5 Film Romantis Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton Saat Valentine

Kamis, 15 Februari 2024 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Film Romantis Sepanjang Masa Yang Wajib Ditonton Saat Valentine

Film Romantis Sepanjang Masa. (Special)

Ladiestory.id - Merayakan bulan penuh cinta yang diperingati setiap tanggal 14 Februari atau dikenal sebagai hari Valentine merupakan salah satu momen yang tepat merayakan cinta, perhatian, dan kasih sayang ditujukan kepada pasangan, teman, keluarga, atau bahkan menonton film romantis favorit sepanjang masa dengan beragam alur kisah sedih, bahagia serta menguras emosi.

Bagi kamu yang ingin merayakan hari Valentine dengan cara sederhana dengan bersantai di rumah sambil menikmati film  romantis saat Valentine, bisa menjadi salah satu momen menyenangkan. 

Berikut ini lima film romantis sepanjang masa yang wajib ditonton saat Valentine seperti yang telah Ladiestory.id rangkum.

“Titanic” (1997)

“Titanic” (1997). (Instagaram.com/titanicmovie)

 

Lahir dari ketertarikan James Cameron terhadap kisah tenggelamnya sebuah kapal fenomenal pada masanya membuatnya terinspirasi untuk menghadirkan kisah “Titanic”. 

“Titanic” adalah salah satu film roman tragis yang tidak pernah kehilangan daya tariknya. Pemenang 11 Academy Awards ini berhasil mengamankan posisi pertama sebagai film terlaris sepanjang masa hingga tahun 2010, kisah Jack dan Rose terus membuat para penontonnya menangis dan tersenyum di waktu yang bersamaan dan memaksa mereka untuk percaya bahwa  di saat-saat yang singkat, cinta sejati dapat memberi kita keberanian untuk melewati malam yang paling gelap.

Namun, skala film yang menakjubkan ini tidak pernah menutupi keintiman yang ada di dalamnya, dan Leonardo DiCaprio serta Kate Winslet mengubah “Titanic” menjadi film romantis sepanjang masa  terbesar di bioskop. Fakta menariknya  selama masa kejayaan” Titanic” di box office, film ini menjual tiket paling banyak pada Hari Valentine 1998 dua bulan setelah pertama kali diputar di bioskop.

Di satu sisi, ada Rose DeWitt Bukater yang berusia 17 tahun salah satu wanita tercantik pada masanya yang ikut dalam pelayaran perdana RMS Titanic pada tahun 1912 bersama keluarga  dan tunangannya yang kaya, Cal Hockley. Di sisi lain, ada Jack Dawson  seorang seniman kelas bawah yang memenangkan permainan poker dan mendarat di kapal. Ketika keduanya bertemu, mereka menjalin persahabatan dan akhirnya jatuh cinta sebelum tragedi yang terkenal itu terjadi dan memisahkan mereka selamanya.

“Bridget Jones’s Diary” (2001)

“Bridget Jones’s Diary” (2001). (Pinterest.com)

 

Film perdana karya sutradara Sharon Maguire menjadi salah satu film yang berhasil bertransformasi menjadi waralaba yang dicintai. Film ini mengisahkan Bridget Jones, seorang wanita lajang berusia 30-an yang tinggal di London.  

Ia memiliki kebiasaan mencatat kemenangan dan perjuangan hariannya dalam buku diary pribadinya. Hal-hal yang menyangkut pria mendapat tempat khusus di halaman-halaman terbaiknya. Saat tahun baru dimulai, Jones bertekad untuk mencari pacar, dia disergap oleh tidak hanya satu tapi dua pria yang menawan sekaligus.

“Bridget Jones's Diary” telah menemukan daya tarik universal berkat karakter utama Renée Zellweger yang brilian, lucu, tidak sempurna dan disukai yang membuatnya mendapatkan nominasi Academy Award. 

Karakternya memiliki petualangan cinta yang paling berantakan dan tanggapannya terhadap komplikasi tersebut sangat tepat. Sebuah spin yang menarik dan kocak dari novel “Pride and Prejudice” karya Jane Austen, film ini benar-benar memahami apa artinya kebingungan akan gagasan cinta.

“The Notebook” (2004)

“The Notebook” (2004). (Pinterest.com)

 

Berlatar belakang Pulau Seabrook, Carolina Selatan, pada tahun 1940-an. “The Notebook” menceritakan tentang kisah cinta yang memilukan antara pekerja pabrik bernama  Noah Calhoun dan Allie Hamilton seorang pewaris kaya yang ditemuinya di sebuah karnaval. 

Selama musim panas, mereka saling jatuh cinta. Setelah menghadapi ketidaksetujuan dari ibu Allie yang protektif, ia meninggalkan Seabrook dan memilih seorang pelamar yang terhormat sementara Noah ikut berperang. Namun waktu dan keadaan memberikan kesempatan kedua bagi hubungan mereka.

Hanya sedikit kisah cinta yang memiliki kemampuan untuk menyentuh  dan menenangkan hati. Bahkan  hampir semua film adaptasi Nicholas Sparks bersertifikat sebagai film yang menguras air mata. Dibintangi oleh Ryan Gosling dan Rachel McAdams, “The Notebook” bercerita tentang gairah, kerinduan dan tekad yang begitu teguh untuk menerima setiap hantaman takdir.

Meskipun kedua aktor ini jauh dari segala hal yang berhubungan dengan Amerika tahun 1940-an, hubungan mereka yang mencolok dan kepribadian mereka yang menarik menarik mampu membuat para penonton hanyut ke dalam esensi film tentang cinta yang murni. 

Secara keseluruhan “The Notebook” akan membuat kamu terlarut dalam kisahnya yang pilu serta dipenuhi dengan  tangis dan sukacita. Film ini juga cocok untuk ditonton di Hari Valentine ini. Film ini merayakan ulang tahun ke-20 tahun perilisannya  dan tetap sama kuat sekaligus  mengharukannya bagi para penonton seperti saat pertama kali diputar di bioskop.

“Valentine’s Day” (2010)

“Valentine’s Day” (2010). (Pinterest.com)

 

“Valentine’s Day” adalah sebuah film  komedi romantis  yang menampilkan beberapa individu dengan alur cerita yang saling terkait, diantaranya adalah seorang penjual bunga yang hanya ingin seseorang untuk berbagi bunga, seorang guru sekolah dasar yang menjalin hubungan dengan seorang pria beristri dan banyak lagi.

Film yang disutradarai oleh Garry Marshall ini memiliki satu tujuan  untuk menampilkan realitas cinta yang beragam yang dapat kita semua pahami. Dengan menghadirkan tawa dan emosi didalamnya serta menghadirkan para pemainnya yang terdiri dari aktor-aktor papan atas seperti Julia Roberts, Bradley Cooper, Kathy Bates, Topher Grace, dan Anne Hathaway mampu mengangkat kehidupan realistis yang terjadi di masyarakat ke dalam berbagai pengalaman  hidup seperti kisah  pernikahan yang panjang hingga menemukan kembali cinta yang lama.

Film “Valentine’s Day” memiliki kualitas yang berbeda untuk mengingatkan kepada seseorang  tentang kenangan V-Day dalam hidup. Secara keseluruhan, film ini menyampaikan pesan yang mengharukan tentang kebersamaan dan keajaiban yang kita temukan saat bersama orang lain dan orang yang paling kita cintai.

“La La Land” (2016)

“La La Land” (2016). (Instagram.com/lalaland)

 

“La La Land” adalah film drama musikal romantis yang memberikan penghormatan kepada masa keemasan Hollywood dengan sentuhan modern. 

Film ini berpusat pada berbagai tahap percintaan antara calon aktris Mia (Emma Stone) dan musisi jazz Sebastian (Ryan Gosling) yang melewati pasang surut dalam mengejar impian mereka di Los Angeles sebaik mungkin. 

Namun, ketika mereka semakin dekat dengan tujuan mereka, kemudian  mereka menyadari bahwa berada di jalan yang sama sekali berbeda dan harus segera mengambil keputusan yang sulit.

Dengan set yang rumit dan palet warna yang cerah, film “La La Land” karya sutradara Damien Chazelle menceritakan kisah cinta yang memilukan dengan latar belakang yang indah. 

Belum lagi, lagu-lagu dari film ini seperti “City of Stars” kemungkinan besar memiliki tempat permanen di daftar putar penggemar, mengingatkan mereka akan pesan emosional dari film perpisahan ini tentang apa yang akan dilakukan orang demi cinta.

Sumber :

https://movieweb.com/valentines-day-movies-2023-ranked/#the-philadelphia-story-1940

https://collider.com/highest-rated-romantic-love-films-ever-ranked-imdb/