5 Cara Kreatif Agar Anak Tetap Terhidrasi Selama Cuaca Panas, Wajib Coba Nih!

Sabtu, 9 September 2023 | 16:40:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Kreatif Agar Anak Tetap Terhidrasi Selama Cuaca Panas, Wajib Coba Nih!

Ilustrasi Botol Air Minum dan Anak Kecil. (iStock)

Ladiestory.id - Di cuaca panas yang tengah melanda seperti ini. Kebutuhan cairan tubuh anak merupakan hal penting. Sayangnya, terkadang mereka lebih memilih minuman manis atau dingin yang dianggap segar. Lalu, bagaimana seperti apa cara kreatif agar anak tetap terhidrasi dan mau mengkonsumsi air putih?

Tentunya, ladies kerap bimbang bukan? Ketika sang anak sulit diajak untuk mengkonsumsi air putih di tengah cuaca panas seperti ini.  Alih-alih memenuhi cairan tubuh dengan air putih. Mereka justru lebih suka minum es yang manis atau asam sebagai penggantinya. Padahal, hal ini bisa memicu masalah kesehatan lain.

Mulai dari diabetes, obesitas hingga gagal ginjal akibat kekurangan cairan tubuh. Sehingga, sangat penting untuk memastikan anak selalu terhidrasi dengan mengkonsumsi air putih secara rutin. Melansir dari connecticutchilderns.org, diketahui anak-anak lebih mudah dan cepat mengalami dehidrasi akibat kehilangan cairan melalui area kulit ketika berkeringat. Hal ini berbanding terbalik dengan orang dewasa yang lebih lama mengalami dehidrasi.

Bagi beberapa ahli, jumlah cairan tubuh yang dibutuhkan anak tergantung dengan tubuh dan usianya. Namun, secara umum minimal sebanyak 7 hingga 10 gelas per hari.  Ada beragam manfaat penting dari air putih bagi tubuh anak. Mulai dari menjaga suhu tubuhnya tetap normal, mengangkut nutrisi serta oksigen, dan membuat racun di tubuh.  Lalu, seperti apa cara kreatif agar anak tetap terhidrasi selama cuaca panas yang bisa Ladies lakukan? Nah, daripada lama-lama langsung aja yuk simak sampai akhir!

1. Hias Botol Air Minumnya

Ilustrasi Anak Kecil Minum Air Putih. (iStock)

 

Hal pertama yang bisa kamu lakukan dalam cara kreatif agar anak tetap terhidrasi selama cuaca panas adalah dengan menghias botol minumnya.  Mulailah untuk membeli botol yang sesuai dengan karakter atau kesukaan anak. Misalnya, tema barbie, superhero atau kartun. Meski begitu, kualitas botol juga harus tetap diperhatikan ya. 

Belilah botol yang awet dan tahan lama dengan kapasitas yang pas seperti ukuran 1000 ml atau 1500ml. Selain itu, bisa juga kamu menghiasnya dengan menambahkan tulisan nama anak menggunakan spidol permanen atau stiker yang lucu.

Bagi kamu yang ingin mencari inspirasi gambar atau desain bisa gunakan aplikasi seperti pinterest untuk mencari ide. Dijamin deh, setiap hari anak menjadi lebih semangat dan bahagia setiap kali akan minum. 

2. Berikan Rasa Menyegarkan pada Air

Ilustrasi Infused Water. (iStock)

 

Pada step satu ini, kamu akan membuat anak menjadi tidak mudah merasa bosan ketika diminta mengkonsumsi air putih.  Kamu bisa membuatkan infused water sesekali untuk mengurangi rasa bosannya. Misalnya, kamu bisa menambahkan daun mint, lemon atau timun yang mengerakna. 

Namun, tidak disarankan untuk menambahkan gula ya. Sebab, akan mengubah manfaatnya untuk tubuh. Selain itu, mencegah terjadinya penambahan kalori yang memicu masalah kesehatan lainnya bagi tubuh. 

3. Buatlah Es Krim Rumahan

Ilustrasi Es Krim Rasa Buah. (iStock)

 

Ketika cuaca panas melanda, anak-anak secara otomatis akan lebih menyukai sesuai yang segar dan dingin. Nah, daripada membiarkannya mengkonsumsi produk olahan luar yang belum tentu terjamin kebersihan dan kesehatannya. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. 

Salah satu jenis es krim yang mudah untuk kamu buat adalah es loli yang berisikan buah-buahan segar dengan campuran yoghurt. Sehingga, rasanya sangat segar sekaligus menyegarkan. Kamu bisa menggunakan buah seperti anggur, stroberi atau semangka yang dibukukan. Kemudian, tambahkan yoghurt pasti rasanya membuat anak tak akan bosan!

4. Coba Sajikan Yoghurt dan Smoothie

Ilustrasi Anak Kecil Minum Soomthies. (iStock)

 

Seringkali, anak-anak cepat merasa bosan jika diharuskan minum air putih saja. Nah, ternyata kebutuhan cairan tubuh juga bisa kamu dapatkan dari yoghurt atau smoothie.  Kamu bisa menjadikannya sebagai salah satu sajian menyegarkan di pagi hari atau siang hari. Sehingga, anak senantiasa bersemangat dan tetap terhidrasi sepanjang waktu. 

Kamu bisa mencari banyak referensi menu dari kedua bahan yang menyegarkan ini di YouTube atau sosial media. Dijamin deh, anak suka ibu juga bahagia!

5. Berikan Bekal Camilan Menyehatkan

Ilustrasi Anak Kecil Tersenyum. (iStock)

 

Selain memperhatikan kebutuhan cairan tubuh dengan membekalinya melalui sebotol air putih. Kamu juga bisa menambahkan cemilan menyegarkan supaya anak tetap aktif selama berkegiatan misalnya di sekolah atau bermain.

Selipkan camilan yang kaya akan air di dalam kotak makan yang dibawa oleh sang anak. Misalnya, bawakan buah stroberi di dalamnya, salad buah, atau potongan semangka segar. 

Hal ini juga membantu anak tladiesetap sehat ternutrisi dan terhidrasi selama cuaca panas berlangsung. Yuk, mulai coba!

SUMBER BERITA: 

https://www.connecticutchildrens.org/summer-safety-kit/stay-hydrated-creative-ways/