5 Cara Menghilangkan Bibir Hitam dengan Bahan Alami, Mudah Diterapkan

Rabu, 25 Agustus 2021 | 11:34:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Cara Menghilangkan Bibir Hitam dengan Bahan Alami, Mudah Diterapkan

Foto: Ladiestory.id

Memiliki bibir yang hitam atau gelap akan mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri. Bibir yang hitam bisa terjadi karena hiperpigmentasi.

Cara Menghilangkan Bibir Hitam

Hiperpigmentasi sendiri adalah kondisi yang biasanya tidak berbahaya yang disebabkan karena kelebihan melanin. Timbulnya hiperpigmentasi biasanya karena paparan sinar matahari yang berlebihan, merokok, konsumsi kafein berlebihan, menghisap bibir atau karena alergi lipstik, pasta gigi dan sebagainya.

Untuk menghilangkan bibir yang berwarna hitam, Anda bisa lakukan cara berikut agar bibir kembali merah. Simak ulasannya di bawah ini. Inilah cara alami untuk menghilangkan bibir hitam.

1. Mengoleskan Jeruk Nipis

Foto: Ladiestory.id

 

Jeruk nipis adalah jenis buah jeruk lainnya yang juga memiliki sifat produksi anti-melanin. Cara menghilangkan bibir hitam dengan jeruk nipis ini cukup mudah dilakukan, yaitu dengan menyiapkan 1,5 sendok teh air jeruk nipis segar, 1 sendok teh madu, 1 sendok teh gliserin, campur semua bahan tersebut dengan rata dan  oleskan campuran tersebut dengan lembut ke bibir sebelum tidur. Keesokan harinya  cuci bibir, ulangi cara tersebut hingga bibir hitam benar-benar hilang.

2. Mengoleskan Gel Lidah Buaya

Foto: Ladiestory.id

Gel lidah buaya ternyata dapat juga digunakan untuk menghilangkan bibir hitam, karena mengandung senyawa penghambat produksi melanin. Adapun cara mengatasi bibir hitam dengan lidah buaya ini adalah dengan mengoleskan tipis selapis saja gel lidah buaya pada bibir. Lakukan hanya 1 kali dalam sehari dan ulangi hingga  bibir hitam hilang.

3. Mengoleskan Jus Mentimun

Foto: Ladiestory.id

 

Cara berikutnya untuk menghilangkan bibir hitam adalah dengan menggunakan mentimun yang diolah menjadi jus. Caranya dengan menghaluskan mentimun dengan blender lalu dinginkan dalam lemari es.

Setelah dingin gunakan bola kapas untuk mengoleskan jus mentimun pada bibir Anda. Diamkan selama 30 menit dan bilas bibir dengan air dingin.

4. Mengoleskan Pasta Kunyit

Foto: Ladiestory.id

Kunyit juga ternyata memiliki manfaat untuk menghilangkan bibir hitam, caranya adalah dengan menjadikan kunyit sebagai pasta. Campurkan 1 sendok makan susu cair dan bubuk kunyit secukupnya lalu aduk hingga menjadi pasta.

Gosokan pasta kunyit pada bibir dengan menggunakan ujung jari yang basah. Diamkan sekitar 5 menit dan bilas dengan air dingin, setelah bibir kering oleskan pelembab yang biasa Anda pakai.

5. Mengoleskan Lemon

Foto: Ladiestory.id

 

Cara lainnya untuk menghilangkan bibir hitam adalah dengan mengoleskan lemon, lemon dapat bertindak sebagai penghambat melanin penyebab hiperpigmentasi.

Cara menghilangkan bibir hitam dengan lemon ini cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan potongan lemon sambil menggosoknya dengan lembut, lakukan setiap malam sebelum tidur.

Keesokan paginya bilas bibir dengan air dingin ulangi setiap malam hingga bibir hitam benar-benar hilang. Mungkin Anda akan butuh waktu 30 hari melakukannya. 

Nah, itulah ladies cara menghilangkan bibir hitam dengan alami dan pastinya aman tanpa efek samping yang bisa menimbulkan alergi atau reaksi lainnya pada bibir. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait