5 Cara Menghemat Pengeluaran Belanja saat Harga Bahan Pokok Naik

Sabtu, 5 Agustus 2023 | 21:35:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

5 Cara Menghemat Pengeluaran Belanja Saat Harga Bahan Pokok Naik

Ilustrasi Pasangan Berbelanja. (iStock)

Ladiestory.id - Kamu tentu merasakan pernah merasakan efek inflasi, bukan? Terutama di akhir-akhir ini yang menyebabkan banyak harga kebutuhan pokok merangkak naik. Alhasil, kamu sangat memerlukan cara menghemat pengeluaran belanja saat harga bahan pokok naik. 

Sebab, jika kamu tidak mulai menyusun strategi baru. Bisa saja pemasukan yang kamu miliki menjadi tidak pernah cukup. Tentunya, kondisi ini sangat berbahaya bukan?

Nah, sehingga sangat tepat untuk kamu mulai mempelajari beragam tips berikut. Supaya kebutuhan dan makana yang kamu sajikan tetap bergizi dan bermanfaat meski harga terus merangkak naik. Kira-kira apa aja ya cara menghemat pengeluaran belanja saat harga bahan pokok naik?

1. Mulailah Buat Perencanaan

Ilustrasi Daftar Belanja. (iStock)

 

Meski terdengar cukup sulit untuk kamu. Namun, nyatanya  cara menghemat pengeluaran belanja saat harga bahan pokok naik ini efektif. 

Kamu perlu memulai untuk membuat perencanaan belanja yang detail. Hal ini untuk menghindari kebiasaan atau keinginan impulsif ketika berbelanja. Selain itu, cara ini juga membantumu untuk menggunakan apa yang kamu beli dan miliki dengan bijaksana. 

Adapun cara lain yang bisa kamu lakukan dengan membiasakan memasak makanan sendiri atau jika harus membelinya kamu bisa membawanya pulang dan makan bersama anggota keluarga lainnya. 

Melansir dari Helthline, sebuah penelitian menemukan bahwa diperikaraan rata-rata setiap rumah tangga bisa membuang 30% makanan yang dibeli. Hal ini tentunya kabar yang buruk, bukan? Apalagi, di tengah-tengah kenaikan bergam harga bahan pokok semacam ini. 

2. Lebih Selektif dalam Memilih Produk

Ilustrasi Berbelanja. (Pexels)

 

Dibandingkan mengkonsumsi banyak makanan instan atau penuh kalori. Cara menghemat pengeluaran belanja saat harga bahan pokok naik yang tepat yaitu dengan selektif memilih produk yang akan dikonsumsi. 

Dianjurkan untuk mulai mengutamakan kebutuhan nutrisi tubuh melalui buah maupun sayuran. Apalagi, di Indonesia hasil bumi satu ini sangat melimpah dan beragam. Jadi, untuk apa dilewatkan bukan?

Kamu juga bisa memilih produk sayuran atau buah beku yang mengandung banyak antioksidan. Sehingga, lebih tahan lama dan bisa kamu konsumsi dalam jangka panjang. Namun, yang terpenting adalah kamu wajib menghabiskan seluruh bahan yang sudah kamu beli ya supaya tidak terbuang sia-sia.

3. Manfaatkan Diskon

 

Ilustrasi Belanja Diskon. (iStock)

 

Cara menghemat pengeluaran belanja saat harga bahan pokok naik satu ini mungkin kamu sering melupakannya. Padahal, mampu memberikan efek besar pada rencana penghematan lho.

Di Indonesia sendiri pada hari-hari besar maupun akhir pekan banyak supermarket atau minimarket menyediakan potongan harga. Nah, kamu pun bisa banyak mengakses informasi ini. Misalnya, melalui giladiskon.com atau akun sosial media khusus diskon lainnya. 

Kamu juga bisa  mengumpulkan beberapa kupon dari pusat perbelanjaan. Ada pula pilihan lebih mudah berbelanja melalui aplikasi yang tak ketinggalan juga menawarkan berbagai diskon. Jadi, tertarik untuk mencobanya?

4. Masukan Protein pada Kebutuhan Belanja

 

Ilustrasi Belanja Sayuran

 

Ketika harga bahan pokok mulai naik, kamu wajib mencoba mulai memasukan protein pada kebutuhan belanja. Jika biasanya kamu memenuhi kebutuhan protein menggunakan daging. Kamu bisa emnganggitinya dengan pengunaan protein navati misalnya kacang-kacangan, tahu maupun tempe yang memiliki kandungan hampir mirip dengan daging. 

Namun, bisa juga kamu mengganti daging, ayam maupun ikan dengan membeli bagian yang lebih murah. Misalnya pilih bagian paha ayam atau bagian daging sapi yang lebih murah. Sehingga, kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi dan biaya hemat bisa dijalankan dengan baik.

5. Jangan Lupakan Tanggal Kadaluarsa 

 

Ilustrasi Belanja. (iStock)

 

Cara menghemat pengeluaran belanja saat harga bahan pokok naik terakhir adalah jangan lupakan tanggal kadaluarsa. Meskipun kamu tengah berhemat, jangan lupa kan tanggal kadaluarsa produk. Hal ini tetap menjadi penting untuk mencegahmu mengalami keracunan maupun efek samping dari makanan yang sudah berjamur. 

Pastikan kamu selalu melakukan pengecekan tanggal kadaluarsa pada semua produk baik yang akan kamu beli maupun sudah kamu miliki. Sehingga, kamu mengetahui produk tersebut masih segar dan bisa digunakan atau tidak? Selamat mencoba, Ladies!

 

SUMBER BERITA: 

https://www.healthline.com/nutrition/lower-grocery-bill-inflation#5.-Rethink-your-protein-