5 Cara Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-76 Di Rumah

Kamis, 12 Agustus 2021 | 08:14:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Cara Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-76 Di Rumah

foto:inikerencoy.blogspot.com

Ketika memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, kita telah terbiasa melakukannya dengan melaksanakan upacara tepat pada tanggal 17 Agustus tiap tahunnya. Selain upacara, beragam lomba juga sering diadakan. Hal ini adalah tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia guna merayakan Hari Kemerdekaan.

Momen Perayaan Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia

Hari Ulang Tahun Republik Indonesia itu jatuh pada tanggal 17 Agustus tiap tahunnya, yang diperingati secara besar besaran dari ujung Sabang hingga Merauke.

Tetapi, peringatan yang dilakukan seperti biasa nampaknya tidak bisa dilakukan sebagaimana sama dengan tahun-tahun sebelumnya karena pandemi COVID-19 yang menerpa 1 tahun terakhir ini.

Upacara kemerdekaan yang biasa digelar tiap 17 Agustus pagi di Istana Negara, Jakarta, tahun ini akan dilakukan dengan lebih sederhana, minimalis, dan pasti mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus Corona jenis baru.

Terdapatnya virus COVID-19 yang bisa menyebar dengan mudah ini menyebabkan kita disarankan untuk tetap di rumah bila tidak memiliki kegiatan yang mendesak. Perayaan Hari Kemerdekaan tahun ini memang tidak bisa dirayakan layaknya tahun-tahun sebelumnya, namun bukan berarti kita tidak bisa memperingati Hari Kemerdekaan sama sekali.

Mari kita tetap memperingati dan memeriahkannya meskipun hanya di rumah.

1. Mengikuti upacara bendera dari rumah

Ladiestory.id

 

Peringatan HUT RI yang ke-76 dapat dilaksanakan dengan mengikuti upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih hanya dari rumah. Upacara Pengibaran Bendera Pusaka dilaksanakan di Istana Negara pada tanggal 17 Agustus pagi. Upacara ini bisa dilihat melalui media televisi.

Upacara ini akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara kali ini akan dilaksankan oleh delapan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) saja. Sedangkan upacara penurunan bendera akan dilakukan di sore harinya.

2. Lomba Virtual

Ladiestory.id

 

Lomba dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ini adalah salah satu hal yang paling dinanti nantikan. Beraneka lomba yang umumnya dilakukan antara lain lomba balap karung, panjat pinang, makan kerupuk, dan lomba seru lainnya. Pada masa pandemi ini, memang lomba-lomba tersebut tidak dapat dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Namun jangan sedih, kamu masih tetap dapat melaksanakan lomba secara virtual. Seperti lomba makan kerupuk melalui video call atau lomba membuat video TikTok. Hal ini tentu tidak kalah seru kan?

3. Menggunakan baju merah putih

Ladiestory.id

 

Memperingati Hari Kemerdekaan juga bisa dilaksanakan dengan cara menggunakan baju dengan warna merah putih atau menggunakan baju tradisional. Kamu juga bisa memposting gaya terbaik kamu pada tanggal 17 Agustus di media sosial.

4. Memasang bendera di rumah

Ladiestory.id

 

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan, para warga telah terbiasa untuk memasang bendera merah putih pada halaman rumah mereka. Memasang bendera nyatanya tidak hanya bentuk wujud rasa cinta terhadap tanah air, namun juga sebuah kewajiban yang telah diatur pada Pasal 7 Ayat (3) Undang-undang Nomor 214 Tahun 2009. Meskipun tidak keluar rumah, jangan lupa tetap memasang bendera merah putih pada halaman rumahmu ya!

5. Kegiatan kreatif di rumah

Ladiestory.id

 

Laksanakan beberapa kegiatan kreatif di rumah dengan mengikutsertakan anak dan semua anggota keluarga. Kamu bisa saja menghubungkan setiap kegiatan dengan semangat kemerdekaan.

Seperti membacakan sejarah kemerdekaan, menggambar dengan tema pahlawan, sampai lomba kecil-kecilan lainnya di rumah.

Meskipun hanya di rumah, kamu masih bisa memperingati dan merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia secara meriah dengan caramu sendiri.

Berita Terkait