5 Bahan Hijab Yang Cocok Digunakan Saat Siang Hari

Minggu, 7 Januari 2024 | 15:47:00

KD Mumpuni

Penulis : KD Mumpuni

5 Bahan Hijab Yang Cocok Digunakan Saat Siang Hari

Ilustrasi Bahan Hijab Yang Dipakai Hijabers. (Canva)

Ladiestory.id - Rasa gerah saat menggunakan hijab menjadi sering datang dan mengganggu aktivitas dan bikin tidak betah saat menggunakan hijab. Padahal, dengan hijab yang tepat, rasa gerah tidak akan datang. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan hijab menjadi kunci yang mempengaruhi kualitas, penampilan, dan kenyamanan hijab. Pemilihan bahan hijab harus memenuhi standar kenyaman tertentu untuk memastikan bahan hijab yang digunakan sudah sesuai terhadap aturan berpakaian yang dijelaskan dalam Islam.

Bahan hijab yang sering dipergunakan saat ini seperti:

Hijab Katun

Ilustrasi Bahan Hijab Katun. (Canva)

 

Katun adalah bahan yang paling umum digunakan dalam pembuatan hijab. Bahan ini sangat dihargai karena kenyamanan dan sifatnya yang mudah menyerap keringat. Katun juga memiliki sifat yang sangat breathable, sehingga cocok untuk iklim hangat. Namun, hijab katun cenderung kurang tahan lama daripada bahan lainnya dan mungkin memerlukan perawatan khusus agar tetap terlihat baik.

Hijab Sifon

Ilustrasi Bahan Hijab Sifon. (Canva)

Sifon adalah bahan tipis dan transparan yang sering digunakan untuk hijab. Bahan ini memberikan penampilan yang elegan dan anggun. Sifon biasanya digunakan dalam hijab pesta atau acara formal. Karena sifon tipis, perlu dikenakan dalaman atau undercap untuk menjaga privasi.

Hijab Satin

Ilustrasi Bahan Hijab Satin. (Canva)

 

Satin adalah bahan berkilau yang terbuat dari sutra, polyester, atau campuran keduanya. Hijab satin memberikan sentuhan mewah dan cocok untuk acara-acara khusus. Namun, satin cenderung lebih panas dan kurang breathable dibandingkan dengan katun, sehingga mungkin tidak nyaman untuk penggunaan sehari-hari.

Hijab Jersey

Ilustrasi Bahan Hijab Jersey. (Canva)

 

Jersey adalah bahan yang elastis dan nyaman. Bahan ini sering digunakan dalam hijab instan atau hijab berlengan panjang karena dapat dengan mudah dibentuk. Jersey juga cocok untuk iklim sejuk karena dapat memberikan sedikit kehangatan.

Hijab Voal

Ilustrasi Bahan Hijab Voal. (Canva)

 

Salah satu jenis hijab yang digunakan adalah Hijab Voal. "Voal" adalah kata dalam bahasa Indonesia yang mengacu pada bahan atau kain tipis yang sering digunakan untuk membuat hijab. Hijab Voal terbuat dari kain voal, yang biasanya sangat lembut, ringan, dan memiliki transparansi yang sedang, membuatnya sangat nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Hal yang penting dipertimbangakan dalam memilih bahan hijab yaitu kenyamanan aktivitas sepanjang hari maka dari itu penting memilih bahan yang menyerap keringat. Bahan yang kurang cocok membuat kamu mengalami keringat berlebih yang pastinya sangat mengganggu. Belum lagi pada beberapa bahan justru menahan panas di dalam yang membuat semakin gerah. Memilih bahan hijab dengan tekstur yang ringan. Bahan ringan juga memiliki kecenderungan mudah diatur, lebih tipis dan berpori sehingga memiliki sirkulasi udara yang lancar. Sangat nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas termasuk traveling tanpa khawatir kepanasan.

Kamu bisa memilih bahan voal yang sangat ringan bahkan lebih ringan dibanding katun. Kelebihan lain juga mudah diatur sehingga tidak khawatir tampilan jadi rusak. Namun, kamu perlu menggunakan inner sebagai dalaman hijab karena bahan ini cenderung menerawang. Bahan seperti katun memiliki kemampuan menyerap keringat yang baik. Kamu tidak perlu khawatir dengan keringat berlebih ketika menjalankan aktivitas di siang hari yang panas.

Hijab dengan bahan katun juga cukup mudah ditemukan dengan motif dan warna yang cantik.  Bahan hijab yang bagus dan nyaman untuk digunakan. Kamu bisa menyesuaikan bahan hijab dan model hijab sesuai kebutuhanmu. Apabila kamu memiliki banyak kesibukan di luar ruangan dengan cuaca panas, sebaiknya kamu memilih bahan hijab yang memiliki daya serap yang baik dan ‘adem’ saat digunakan.