1. Health
  2. 5 Cara Mudah Atasi Kecemasan Meski Kamu Tengah Kelelahan
Health

5 Cara Mudah Atasi Kecemasan Meski Kamu Tengah Kelelahan

5 Cara Mudah Atasi Kecemasan Meski Kamu Tengah Kelelahan

Ilustrasi kelelahan. (Healthline)

Ladiestory.id - Apakah kamu tengah mengalami rasa cemas yang tengah menghampiri? Jika iya, maka kamu perlu menyimak pembahasan mengenai cara mudah mengatasi kecemasan meski kamu tengah kelelahan kali ini. 

Rasa khawatir tentu bisa terjadi kepada siapa pun. Sayangnya, jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, tingkatnya akan semakin parah dan bisa memengaruhi kesehatan tubuhmu. 

Apalagi, sejak munculnya covid-19 ketika kehidupan menjadi tidak menentu. Kamu pun merasakan kecemasan yang semakin meningkat, bukan? Belum lagi, kini kondisi perekonomian, karir maupun asmara bagi sebagian orang mengalami stuck moment yang membuat pusing kepala.

Meskipun begitu, di sisi lain hidup harus terus berjalan dan kamu pun perlu untuk menghadapinya. Nah, supaya kondisi ini tidak terus-menerus terjadi padamu dan meningkatkan kecemasannya. Berikut ini adalah panduan untuk kamu yang dilansir dari Self.com. Yuk, simak Ladies!

Buat Rutinitas Pagi yang Menenangkan

Ilustrasi Bangun Pagi. (Freepik.com)

 

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menemukan kedamaian di pagi hari melalui rutinitas. Jika biasanya setelah bangun tidur kamu segera mengecek email atau notifikasi aplikasi sosial mediamu, kamu perlu mengubahnya. 

Sebab, kondisi ini bisa menyebabkan tubuh melepaskan hormon kortisol serta  adrenalin yang menimbulkan beberapa gejala fisik seperti jantung berdebar hingga keringat. 

Sehingga, sangat disarankan untuk kamu mulai menciptakan kedamaian di pagi hari usai bangun tidur. Kamu dapat memulainya dengan bermeditasi atau sekedar melamun selama 5-10 menit untuk menenangkan pikiran. 

Bersikap Lembut pada Diri Sendiri

Ilustrasi Self Love. (Freepik)

 

Cara mudah mengatasi kecemasan berikutnya yaitu dengan bersikap lembut pada diri sendiri. Bagi sebagian dari kamu mungkin ini adalah hal yang sulit.

Apalagi, jika kamu lebih sering mengkritik diri sendiri baik dari sisi kehidupan, pekerjaan maupun hubungan sosial. Jika ini terus terjadi, kamu akan kesulitan berpisah dengan kecemasan.

Oleh karenanya, mulailah untuk bersikap lembut pada diri sendiri. Misalnya, hari ini kamu sudah menyelesaikan pekerjaanmu dengan baik. Namun, nyatanya ada beberapa kesalahan yang di luar kehendakmu.

Maka kamu bisa mengatasinya dengan mengatakan kepada diri sendiri “Tidak apa-apa, besok kita bisa mencoba lebih baik”. Meski terdengar sepele, nyatanya cara ini bisa membantumu untuk lebih menerima diri sendiri dan tidak membiarkan berlarut dalam kecemasan akibat hal-hal di luar kendalimu.

Coba untuk Berkata Tidak

Ilustrasi Me Time. (Special)

 

Follow our
media updates!

Apakah kamu sering mengatakan “iya” pada ajakan seseorang? Misalnya, pergi ke pesta pada menit-menit terakhir acara akan dimulai?

Kemudian, kamu kerap merasa, jika menolaknya akan terasa mencemaskan karena kamu memikirkan perasaan orang tersebut dan takut akan kehilangan teman?

Jika iya, maka kebiasaan ini harus kamu hentikan. Tidak ada salahnya, lho, untuk mulai mengatakan tidak. Apalagi, ketika kamu membutuhkan waktu sendiri dan ingin berada di ruangan yang tenang. 

Kamu bisa mengisi waktu ini dengan mendengarkan musik yang kamu sukai, memasak makanan favoritmu hingga menonton film kesukaanmu. Lakukan cara ini ketika kamu membutuhkan ruang sendiri. Sehingga, kecemasan bisa berkurang dan kamu kembali bersemangat.

Lakukan Olahraga Ringan Setiap Hari

Ilustrasi Wanita Sedang Berolahraga. (Canva)

 

Ada pula cara mudah mengatasi kecemasan dengan melakukan olahraga ringan setiap hari. Ada banyak sumber yang mengatakan bahwa dengan rutin berolahraga maka akan membantu menurunkan stres.

Nah, kamu bisa memulainya dengan melakukan gerakan ringan, seperti stretching, berjalan ringan di sekitar rumahmu hingga bersepeda santai.

Cara ini bisa kamu lakukan di pagi hari untuk hasil yang lebih maksimal. Namun, tidak disarankan mencobanya pada malam hari. Sebab, akan menimbulkan kesulitan untuk tidur dan justru meningkatkan kecemasan.

Evaluasi Hubungan Sosial Mediamu

Ilustrasi Bermain Social Media. (iStock)

 

Apakah kamu sering melakukan scrolling di media sosial? Kemudian, tanpa sadar waktu telah berlalu begitu saja?

Meski begitu, kamu merasakan efek rasa cemas yang terus berlanjut? Jika iya, maka kamu perlu melakukan evaluasi.

Kamu dapat mencari tahu seberapa sering dan lamanya menghabiskan waktu di media sosial. Kemudian, jika dirasa terlalu lama maka kamu bisa melakukan pengaturan pembatasan waktu.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk menyembunyikan aplikasi media sosial dari layar utama ponsel. Jika dirasa cara tersebut masih kurang maksimal, kamu bisa mulai untuk menghapus aplikasi tersebut.

Hal ini bisa membantu mengurangi rasa kecemasan dan menjadikan diri lebih tenang. Menarik, bukan?

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel