5 Cara Atasi Dehidrasi saat Cuaca Panas, Sudah Tahu?

Kamis, 4 Mei 2023 | 21:30:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Atasi Dehidrasi Saat Cuaca Panas, Sudah Tahu?

Ilustrasi Dehidrasi. (Draxe)

Ladiestory.id - Cairan tubuh menjadi hal yang sangat penting ketika cuaca panas. Sebab, pada kondisi ini tak jarang dapat menimbulkan dehidrasi. Oleh karenanya, sangat penting untuk mengetahui cara atasi dehidrasi saat cuaca panas.

Sebab, dalam tubuh terdapat jutaan sel serta organ yang selalu membutuhkan suhu yang normal. Apalagi, ketika cuaca panas kinerja seluruh bagian tubuh menjadi meningkat. Alhasil, cairan tubuh terus berkurang seiring padatnya aktivitas. Apalagi, di tengah cuaca panas semakin cepat menimbulkan rasa haus hingga dehidrasi.

Nah, bagi kamu yang tengah mencari cara atasi dehidrasi saat cuaca panas. Kamu perlu simak lima daftarnya berikut ini. Dijamin anti dehidrasi seharian.

Segeralah Minum saat Haus

Ilustrasi minum air putih. (Special)

 

Ketika cuaca panas, tubuh menjadi mudah merasa dehidrasi. Sehingga, ketika kamu merasa haus segeralah minum. Hal ini pun menjadi pilihan terbaik serta cara atasi dehidrasi dengan ampuh. 

Jika kamu memiliki perasaan cemas, seperti takut terlupa minum air putih ketika kegiatan sangat padat. Kamu dapat menyiasatinya dengan membawa botol minum kemanapun. Selain itu, juga bisa menggunakan aplikasi pengingat minum air yang kini banyak tersedia. 

Mulailah untuk mengkonsumsi air putih sesuai dengan banyaknya aktivitas yang kamu jalani. Jika kegiatan yang dilakukan terhitung berat. Pasanglah pengingat setiap satu hingga dua jam sekali untuk mencegah dehidrasi menghampiri tubuh.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Ilustrasi Minum Air Putih ( instagram.com/alekm_fitnes )

 

Cara atasi dehidrasi saat cuaca panas selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Hal ini dikarenakan, ketika berada di bawah terik matahari tubuh lebih cepat menyerap cairan. Sehingga, sangat perlu untuk terus memenuhi setiap waktu. 

Namun, dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih yang tidak terlalu panas maupun terlalu dingin. Ketika mengkonsumsi air panas, maka hanya akan membuat keringat dari tubuh keluar semakin banyak. Sedangkan, air dingin justru hanya menyegarkan di tenggorokan namun tidak begitu baik untuk kesehatan tubuh.

Ketika kamu tengah beraktivitas, maka suhu tubuh akan mudah naik. Sedangkan, ketika meminum air dingin tubuh justru dipaksakan untuk mengalami penurunan suhu yang drastis. Tentunya, kondisi ini sangat berbahaya Oleh karenanya, paling tepat adalah dengan mengkonsumsi air yang bersuhu sedang atau sejuk.

Rutin Cek Warna Urin

Ilustrasi buang air kecil. (Special)

 

Meski disarankan untuk memperbanyak konsumsi air minum. Namun, tidak berarti kamu harus mengkonsumsinya secara berlebih. Sebab, ketika tubuh mengalami kelebihan cairan justru meningkatkan risiko perut menjadi kembung dan membuatmu harus terus buang air kecil.

Tentunya, kondisi ini sangat menghambat aktivitas mu bukan. Bahkan, membuatmu justru bisa kembali dehidrasi di tengah cuaca yang panas. Supaya kamu mengetahui kebutuhan cairn tubuhmu sudah tercukupi atau belum. Cobalah untuk melakukan pengecekan melalui warna urin ketika buang air kecil. 

Jika warna urin mu terlihat jernih, maka menandakan cairan tubuh terpenuhi dengan baik. Namun, jika berwarna kuning pekat maka menandakan kamu kekurangan cairan tubuh.

Konsumsi Buah Segar

Ilustrasi sajian buah. (Special)

 

Siapa sangka, ternyata dengan mengkonsumsi buah segar dapat menjadi salah satu cara atasi dehidrasi saat cuaca panas. Namun, buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi memiliki kandungan air yang tinggi.

Beberapa contoh buah yang bisa kamu konsumsi seperti jeruk, melon, semangka, nanas hingga belimbing. Selain memiliki kandungan yang tinggi, buah ini pun memiliki kandungan kalori. Sehingga, dapat membantumu untuk mendukung pergantian energi yang telah terbuang saat beraktivitas.

Lengkapi Peralatan saat Hadapi Cuaca Panas

Ilustrasi kipas mini portable. (Special)

 

Cara atasi dehidrasi saat cuaca panas yang terakhir adalah dengan melengkapi peralatan. Tentunya, ketika beraktivitas diluar ruangan paparan sinar matahari sangat mudah mengenai kulitmu. Sehingga, sangat penting untuk menggunakan tabir surya sebagai pelindungnya.

Namun, penggunaan tabir surya juga harus dilakukan secara konsisten tiap dua jam sekali. Supaya lebih maksimal, kamu juga dapat menggunakan beberapa peralatan seperti payung, topi hingga kacamata.

Kamu juga bisa menggunakan baju berlengan panjang yang memiliki bahan ringan serta nyaman. HIndari menggunakan bahan yang tebal dan mudah membuatmu berkeringat, ya.