5 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat Secara Alami, Yuk Cobain!

Senin, 15 Januari 2024 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat Secara Alami, Yuk Cobain!

Ilustrasi Memijat Rambut. (iStock)

Ladiestory.id - Tahukah kamu, ternyata ada cara memanjangkan rambut dengan cepat secara alami lho. Penasaran seperti apa? Yuk, simak pembahasannya kali ini sampai akhir. 

Rambut yang panjang kerap menjadi impian untuk sebagian orang. Apalagi, jika rambut menjadi sehat dan juga terawat. Tak ayal, banyak yang mencoba berbagai produk rambut panjang untuk mempercepat prosesnya. 

Bahkan, kamu tentu kerap melihat beberapa rekomendasi produk yang viral bukan? Mulai dalam bentuk shampo hingga suplemen. Namun, siapa sangka ternyata ada cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan rambut panjang. 

Lalu, sebenarnya apa aja sih faktor yang mempengaruhi pertumbuhan rambut? Mealsnir dari byrdie.com beberapa diantaranya seperti usia, kondisi nutrisi dalam rambut hingga kebiasan hidup sehari-hari. 

Nah,  bagi kamu yang penasaran bagaimana cara untuk mendapatkan rambut panjang dan sehat. Maka, wajib banget simak pembahasannya kali ini sampai akhir!

1. Rutin Memijat Kulit Kepala

 

Ilustrasi Rambut Panjang. (iStock)

 

Cara memanjangkan rambut dengan cepat secara alami yang pertama adalah dengan memijat kulit kepala secara lembut. Dibandingkan kamu menggunakan banyak produk mahal yang menghabiskan uang. Lalu, tidak memberikan efek yang signifikan. 

Maka, inilah waktunya untuk kamu mencoba cara ini. Sebab, kebiasaan memijat kulit tak hanya merangsang pertumbuhan rambut. Namun, juga mengurangi tingkat stress, tekanan darah tinggi hingga menjaga kesehatan jantung. 

Ketika kamu sering memijat rambut, maka akan membantu meningkatkan aliran darah di area kulit kapal, menguatkan akar rambut hingga melancarkan penyerapan nutrisi ke folikel rambut. 

Kamu dapat menggunakan minyak rambut untuk mempermudah cara ini. Selain itu, efeknya bisa lebih maksimal dirasakan. Lakukan minimal satu kali dalam seminggu ya. 

2. Sisir Rambut Kusut dengan Lembut

 

Ilustrasi Menyisir Rambut. (iStock)

 

Siapa nih yang suka kesal saat menyisir rambut yang kusut? Lalu, kamu tanpa sadar menyisirnya secara kasar? Jika kamu sering melakukannya, maka hal ini wajib dihentikan.
Sebab, menyisir rambut dengan kasar bisa menjadikan tiap helaiannya menjadi terbelah dan rusak. 

Oleh karenanya, kamu perlu mengganti kebiasan ini dengan mengatasinya secara lembut. Pilih jenis sisir yang bergigi jarang. Sehingga, bisa membuatmu lebih mudah dalam menguranginya.

Adapun cara terbaik untuk menyisirnya sebelum berkeramas. Cara ini cukup efektif untuk membersihkan ketombe dan mencegah terjadinya masalah kerontokan

3. Gunakan Masker Kuning Telur

 

Ilustrasi Masker Rambut. (iStock)

 

Diketahui, rata-rata rambut manusia akan tumbuh sebanyak ¼ hingga ½ inci setiap bulannya. Meski begitu, ada beragam faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhannya. 

Nah, ternyata ada nih cara memanjangkan rambut dengan cepat secara alami menggunakan masker kuning telur. Sebab, telur mengandung protein serta lesitin yang bekerja dalam nutrisi, memperkuat hingga mencegah kerusakan setiap helai rambut. Tak hanya itu, ada pula kandungan sulfur di dalamnya yang dapat menghilangkan ketombe. 

Cara membuatnya cukup dengan mencampurkan sebutir telur dengan 2 sendok minyak zaitun. Kemudian, tambahkan air secukupnya untuk membuat keduanya tidak terlalu kental. Jika sudah, oleskan masker ke rambut yang kering dan ratakan. Biarkan meresap selama 30 menit dan akhir dengan berkeramas untuk membersihkannya.

4. Konsumsi Makanan Berlemak Sehat

 

Ilustrasi Makanan Sehat. (iStock)

 

Dibandingkan dengan mengkonsumsi suplemen penumbuh rambut, kamu bisa nih mencoba cara yang lebih alami dan telah terbukti efektif. Adapun caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan berlemak sehat.

Kandungan vitamin maupun mineral dalam makanan dapat lebih mudah diserap oleh tubuh tanpa menimbulkan efek samping. Kamu dapat mulai mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak sehat seperti omega-3. Hal ini diraknernakan kandunganya mampu meningkatkan pertumban rmabut dengan lebih baik. 

Adapun contoh makanan yang mengandung omega-3 seperti ikan tuna, salmon, kenari hingga minyak kedelai. Nutrisi ini juga penting untuk menguatkan dan menjaga warna alami rambut. Menarik, bukan?

5. Pangkas Ujung Rambutmu Secara Rutin

Ilustrasi Memangkas Ujung Rambut. (iStock)

 

Terakhir, ada pula nih cara memanjangkan rambut dengan cepat secara alami dengan memangkas ujung rambut secara rutin. Hal ini mungkin terdengar asing bagi sebagian kamu bukan?

Nah, ternyata cara ini dapat menghilangkan ujung rambut yang rusak, kering maupun bercabang. Sehingga, menghasilkan rambut yang tubuh secara sehat serta alami. Jika kamu tidak membiasakan memotong ujung rambut, maka tak ayal bisa terjadi kerusakan lebih parah yang menjalar hingga area batang rambut. 

Adapun cara ini bisa kamu lakukan setiap enam minggu sekali. Selain itu, bagi kamu yang lebih suka memotong rambut secara maksimal untuk mengganti gaya. Maka, dapat dilakukan setiap enam bulan sekali. Jadi, kapan mau mencobanya Ladies? (*)

 

SUMBER BERITA: https://www.byrdie.com/how-to-make-hair-grow-faster-naturally-4686865