5 Cara Tingkatkan Energi Sepanjang Hari, Mudah Dilakukan Kapan Saja!

Sabtu, 20 Januari 2024 | 10:03:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Tingkatkan Energi Sepanjang Hari, Mudah Dilakukan Kapan Saja!

Ilustrasi perempuan kerja. (iStock)

Ladiestory.id - Bagi sebagian orang, beraktivitas di pagi hari terkadang cukup menantang dan melelahkan. Kerap kali, masih terbawa suasana mengantuk atau energi yang menurun. Alhasil, kopi atau teh menjadi andalan untuk memulai hari.

Padahal cara ini tidak memberikan hasil yang signifikan.  Sehingga, beberapa jam kedepan kamu pun akan kembali merasa lelah. Tentunya, hal ini tidak ingin kamu alami secara terus-menerus bukan?

Oleh karenanya, sangat penting untuk menemukan solusi dalam mengatasinya. Nah, supaya kamu tidak bingung, apa aja, sih, yang harus dilakukan? Ini dia daftar lengkapnya yang sudah dirangkum dari healthshots.com

Mulai Hari dengan Gerakan dan Sinar Matahari

Ilustrasi Wanita Sedang Berolahraga. (Canva)

 

Cara meningkatkan energi sepanjang hari yang pertama yaitu memulai hadir dengan melakukan beberapa gerakan dan mendapat sinar matahari. Meskipun terdengar sepele, sayangnya tak banyak orang yang rutin melakukan ini. 

Adapun gerakan yang bisa kamu lakukan cukup sederhana misalnya, meregangkan tubuh atau sekedar berjalan 10 menit di sekitar lingkunganmu. Hal ini dapat membantu memompa dan mengalirkan endorfin. 

Selain itu, ketika tubuh diterpa oleh sinar matahari. Maka, akan lebih banyak energi yang bisa kamu miliki. Bahkan, turut menyelaraskan ritme sirkadian tubuh dan mencegah terjadinya mood swing yang kerap mengganggu. 

Utamakan Protein Saat Sarapan

Ilustrasi reset routine. (Special)

 

Siapa, nih, yang suka melewatkan sarapan? Jika kamu orangnya, maka ubahlah mulai sekarang. Ternyata, hal ini bisa menjadikan terjadinya ketidakseimbangan gula darah. 

Apabila dibiarkan, maka akan menimbulkan penurunan energi yang cukup signifikan. Alhasil, kamu pun menjadi kehilangan energi serta fokus saat bekerja. 

Oleh karenanya, mulailah dengan menikmati sepiring sarapan untuk memulai hari. Namun, perhatikan kandungan protein di dalamnya. Cukup dengan 20-30 gram protein dalam setiap porsi kecil. Maka kamu telah mencegah terjadinya penurunan gula darah. Selain itu, menunda rasa lapar sering terjadi yang memicu mengkonsumsi makanan manis.

Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Ilustrasi makan siang di kantor. (Special)

 

Cara meningkatkan energi sepanjang hari berikutnya adalah mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Tubuh selalu membutuhkan bahan bakar untuk senantiasa berenergi dengan maksimal. 

Oleh karenanya, makanan yang bergizi dan seimbang menjadi hal yang penting. Sehingga, aliran darah dalam tubuh menjadi lancar serta menjaga stabilitas gula darah. Kamu juga terhindar dari keinginan menikmati sepiring camilan manis.

Tak hanya itu, kamu juga perlu mengkombinasikan berbagai bahan terbaik setiap waktu makan. Beberapa diantaranya seperti, protein, karbohidrat, sayuran, buah hingga lemak sehat. Makanan semacam ini dapat bertahan hingga 3-4 jam ke depan sebelum rasa lapar kembali muncul. 

Jangan Lupakan Istirahat

Ilustrasi Wanita Tidur. (Freepik)

Meskipun kamu milik segudang aktivitas harian, jangan lupakan untuk beristirahat. Hal ini dapat membantu memulihkan tenaga. Tenang aja, ada banyak hal mudah yang bisa kamu lakukan. 

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan, seperti berjalan ke ruangan lain atau di sekitar kantor, mengisi ulang botol air,  atau sekadar mencuci muka. Hal ini sangat baik apalagi bagi kamu yang banyak bekerja di depan layar. 

Hindari terlalu lama fokus di depan layar komputer atau pekerjaanmu fokus. Sebab, bisa memicu kelelahan mental maupun fisik. 

Selain contoh di atas, kamu juga dapat melakukan rutinitas peregangan yang bisa dimasukan ke waktu saat beristirahat. Selain mengembalikan energi, cara ini juga bisa mengembalikan dan menjaga postur tubuh senantiasa bugar. 

Kurangi Kafein dan Perbanyak Air Putih

Ilustrasi Minum Air Putih. (Freepik.com)

 

Cara meningkatkan energi sepanjang hari yang tak boleh ketinggalan adalah mengurang jumlah kafein. Namun, memperbanyak air putih untuk hidrasi tubuh. 

Jika kamu terpaksa mengkonsumsi secangkir kopi untuk mencegah kantuk. Maka, wajib untuk meminum segelas air sebelum atau sesudah mengonsumsi kafein. Hal ini dapat membantu mengurangi dehidrasi, sembelit atau gas di perut.

Selain itu, pastikan mengonsumsinya tidak lebih 2-3 cangkir dalam sehari ya. Lalu, batasi waktu konsumsinya pada pukul 3 sore. Sehingga, tidak mengganggu jam tidurmu di malam hari.