5 Cara Hilangkan Kemerahan di Wajah

Minggu, 26 Desember 2021 | 06:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Cara Hilangkan Kemerahan Di Wajah

Ilustrasi wajah kemerahan. (Special)

Ladiestory.id - Pernah kah muka menjadi merah ketika merasa malu, marah, dan stres? Hal ini tergolong wajar sebab aktivitas sistem saraf simpatis yang berfungsi untuk mempercepat denyut jantung, menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah bekerja keras.

Namun bagaimana dengan wajah merah dengan kondisi lama? Bahkan disertai dengan kondisi bintik atau rasa gatal. Hal ini bisa disebabkan karna alergi terhadap obat-batan tertentu. Ataupun kondisi ini bisa disebabkan dari jerawat dan kulit wajah yang sensitif.

5 Cara Hilangkan Kemerahan di Wajah

Ilustrasi wajah kemerahan. (Special)

Pastinya, wajah kemerahan membuat tidak percaya diri dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, coba lakukan lima cara menghilangkan kemerahan di wajah di bawah ini.

1. Kompres dengan Air Dingin

Ilustrasi es batu. (Special)

Cara menghilangkan kemerahan di wajah yang pertama adalah mengompres wajah dengan air dingin atau es. Suhu dingin membantu mengatasi kemerahan pada wajah akibat ruam dan peradangan.

Meski begitu jangan gunakan es langsung menyentuh kulit. Lapisi terlebih dahulu es dengan kain bersih atau pakai icepack.

2. Menggunakan Salep atau Krim 

Ilustrasi penggunaan krim. (Special)

Menggunakan salep atau krim yang digunakan sebagai pengganti losion menjadi salah satu cara menghilangkan kemerahan di wajah. Ada perbedaan antara penggunaan krim dan losion. Untuk kulit kering dan sensitif, lebih baik menggunakan krim karena memberikan pelindung yang lebih berat agar kulit tetap terhidrasi.

Losion cepat diserap oleh kulit dan direkomendasikan untuk kulit normal. Itu juga bisa digunakan selama bulan-bulan musim panas.

3. Menggunakan Tabir Surya dengan SPF Kulit

Ilustrasi sunscreen. (Special)

Kulit kemerahan akibat perubahan cuaca atau perubahan cuaca musim panas dapat diatasi menggunakan tabir surya dengan SPF tinggi. Penting untuk diketahui, hindari paparan sinar matahari yang berlebihan saat menggunakan produk skincare dengan kandungan retinoid atau retinol.

4. Mengoleskan Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya. (Special)

Cara menghilangkan kemerahan di wajah adalah dengan lidah buaya. Ada beberapa produk kecantikan yang mengandung gel lidah buaya, yang bisa membantu mengurangi kemerahan, iritasi, dan peradangan. Lidah buaya mengandung sifat anti-inflamasi untuk mengatasi hal tersebut.

5. Lakukan Eksfoliasi dan Hindari Scrub

Saat mengalami kulit sensitif, kulit dapat mengelupas yang menyebabkan iritasi dan kemerahan. Kamu dapat melakukan chemical eksfoliasi, namun tanpa menggunakan scrub. Scrub tidak disarankan oleh dokter kulit karena dapat membuat kulit semakin kering dan memperparah iritasi.