5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Selama Puasa Ramadan, Dijamin Anti Lemas!

Minggu, 26 Maret 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Selama Puasa Ramadan, Dijamin Anti Lemas!

Ilustrasi sahur. (Special)

Ladiestory.id - Momen Ramadan tentunya sangat berkesan bagi seluruh umat Muslim. Sebab, merupakan waktu yang tepat untuk fokus dalam beribadah serta menjalankan berbagai sunnah sesuai tuntunan agama.

Sayangnya, justru banyak yang merasa lemas ketika menjalani puasa Ramadan terutama di siang hari. Seringkali, kondisi ini disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi tidak mengandung gizi yang seimbang.

Padahal, makanan yang disajikan selama bulan Ramadan tetap harus memperhatikan nilai gizi dan nutrisinya bagi tubuh. Sehingga, tubuh selalu sehat, bugar dan anti lemas dalam menjalani aktivitas seharian. Lalu, apa saja ya makanan yang bisa membuatmu menjadi anti lemas selama puasa?

Nah, bagi kamu yang penasaran. Yuk, simak lima makanan yang wajib dikonsumsi selama puasa Ramadan yang dijamin anti lemas. Berikut daftarnya dibawah ini.

Kurma 

Ilustrasi buah kurma. (Special)

 

Makanan yang wajib dikonsumsi selama puasa Ramadan pada urutan pertama adalah buah kurma. Tentunya, buah ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian dari kamu. Karena, buah kurma dianggap sebagai favorit Rasulullah SAW ketika menjalani puasa Ramadan. 

Selain itu, ternyata kurma memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Salah satunya yaitu membantu tubuh lebih berenergi saat siang hari dan membuatmu terhindar dari rasa lemas. Hal tersebut dikarenakan kadar gula alaminya yang cukup tinggi memunculkan efek kenyang lebih lama. Bagi kamu yang ingin mengkonsumsinya, disarankan makan sebanyak 1 hingga 3 buah kurma saat sahur maupun berbuka.

Sayuran dan Buah

Ilustrasi sayur dan buah. (Special)

 

Tentunya, sayuran dan buah merupakan jenis makanan yang tidak boleh dilewatkan ketika sahur maupun berbuka. Sebab, kandungan didalamnya sangat beragam. Mulai dari zat besi, aneka jenis vitamin, serat hingga mineral.

Bagi kamu yang ingin menyajikan sayuran dan buah dalam bentuk menu makanan yang lezat. Buatlah menu salad sebagai asupan yang tepat dan sempurna. Kandungan nutrisi maupun serat didalamnya efektif membuat tubuh terhidrasi sepanjang hari dan anti lemas saat beraktivitas.

Produk Susu Sehat

Ilustrasi susu. (Special)

 

Makanan yang wajib dikonsumsi selama puasa Ramadan selanjutnya adalah produk susu sehat. Hal ini dikarenakan kandungan kalsiumnya yang efektif untuk memberikan energi bagi tubuh. Selain susu, kamu juga dapat mengkonsumsi yoghurt dalam jumlah yang cukup ketika sahur.

Selain itu, produk susu tersebut juga dapat kamu sajikan dalam bentuk smoothies yang mengenyangkan. Misalnya dengan mencampurkan susu dengan jenis buah yang kamu sukai misalnya pisang. kamu juga dapat memilih sayuran hijau seperti granola atau bayam untuk sajian smoothies yang lezat.

Nutrisi Karbohidrat Kompleks

Ilustrasi Karbohidrat Kompleks. (Special)

 

Tubuh tentunya membutuhkan karbohidrat kompleks untuk mengubahnya menjadi energi. Namun, karbohidrat kompleks juga memiliki kelebihan berupa jumlah serat yang banyak dan lebih lama dicerna oleh tubuh. Sehingga, menghasilkan energi yang lebih banyak dan efek kenyang lama.

Kamu dapat menemukan berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat komplek. Beberapa diantaranya seperti nasi merah, pisang, jagung, oat, ubi, kacang-kacangan hingga wortel. Ketika mengkonsumsinya dengan teratur, maka kamu akan terhindar dari merasa lemas ketika beraktivitas seharian. Usahakan menyediakan makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks ketika sahur.

Makanan yang Kaya Akan Protein

Ilustrasi makanan mengandung protein. (Special)

 

Makanan yang wajib dikonsumsi selama puasa Ramadan pada urutan terakhir yaitu kaya akan protein. Ketika seseorang mengkonsumsi protein lebih banyak, maka akan meningkatkan rasa perut kenyang yang lebih lama. Selain itu, tubuh juga menjadi lebih berenergi ketika di siang hari.

Melansir dari Healthwire, Telur merupakan salah satu sumber protein yang tidak boleh dilupakan.Selain itu, kamu juga dapat mengkonsumsi makanan seperti ikan, tempe, tahu, kacang-kacangan hingga daging rendah lemak yang juga kaya akan protein. Pilihan bahan makanan tersebut dapat kamu sajikan saat sahur maupun berbuka.