5 Jenis Spetu Hak yang Paling Nyaman Menurut Ahli

Rabu, 21 Februari 2024 | 00:00:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

5 Jenis Spetu Hak Yang Paling Nyaman Menurut Ahli

Ilustrasi sepatu hak tinggi. (Special)

Ladiestory.id - Sepatu hak atau high heels menjadi salah satu item fashion jugga kebutuhan para wanita dalam berbusana. Namun, tidak semua wanita merasa nyaman memakai sepatu hak.

Bukan tanpa alasan, banyak yang berpikir menggunakan sepatu hak akan memberikan rasa sakit, meskipun membuat penampilan terlihat sempurna. Dilansir dari Byrdie Online, seorang ahli mengatakan bahwa tubuh manusia memang tidak dirancang untuk memakai sepatu hak tinggi.

Kalkaneus (tulang tumit) dan talus (tulang pergelangan kaki) mausia jauh lebih besar daripada tulang phalangeal dan kepala metatarsal kaki depan (bola kaki) yang lebih kecil. Artinya, sepatu hak tinggi menciptakan tekanan fokus dan dampak berulang pada struktur yang lebih kecil, seperti bola kaki, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan cedera.

Namun, untuk kamu yang ingin tetap mengenakan sepatu hak tapi tetap merasa nyaman, ini lah jenis sepatu hak yang bisa kamu kenakan.

Platforms

Ilustrasi Platforms. (Byrdie.com)

Ingin menghilangkan stiletto yang tidak nyaman dari rutinitas harianmu tetapi belum siap untuk mengucapkan selamat tinggal pada ketinggian? Maka jenis sepatu hak platforms adalah jawabannya.

Jenis ini bisa menjadi jalan tengah yang nyaman. Platforms dapat memiliki nada efektif yang lebih rendah dari tinggi keseluruhannya.

Block Heels

Ilustrasi Block Heels. (Byrdie.com)

Block heels adalah alternatif chic untuk stiletto dan menawarkan keserbagunaan yang cocok dipadukan dengan pakaian apapun, melengkapi setelan oversize, payet dari ujung kepala hingga ujung kaki, dan preppy chic. Block heels juga memberikan peningkatan stabilitas berkat luas permukaan yang diperluas.

Open-Toed Shoes

Ilustrasi Open-Toed Shoes. (Byrdie.com)

Pernahkah kamu mengenakan sepatu hak yang menurutmu pas, tetapi jari-jari kakimu menjerit? Sayangnya, hal tersebut merupakan pengalaman yang cukup standar, karena mengenakan sepatu hak tinggi akan menekan jari-jari kaki, menyebabkan kuku jari kaki yang besar tumbuh ke dalam kulit dan akhirnya menyebabkan kuku kaki tumbuh ke dalam.

Untuk hal ini, disarankan untuk menggunakan sepatu berujung terbuka guna mencegah stres dan mengurangi tekanan pada jari kaki.

Flatforms

Ilustrasi Flatforms. (Byrdie.com)

Bentuk datar ada di mana-mana, dan berkat kenyamanan serta gayanya, maka tidak heran mengapa bentuk datar begitu populer. Jika kamu bertanya-tanya perbedaan antara sepatu ini dan platform biasa, bentuk datar memiliki sol yang tebal seperti sepatu platform, namun perbedaannya adalah solnya rata-rata tanpa perbedaan tinggi antara jari kaki dan tumit seperti pada platform tradisional sepatu.

Sepatu flatform memiliki desain dengan dan tanpa penyangga pergelangan kaki, yang menurut ahli lebih aman daripada memakai sepatu hak tinggi. Namun ia mencatat, memiliki penyangga pergelangan kaki lebih baik, terutama jika kamu menderita ketidakstabilan pergelangan kaki atau berencana untuk banyak berjalan dan membutuhkan lebih banyak stabilitas.

Low Heels

Ilustrasi Low Heels. (Byrdie.com)

Semua ahli merekomendasikan sepatu hak setinggi dua inci atau lebih rendah karena, mengenakan sepatu hak tinggi akan menggeser berat badan secara tidak wajar ke depan hingga ke bagian depan telapak kaki dan mengubah seluruh tubuhmu.

Hak tinggi juga akan memaksa lutut dan pinggul bergeser ke depan sementara punggung terlalu memanjang ke belakang. Dampak serius dan jangka panjang dari perubahan biomekanik ini beragam, termasuk jari palu, bunion, kerusakan kuku kaki, pemendekan tendon Achilles, masalah lutut, pinggul, dan punggung, serta radang sendi.