5 Cara Pulihkan Tubuh Setelah Terinfeksi Covid-19

Minggu, 6 Februari 2022 | 00:01:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

5 Cara Pulihkan Tubuh Setelah Terinfeksi Covid-19

Ilustrasi Virus Covid-19. (Special)

Ladiestory.id - Pandemi Covid-19 masih terus menghantui lapisan masyarakat di seluruh dunia. Terinfeksi Covid-19 dapat membuat seseorang merasa lelah dan lemah. Dalam beberapa kasus, kelemahan ini dapat bertahan untuk waktu yang lama hingga mengakibatkan masalah lain.

Tiga penyebab utama kelelahan pasca-Covid-19 dapat diidentifikasi sebagai kekurangan nutrisi, viral load yang tinggi, dan stres yang berlebihan. Untuk mencegah hal ini, Kamu harus merawat tubuh dengan baik dan memberikan perhatian ekstra.

Berikut beberapa langkah sederhana yang dapat Kamu ambil untuk meningkatkan pemulihan dari infeksi Covid-19 seperti yang dilansir dari BoldSky Online.

Tetap Makan Secara Perlahan

Ilustrasi perempuan tidak napsu makan. (Special)

 

Menurut para ahli, seseorang harus memulai dengan berpuasa dan membiarkan pencernaannya meningkat secara bertahap. Kemudian, asupan makanan harus ditingkatkan secara bertahap. Mulailah dengan makan makanan ringan dan hangat dengan lemak baik sampai pencernaanmu pulih.

Tingkatkan asupan protein dalam dietmu untuk meningkatkan proses pemulihan tubuh. Sertakan makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, telur, ikan, dan unggas. Kamu juga bisa mengonsumsi dua sendok teh sattu (19 gram protein) setiap hari. Tetap terhidrasi saat pulih dari penyakit adalah hal yang paling penting. Air membantu dalam distribusi nutrisi dalam tubuh serta pembuangan racun melalui keringat dan urin

Terus Berolahraga

Ilustrasi Olahraga Sit Up. (Special)

Berbagai ahli telah menekankan pentingnya olahraga dalam rutinitas kita sehari-hari. Beberapa bagian tubuh mungkin terasa pegal saat berolahraga secara teratur. Meskipun merasa lelah atau lemah, seseorang harus terus berolahraga.

Sebagai alternatif, individu harus terlibat dalam beberapa jenis aktivitas fisik, berjalan, atau berlatih Yoga. Latihan Yoga menyembuhkan tubuh yang tertekan Covid-19 sejauh itu memperkuat semua bagian dalam tubuh, meningkatkan kekebalan dan mengurangi kelelahan. Berjalan atau joging juga dapat memberikan keajaiban untuk membangun stamina.

Konsumsi Vitamin C Secukupnya

Ilustrasi vitamin C. (Special)

Vitamin C memainkan peran penting dalam perjalanan menuju pemulihan selama Covid-19. Ketika sistem pencernaan tidak berfungsi secara optimal, seseorang tidak boleh membebani sistem mereka dengan Vitamin C dan buah jeruk untuk mendapatkan kembali kekebalan.

Istirahatkan Pikiran dan Tubuh

Ilustrasi tidur nyenyak. (Special)

Tidur nyenyak, latihan pernapasan, dan meditasi adalah cara terbaik untuk menenangkan pikiran setelah terpapar virus corona. Perhatikan jam tidurmu dan pastikan kualitas tidurmu baik.

Hindari Merokok dan Minum Alkohol

Ilustrasi minuman beralkohol yang menyebabkan mabuk

Merokok dan minum alkohol merupakan faktor risiko infeksi Covid-19, karena keduanya memiliki efek merugikan pada kemampuan tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri.