5 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan Bersama Anak Saat Liburan

Rabu, 3 Januari 2024 | 18:32:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

5 Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Bersama Anak Saat Liburan

Ilustrasi aktivitas liburan bersama anak. (Pexels.com/Elina Fairytale)

Ladiestory.id - Saat memasuki liburan sekolah, setiap anak terkadang merasa jenuh dan bosan apalagi jika waktu liburnya hanya dihabiskan di rumah tanpa pergi mengunjungi destinasi wisata. Sebagai orang tua yang peduli akan kebahagiaan anak, tentu ingin memberikan pengalaman-pengalaman yang berkesan selama libur sekolah.

Namun, untuk memberikan pengalaman liburan yang mengesankan, tidak harus melulu memboyong anak ke destinasi wisata. Orang tua bisa menciptakan suasana liburan yang mengesankan di rumah dengan beberapa kegiatan berikut ini.

Buat Kue

Ilustrasi buat kue. (Pexels.com/Elina Fairytale)

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak saat liburan adalah membuat kue buatlah seisi rumah terasa hangat seperti oven yang tengah digunakan untuk memanggang kue. Kebersamaan dan kekompakan saat membuat kue bersama tentu akan menjadi momen yang sangat berkesan untuk sang buah hati.

Buat Kerajinan Tangan

Ilustrasi buat kerajinan tangan. (Pexels/Mikhail Nilov)

Selain membuat kue bersama, membuat kerajinan tangan juga menjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan sang buah hati. Tidak hanya memberikan pengalaman yang berkesan, ketelitian serta fokus saat membuat kerajinan tangan akan melatih keterampilan anak.

Baca Buku Bersama

Ilustrasi baca buku bersama. (Pexels.com/cottonbro studio)

Untuk meningkatkan bonding antara orang tua dan anak, bisa juga dilakukan dengan membaca buku bersama. Membaca buku bersama antara orang tua dan anak juga pasti akan mengalami diskusi kecil terkait bacaan yang ada di dalam buku.

Hal itu yang akan membuat ikatan orang tua dan anak semakin dekat karena saling memahami pemikiran masing-masing.

Nonton Film

Ilustrasi nonton film. (Pexels.com/August de Richelieu)

Nonton film bersama di ruang keluarga juga bisa menjadi pilihan kegiatan yang bagus dilakukan untuk mengisi waktu libur anak. Cobalah untuk menonton film-film yang memiliki tema liburan dengan berondong jagung berbagai rasa sebagai camilan.

Obrolan Video dengan Anggota Keluarga

Ilustrasi obrolan video dengan keluarga. (Pexels.com/EKATERINA BOLOVSOTOVA)

Sebagian besar musim liburan berhubungan dengan anggota keluarga dekat dan jauh. Untuk terus menjalin hubungan yang baik, luangkan waktu untuk melakukan obrolan video sebanyak mungkin dengan keluarga yang berjarak jauh.

Jadikan hal itu menyenangkan dengan membiarkan buah hati membawa telepon untuk memperlihatkan berbagai koleksi permainan, atau hal apapun yang menarik untuknya.