5 Cara Mudah Cerahkan Kulit Secara Alami, Semua Bahan Ada di Rumah!

Selasa, 7 Mei 2024 | 18:04:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Mudah Cerahkan Kulit Secara Alami, Semua Bahan Ada Di Rumah!

Ilustrasi Kulit Wajah. (iStock)

Ladiestory.id - Ada sebagian orang yang menginginkan kulit putih serta mulus. Namun, tahukah kamu ada cara mudah mencerahkan kulit secara alami? Jika belum, maka ini waktu yang tepat untuk kamu menyimaknya. 

Kulit secara alami memproduksi pigmen melanin yang memberikan warna pada kulit. Namun, tingkap polusi, paparan sinar matahari sehingga bakteri menjadikan produksi melanin bertambah secara berlebihan. Alhasil, kulit tampak kusam dan kecokelatan. 

Nah, selain menggunakan produk pemutih seperti krim atau handbody. Ternyata, ada juga cara alami yang aman dan bisa kamu coba. Sebab, bahan yang kamu butuhkan ada di rumah dan bisa ditemukan dengan mudah. 

Lalu, apa aja sih bahan yang bisa digunakan? Bagi kamu yang penasaran, wajib banget nih simak pembahasanya sampai akhir ya!

Pepaya dan Madu

Ilustrasi pepaya. (Special)

 

Cara mudah mencerahkan kulit secara alami yang pertama adalah campurkan pepaya dengan madu. Kedua bahan ini memiliki kandungan yang unik dan penuh nutrisi. 

Pepaya sendiri mempunyai kandungan utama berupa enzim papain yang efektif dalam membersihkan kulit, mengangkat sel kulit mati hingga menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat. Adapun madu sendiri memiliki kandungan berupa anti inflamasi dan pelembab alami. 

Hal ini sangat efektif dalam mengatasi kulit kering dan kusam. Sehingga, tampak lebih cerah dan sehat dibandingkan sebelumnya. 

Bagi kamu yang ingin mencobanya, perlu untuk menghaluskan ¼ buah pepaya. Setelahnya, campurkan dengan 2 sendok madu dalam mangkuk yang sama.

Aduk hingga keduanya tercampur dan menjadi kalis. Maka, kamu bisa mengoleskan masker ke wajah dan biarkan meresap selam 20 menit. Terakhir, bilas dengan air hingga bersih. 

Tepung Beras dan Susu

Ilustrasi Tepung Beras. (iStock)

 

Kamu mungkin cukup asing dengan penggunaan tepung beras sebagai masker wajah bukan? Namun, siapa sangka bahan alami ini merupakan pilihan perawatan yang sudah banyak digunakan wanita Asia seperti Korea Selatan, Jepang hingga China sejak bertahun-tahun lamanya. 

Sebab, ada kandungan berupa asam fitat yang membantu menjadikan wajah lebih glowing dan terhindar dari kerusakan akibat radikal bebas. Adapun susu tinggi kadar asam laktat dan protein di dalamnya menjadikan kulit lebih cerah dan lembab. Alhasil, dengan penggunaan yang rutin memberikan flek kulit lebih sehat dan terawat. 

Kamu cukup menggunakan 2 sendok tepung beras, 1 senodk susu bubuk putih dan air sekucknyap. Aduk seluruh bahan hingga tercampur dan menjadi kalis. 

Berikutnya, oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit. Terakhir, kamu bisa membilasnya dengan air hingga bersih. Mudah, bukan?

Alpukat dan Wortel

Ilustrasi alpukat. (Special)

 

Cara mudah mencerahkan kulit secara alami berikutnya yaitu menggunakan alpukat dan wortel. Kedua bahan alami ini memiliki kombinasi kandungan yang unik. 

Wortel sendiri memiliki kandungan berupa beta karoten. Kandungan ini merupakan antioksidan yang membantu mencerahkan kulit dan memperbaiki teksturnya. 

Adapun alpukat sendiri kaya kan vitamin E dan lemak sehat yang membantu melawan penyumbatan pada pori-pori dan bakteri penyebab jerawat. Ketika keduanya digabungkan maka akan menjadikan wajah glowing dan awet muda. 

Pertama, kamu perlu merebus 1/1 buah wortel terlebih dahulu. Kemudian haluskan dan campurkan dengan ½ buah alpukat yang sudah dihaluskan sebelumnya.

Kemudian, tambahkan air mineral sekcukya dan aduk emrata. Lanjut, oleskan masker ke wajah secara dan diamkan selama 15 menit. Jangan lupa, setelahnya akhiri dengan membilas wajah menggunakan ai hingga perih. 

Air Lemon dan Madu

Ilustrasi madu dan lemon. (Special)

 

Selanjutnya, ada juga nih campuran air lemon dan madu. Dua bahan alami ini memiliki kandungan alami yang memutihkan secara alami. Kamu bisa menggunakan bahan yang segar untuk mendapatkan hasil lebih maksimal. 

Sebagai informasi, air lemon kaya akan kandungan berupa vitamin C serta antioksidan. Sedangkan, madu memiliki sifat anti inflamasi dan antibakteri. Kedua bahan alami ini kemudian bekerja secara maksimal dalam mencerahkan, mengurangi bintik hitam hingga mencegah munculnya jerawat. 

Adapun cara buatnya sangat mudah, lho. Pertama, campurkan 1 sendok air lemon dengan 2 sendok madu murni ke dalam mangkuk. 

Lanjut, aduk keduanya hingga tercampur sempurna. Kemudian, oleskan ke wajah yang sudah dibersihkan. Jangan lupa, diamkan selama 20 menit dan akhiri dengan membilasnya menggunakan air hingga bersih. 

Yoghurt dan Kentang

Ilustrasi irisan kentang. (Special)

 

Cara mudah mencerahkan kulit secara alami yang terakhir adalah mencampurkan yogurt dengan kentang. Mengapa begitu?

Tak banyak yang tahu, kentang merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin C serta antioksidan, Keduanya bekerja secara maksimal dalam memutihkan kulit dan menghilangkan sel kulit mati.

Sedangkan, yogurt kaya akan kandungan asam laktat dan vitamin B Kompleks. Kombinasi inilah yang kemudian menjadikan kulit lebih cerah dan mencegah tanda penuaan seperti garis halus. 

Adapun caranya, kamu perlu menghaluskan ½ buah kentang terlebih dahulu. Ketika sudah membentuk tekstur bubur, tambahkan 1 sendok yoghurt dan aduk merata. 

Lanjut, oleskan racikan masker ke wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, akhiri keprawtan ini dengan membilasnya menggunakan air hingga bersih.

Kamu bisa mencoba salah satu cara mudah mencerahkan kulit secara alami di atas secara rutin. Cukup gunakan sebanyak dua sampai tiga kali dalam tiap minggunya ya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!