Gak Cuma Ketiak! Ini 5 Penyebab Bau Badan Tak Sedap

Minggu, 26 Februari 2023 | 12:30:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Gak Cuma Ketiak! Ini 5 Penyebab Bau Badan Tak Sedap

Foto: sehatq

Ladiestory.id - Bau badan seringkali menjadi masalah serius bagi sebagian orang. Tak ayal, mandi dan menggunakan deodoran dianggap menjadi jurus ampuh mengatasi permasalahan tersebut. Padahal, masalah bau badan tak sedap tidak hanya dikarenakan keringat berlebih. Beberapa orang bahkan telah berada di ruangan yang sejuk dan dingin. Namun, tetap mengeluarkan bau badan tak sedap. 

Sayangnya, masih banyak orang menganggap bau badan tak sedap dikarenakan oleh keringat. Nyatanya, permasalahan ini disebabkan oleh bakteri yang yang bertemu dengan keringat dan mengubahnya menjadi asam. Bakteri yang sering menjadi penyebab bau badan tak sebab yaitu anaerobik. Nah, bagi kamu yang tengah mengalami masalah bau badan atau orang disekitarmu memiliki hal serupa. Yuk, simak lima penyebab bau badan tak sedap yang perlu kamu tahu.

Obesitas atau Berat Badan Berlebih

Ilustrasi orang obesitas. (Special)

Penyebab bau badan tak sedap satu ini seringkali tidak disadari. Nyatanya seseorang dengan berat badan berlebih atau mengalami obesitas rentan untuk memiliki bau badan tidak sedap. Sebab, bagi orang yang gemuk tentunya banyak pori-pori yang tersembunyi dalam lipatan tubuh.

Tak ayal, hal ini mengakibatkan pori-pori menjadi beruap, hanya hingga berwarna gelap. Sehingga, penyebab inilah yang menjadikan bakteri muncul dan berkembang pesan di area tersebut. Kemudian, bakteri yang ada bertemu dengan keringat yang menimbulkan adanya bau tak sedap keluar dari tubuh.

Berasal dari Makanan yang Dikonsumsi

Ilustrasi makan. (Special)

Penyebab bau badan tak sedap kedua yang sering disepelekan yaitu berasal dari makanan yang dikonsumsi. Ternyata, makanan maupun minuman yang dikonsumsi sangat mudah mempengaruhi aroma pada tubuhmu. Meski nutrisi yang terkandung dalam sajian tersebut baik untuk kesehatan. Namun, ada beberapa zat yang ternyata menjadi penyebab  bau badan tak sedap. 

Misalnya, bawang merah, bawang putih hingga kari merupakan penyebab bau badan yang paling umum. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan zat alisin dalam rempah-rempah yang memicu adanya bau badan tak sedap. Selain itu, beberapa jenis sayuran seperti kubis, brokoli hingga brussels juga membuat keringat yang dihasilkan oleh tubuh memiliki aroma yang tak sedap. Sebab, adanya kandungan sulfur dan sulfida dalam sayuran jenis keluarga cruciferous tersebut. 

Mengalami Infeksi

Ilustrasi Infeksi. (Special)

Penyebab yang ketiga yaitu seseorang mengalami infeksi. Jika kulit mengalami infeksi, maka akan meningkatkan risiko bau badan tak sedap. Sebab, bakteri pada kulit yang mengalami infeksi dapat digunakan sebagai daerah penghasil keringat berurea. Keringat jenis ini yang menjadikan munculnya bau tak sedap pada tubuhmu.

Jadi, bagi kamu yang tengah mengalami infeksi dan memiliki keluhan bau badan tak sedap. Alangkah lebih baiknya segera atasi infeksi untuk menghindari adanya perkembang biakan bakteri mikrooroganisme yang bisa membahayakan. 

Adanya Gangguan Metabolisme

Ilustrasi Gangguan Metabolisme. (Special)

Penyebab bau badan lainnya yaitu adanya gangguan metabolisme. Jika kamu mengalami kondisi trimethylaminuria atau adanya gangguan metabolisme pada tubuh sehingga kehilangan kemampuan mencegah hormon trimetilamina yang ada dalam makanan tertentu. Ketika hormon tersebut tidak dapat terpecah maka keringat, napas hingga urin yang dikeluarkan akan memiliki bau amis yang amat kuat.

Memiliki Penyakit Tertentu

Ilustrasi gula darah. (Special)

Penyebab bau badan yang terakhir yaitu memiliki penyakit tertentu misalnya diabetes. Bagi penderita diabetes tentunya akan kesulitan dalam mengontrol gula dalam drama. Sehingga, untuk mengganti glukosa dalam tubuh dipergunakanlah lemak sebagai bahan bakar. Sayangnya, proses ini justru menghasilkan senyawa asam yang berjumlah cukup banyak.

Asam inilah yang menjadikan tubuh memiliki bau tak sedap. Selain diabetes, beberapa penyakit lain juga dapat menjadi penyebab bau badan tak sedap seperti liver, gagal ginjal, kadar gula darah rendah hingga disfungsi metabolisme.