang membutuhkan kaos dengan budget minim.

  1. Bahan Kain Hyget Super

foto:instagram/karyamandiritextile
Foto: Instagram/karyamandiritextile

Kain hyget jenis super ini adalah versi premium dari hyget biasa. Jenis kain ini memiliki tekstur yang lebih rapat dan tebal. Jenis ini kini juga sedang ramai digunakan untuk bahan jilbab instan.

Berita Terkait