5 Cara Atasi Kulit Kering yang Benar, Bisa Dilakukan di Rumah dengan Mudah!

Jumat, 10 November 2023 | 09:19:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Atasi Kulit Kering Yang Benar, Bisa Dilakukan Di Rumah Dengan Mudah!

Ilustrasi Kulit Kering. (iStock)

Ladiestory.id - Kamu tentu akhir-akhir ini kerap merasakan cuaca yang sangat panas bukan? Hal ini pun memang tengah banyak terjadi di beberapa kota di Indonesia. Sayangnya, kondisi ini membawa dampak ke kulit yang menjadi mudah kering bahan iritasi. Lalu, bagaimana cara mengatasi kulit yang benar?

Pada artikel kali ini, kami telah merangkum khusus untuk para Ladies. Kamu akan diajak untuk mengetahui sederet tips kecantikan khususnya cara mengatasi kulit yang benar dan bisa dilakukan di rumah negan mudah. Menarik bukan?

Ketika memasuki cuaca yang berbeda, tentu kamu perlu mengevaluasi kembali perawatan kulit sehari-hari. Sehingga, hasilnya menjadi tepat dan kulit senantiasa terawat serta terlindungi. 

Terutama, ketika cuaca panas melanda dan kamu menjadi tidak perhatian pada kulit. Maka, akan muncul berbagai masalah lain seperti iritasi, jerawat hingga kemerahan yang menimbulkan rasa nyeri. Tentu, kondisi ini tidak ingin kamu alami kan?

Nah, daripada berlama-lama. Langsung aja yuk, simak ulasan lengkap mengenai tips dan cara mengatasi kulit kering yang benar. Apalagi, bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah. Berikut ini daftar lengkapnya. 

Bersihkan Wajah dan Oleskan Sunscreen

 

Ilustrasi Sunscreen Wajah. (iStock)

 

Langkah pertama dan penting dari cara mengatasi kulit kering yang benar adalah dengan membersihkan wajah secara teratur. Selain itu, rutin menggunakan sunscreen adalah hal yang wajib. 

Sebab, kedua produk ini dapat membantu kulit terasa segar dan terlindungi sepanjang hari. Adapun anjuran membersihkan kulit adalah sebanyak dua kali sehari di pagi dan malam hari. 

Namun, hindari produk yang mengandung pewangi dan alkohol. Sebab, akan menambah kondisi kulit menjadi kering. Kamu bisa menggunakan jenis produk sabun yang tidak berbusa dna hipoalergenik. 

Sedangkan, untuk sunscreen kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan minimal SPF 30 dan PA+++. Selain itu, perlu juga kandungan pendukung pada tabir surya seperti niacinamide yang dapat mengurangi minyak berlebih serta menyamarkan flek hitam. Gunakan 30 menit sebelum beraktivitas dan ulangi 2-3 jam sekali dengan takaran 2 ruas jari ya. 

Lakukan Eksfoliasi

Ilustrasi Eksfoliasi Wajah. (iStock)

 

Kamu mungkin sering mendengar perawatan kulit dengan eksfoliasi. Sayangnya, tak semua orang dengan rutin melakukannya. Apakah kamu juga salah satunya?

Meski cuaca panas membuat kulit mudah kering. Nyatanya, eksfoliasi tetap menjadi penting. Sebab, membantu mengangkat kotoran, sel kulit mati, maupun debu yang menyumbat pori-pori lebih maksimal. 

Disarankan untuk memiliki jenis produk yang lembut dan tidak menimbulkan peradangan. Kamu bisa memilih jenis produk bertekstur gel, peeling atau clay mask yang tidak memiliki scrub. Sehingga, kulit tetap aman dan pengelupasan sel mati juga lebih maksimal

Gunakan tiap 3 hari sekali. Maka, tekstur kulit akan terjadi, penuaan dini bisa dicegah serta mencerahkan warna kulit dan mencegah munculnya jerawat. Menarik, bukan?

Selalu Menghidrasi Kulit

Ilustrasi Mengeringkan Kulit. (Canva)

 

Cara mengatasi kulit kering yang benar selanjutnya adalah menghidrasi. Pada tahapan ini kamu bisa dengan rutin mengkonsumsi air putih dan menggunakan pelembap. Mudah bukan?

Ketika cuaca menjadi sangat panas dan terik. Tentunya, kulit menjadi lebih banyak mengeluarkan keringat. Sehingga, perlahan tubuh ketinggalan nutrisi hingga mineral yang penting. Nah, cara menghindari hal ini terjadi kamu perlu tidur dengan cukup sebanyak 7 jam per hari dan mengkonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter per hari. 

Selain itu, gunakan pula pelembap yang memiliki kandungan hyaluronic acid berlimpah. Kandungan ini sendiri sangat dikenal sebagai bahan terbaik dalam melembapkan sekaligus mencegah kulit menjadi kering. Uniknya, tidak menimbulkan minyak di wajah dan senantiasa lebap hingga 12 jam ke depan. 

Rutin Lakukan Perawatan Malam Hari

Ilustrasi krim malam (Special)

Meskipun kamu telah melakukan berbagai cara untuk melindungi kulit senantiasa segar di tengah panas terik matahari. Nyatanya, perawatan pada saat malam menjelang tidur menjadi momen yang terbaik. 

Sebab, waktu tersebut merupakan yang terbaik untuk membantu kulit dalam menyembuhkan dan memperbaiki sel maupun teksturnya. Kamu bisa menyebutnya sebagai proses regenerasi sel. 

Oleh karenanya, pada momen ini akmu perlu menggunakan krim malam yang tepat. Pilihlah prodi yang bekerja khusus dalam meningkatkan elastisitas dan meremajakan kulit. Sehingga, di pagi hari kamu bisa merasakan kulit lebih sehat dan bercahaya. 

Gunakan Serum Vitamin C

Ilustrasi perempuan mengonsumsi buah mengandung vitamin C. (Special)

 

Cara mengatasi kulit kering yang benar di urutan terakhir adalah menggunakan serum vitamin C. Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit sehat dan cerah? Tentunya, kamu juga ingin kan?

Nah, salah satu cara yang paling ampuh dengan memasukan serum vitamin C ke dalam perawatan di malam hari. Bahan alami kaya akan antioksidan ini dapat melindungi kulit dari polusi, radikal bebas hingga paparan matahari. Sehingga, mendorong produksi kolagen dan elastin kulit lebih maksimal dan mencegah terjadinya penuaan. Jadi, mau coba kapan nih?