5 Cara Efektif Atasi Ketiak Basah Penyebab Bau Badan

Senin, 30 Januari 2023 | 00:00:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

5 Cara Efektif Atasi Ketiak Basah Penyebab Bau Badan

Ilustrasi wanita ketiak basah. (special)

Ladiestory.id - Ketiak basah dapat menjadi salah satu penyebab bau badan tidak sedap. Ketiak basah biasanya akan terjadi saat kamu melakukan aktivitas berat di luar ruangan sehingga menimbulkan keringat. Selanjutnya keringat yang berlebih jika tercampur dengan bakteri dapat membuat bau badan menjadi tidak sedap.

Selain menimbulkan bau badan tidak sedap, ketiak basah dapat membekas di pakaian. Tentu hal tersebut bisa mengganggu penampilan dan aktivitas harian. Lalu bagaimana cara mencegah dan mengatasinya? Kamu tidak perlu khawatir ladies, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi ketiak  yang basah.

Gunakan Antiperspirant

Ilustrasi wanita menggunakan antiperspirant. (special)

Antiperspirant memiliki kandungan aldehydes, chloride, dan zirconium salts yang telah teruji secara klinis mampu mencegah ketiak untuk berkeringat. Penggunaan antiperspirant jauh lebih efektif dibandingkan dengan deodoran. Sebab, pada dasarnya fungsi dari deodoran adalah untuk meminimalisir bau keringat.

Sehingga tidak bisa mencegah atau mengatasi permasalahan ketiak yang basah karena keringat berlebih. Selain itu, antiperspirant merupakan produk pertama yang telah diklaim mampu mencegah munculnya keringat di ketiak, karena kandungannya yang dapat bekerja langsung pada sel-sel yang memproduksi keringat.

Lakukan Detoks Ketiak

Ilustrasi detoks ketiak. (special)

Jika kamu kurang yakin dengan penggunaan antiperspirant karena mengandung zat kimia. Maka, kamu bisa gunakan cara alami untuk mengatasi permasalahan ketiak basah yaitu dengan detoks ketiak. Melakukan detoks ketiak dipercaya mampu untuk meminimalisir munculnya keringat di area ketiak.

Cara melakukannya cukup mudah, kamu bisa siapkan beberapa bahan yang diperlukan sebagai berikut: cuka apel, minyak kelapa, clay bentonite, dan essential oil. Selanjutnya campurkan semua bahan tersebut sampai teksturnya seperti yogurt. Terakhir oleskan campuran tersebut tipis-tipis ke bagian ketiak secara merata, diamkan sekitar 5 menit, lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan detoks ketiak secara rutin 3 hingga 5 hari sesuai dengan kondisi kulit ketiak masing-masing. Tips ini sangat ampuh dan aman dilakukan, tanpa khawatir munculnya efek samping.

Pilih Baju dengan Bahan yang Aman

Ilustrasi menggunakan pakaian katun. (special)

Selain mengatasi kondisi ketiak yang basah, kamu juga dapat mencegah munculnya ketiak basah dengan cara memilih pakaian dengan bahan yang aman untuk kulit. Kamu bisa pilih pakaian dengan bahan katun yang baik untuk kulit dan nyaman dikenakan.

Selain itu, polyester juga bisa menjadi pilihan yang tepat karena ringan di tubuh, sehingga membuatnya nyaman untuk digunakan. Alternatif lain kamu juga bisa menggunakan pakaian dengan bahan bamboo yang terbukti dapat menyerap keringat.

Kurangi Konsumsi Makanan Pedas

Ilustrasi Cabai. (Special)

Tak hanya memilih bahan pakaian, kamu bisa mencegah terjadinya ketiak yang basah dengan mengurangi konsumsi makanan pedas. Penting untuk diketahui, salah satu penyebab keringat berlebih adalah makanan pedas.

Saat mengkonsumsi makanan pedas secara sadar atau tidak, kamu akan mengeluarkan keringat. Apalagi beberapa jenis makanan seperti paprika, cabai, dan bawang putih dapat menjadi pemicu bau badan tidak sedap. Jadi, sebaiknya mulai dikurangi ya ladies, untuk jenis makanan tersebut.

Gunakan Penyerap Keringat

Ilustrasi menggunakan multi use cotton. (special)

Terakhir, cara efektif untuk mencegah dan mengatasi ketiak basah adalah dengan menggunakan produk penyerap keringat di area ketiak seperti multi use cotton. Kamu bisa menggunakan produk ini dengan cara menempelkan di bagian ketiak untuk menyerap keringat. Sehingga ketiak akan tetap kering, dan bebas bau badan.

Selain itu, terdapat beberapa pakaian yang dirancang menggunakan pad di bagian ketiak yang bisa kamu kenakan agar ketiak tetap kering. Ladies, apakah kamu pernah mengalami permasalahan ketiak basah? Jika iya, maka tidak ada salahnya kamu coba beberapa tips di atas, semoga membantu.