5 Cara Rawat 'T-Zone' yang Berminyak Menurut Ahli

Kamis, 25 Januari 2024 | 09:09:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

5 Cara Rawat 'T-Zone' Yang Berminyak Menurut Ahli

Ilustrasi T-zone. (Freepik)

Ladiestory.id - Memiliki kulit dengan tipe kombinasi tentu memerlukan treatment khusus, terutama pada bagian t-zone yang selalu berminyak. T-zone sendiri terdiri dari dahi, hidung, dan dagu yang merupakan area rentan terhadap minyak berlebih, jerawat, dan komedo.

Meskipun mengelola t-zone yang berminyak bisa membuat frustasi, namun hal ini bukan tidak mungkin. Dilansir dari Byrdie Online, seorang ahli kecantikan memberikan tips terbaik untuk mengurangi minyak di bagian t-zone, yang di antaranya sebagai berikut.

Cuci Wajah Secara Teratur

Ilustrasi T-zone. (Freepik)

Jika memiliki kulit kombinasi dengan t-zone berminyak pembersihan adalah bagian dari rutinitas harian.

Cucilah muka secara rutin, minimal dua kali sehari. Hal ini akan membantu mencegah penumpukan minyak berlebih di kulit, serta menghilangkan kotoran yang menumpuk sepanjang hari.

Coba Tabir Surya Bubuk

Ilustrasi T-zone. (Freepik)

Kamu dapat mengurangi minyak di area t-zone dengan bantuan tabir surya berbentuk bubuk daripada menggunakan formula cair atau semprot. Kendati demikian Julia Siegel ang merupakan dokter kulit bersertifikat mengatakan, dalam hal perlindungan, tabir surya bubuk sepertinya tidak cukup.

“Beberapa bedak yang mengandung SPF mungkin tidak cukup kental untuk melindungi kulit sepenuhnya, jadi mungkin ada gunanya juga menggunakan lotion tabir surya di bawahnya,” katanya Julia Siegel.

Gunakan Kertas Penyerap Minyak

Ilustrasi T-zone. (Freepik)

Mengurangi minyak pada area t-zone juga dapat dilakukan dengan menggunakan kertas penyerap minyak. Hal ini tentu sangat praktis jika kamu ingin mengurangi minyak saat berada di tempat-tempat yang ramai.

Jika dalam keadaan darurat, kamu juga bisa menggunakan serbet atau tisu toilet untuk menghilangkan minyak berlebih di area t-zone.

Eksfoliasi Kulit Teratur

Ilustrasi T-zone. (Freepik)

Cara lain untuk membantu melawan kelebihan sebum dan menghilangkan penumpukan minyak di area t-zone adalah dengan melakukan eksfoliasi.

Eksfoliasi kulit secara teratur, sekitar dua hingga tiga kali seminggu, akan membuat kulitmu menjadi teregenerasi.

Perhatikan Bahan Makeup

Ilustrasi T-zone. (Freepik)

Saat merawat t-zone yang berminyak, produk skincare bukanlah satu-satunya hal yang perlu dipertimbangkan, produk makeup-mu juga harus diperhatikan.

Hindari riasan yang mengandung silikon dan minyak mineral, karena akan menyumbat pori-porimu. Pilihlah produk makeup yang bebas minyak atau berbahan dasar air.