4 Stasiun Dekat Lembang Yang Bisa Menjadi Tujuan Saat Traveling

Rabu, 11 Agustus 2021 | 01:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

4 Stasiun Dekat Lembang Yang Bisa Menjadi Tujuan Saat Traveling

Foto: Ladiestory.id

Transportasi umum yang banyak digemari masyarakat adalah kereta api. Pasalnya transportasi ini dapat mengindari macet dan mempercepat perjalanan. Kereta api juga mempermudah ketika ingin berwisata di berbagai daerah.

Kereta api adalah bentuk transportasi rel yang terdiri dari serangkaian kendaraan yang ditarik sepanjang jalur kereta api untuk mengangkut kargo atau penumpang. Gaya gerak disediakan oleh lokomotif yang terpisah atau motor individu dalam beberapa unit.

Stasiun kereta api adalah fasilitas operasi kereta api atau tempat kereta api berhenti secara teratur untuk menaikturunkan penumpang atau membongkar-muat barang. Umumnya paling tidak memiliki satu peron di sisi jalur rel dan bangunan utama yang menyediakan layanan tambahan seperti penjualan tiket dan ruang tunggu.

Stasiun Dekat Lembang

Jika kamu hendak pergi ke Lembang, Bandung, alangkah lebih mudahnya menggunakan transportasi umum yang satu ini. Pasalnya kereta api di Bandung sudah menjelma sebagai sarana transportasi umum dan utama bagi masyarakatnya. 

Bandung memiliki 17 stasiun yang tersebar di seluruh Kota dan Kabupaten Bandung. 7 diantaranya terletak di Kota Bandung, sedang sisanya 10 stasiun tersebar di wilayah kabupaten Bandung dan kabupaten Bandung Barat.

Jika kamu ingin mengunjungi Lembang, alangkah lebih baiknya melakukan pemberhentian pada stasiun dekat Lembang. Berikut 4 nama stasiun kereta api. 

 

Foto: Twitter/Backpaker Indonesia

 

  • Stasiun KA Kota Lembang

  • Bandung Station. Stasiun ini beralamat di Jalan Stasiun Timur 1-Kota Bandung dengan kode stasiun BD
  • Stasiun Andir. Stasiun ini beralamat di Jalan Ciroyom No 1, Ciroyom Andir-Kota Bandung dengan kode stasiun AND
  • Stasiun Cimidi. Stasiun ini beralamat di Kelurahan Campaka, Andir-Kota Bandung dengan kode stasiun CDM

Transportasi Umum Menuju ke Lembang

Jika kamu dari stasiun hendak ke Lembang, bisa menggunakan beberapa transportasi umum yang mudah didapatkan. Ini menjadikan alternative transportasi yang nyaman dan praktis

1. Taksi

Foto: Ladiestory.id

 

Saat baru keluar dari peron kereta api, maka akan langsung disambut oleh beberapa sopir taksi yang menawarkan jasa antar. Kamu bisa memilih untuk menggunakan argo atau tawar-menawar harga dengan sopir.

Naik taksi memang lebih nyaman dan praktis, terutama jika membawa banyak barang. Perkiraan, tarifnya berkisar dari Rp74.000 – Rp94.000.

2. Angkutan Kota (Angkot)

Nah, untuk mendapatkan angkot, kamu harus jalan sedikit ke luar area parkir. Disitulah tempat biasa angkot sudah berjajar di pinggir jalan. Menggunakan angkot akan membuat sensari terasa seperti warga lokal. Namun hal ini akan menyusahkan memiliki banyak barang.

Naik angkot menjadi pilihan transportasi yang paling murah, terutama jika hanya pergi sendiri. Biasanya tarif angkutan umum ke Lembang hanya Rp10.000/orang.

3. Taksi Online

Foto: Ladiestory.id

 

Teknologi semakin canggih, hingga kita dipermudahkan dengan adanya taksi online. Namun, sahabat perlu berjalan cukup jauh untuk naik taksi online.

Hal ini dikarenakan sudah menjadi kesepakatan antara taknsi onile dengan pengemudi taksi komersial di dalam area parkir stasiun. Kira-kira tarif taksi online sedikit lebih murah dibanding taksi komersial yaitu Rp72.000.

4. Ojek Online

Sama halnya dengan taksi online yang harus berjalan cukup jauh untuk dapat naik taksi online. Ini juga merupakan kesepakatan lokal dengan ojek pangkalan di sekitar stasiun. Tarif ojek online ke Lembang sekitar Rp37.000

5. Sewa Kendaraan Pribadi

Alternatif paling praktis untuk pergi ke Lembang adalah dengan menyewa kendaraan pribadi. Namun hal ini akan menjadi murah jika kamu pergi dengan beberapa orang sehingga harga sewa menjadi iuran.

Sewa kendaraan pribadi sudah bisa dilakukan dengan pemesanan lewat online travel agent dengan kisaran harga mulai dari Rp250.000 untuk 12 jam sudah termasuk sopir dan bahan bakar.

Nah itulah beberapa nama stasiun dekat Lembang. Dan inilah kendaraan umum yang bisa digunakan dari stasiun ke Lembang.