5 Manfaat Ceramide untuk Kulit Wajah

Rabu, 27 Oktober 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Manfaat Ceramide Untuk Kulit Wajah

Foto: CNN Indonesia

Ladiestory.id - Salah satu komposisi dalam produk skincare yang sedang naik daun adalah ceramide. Beberapa produk perawatan kulit ternama juga saling mengeluarkan produk dengan kandungan ceramide. Terutama brand perawatan kulit wajah asal Korea Selatan.

Apa itu Ceramide?

Ceramide adalah lipids alias lemak yang dihasilkan secara alami pada kulit. Ceramide adalah golongan asam lemak yang sering dicampurkan dalam produk perawatan kulit atau skincare.

Nah, 50% dari komposisi kulit adalah ceramide. Inilah yang membuat ceramide memiliki peran penting dalam melindungi kulit.

Bersama dengan kolesterol dan free fatty acids, ceramide mengikat sel-sel kulit menjadi satu, membentuk lapisan pelindung yang menahan kelembapan, membuat kulit menjadi kenyal, Selain itu juga menjaga kulit dari bakteri dan ancaman-ancaman kulit lainnya.

Kalian akan menemukan ceramide dalam bentuk cair dan paling sering dalam pelembap, tapi juga biasa digunakan dalam pembersih, toner dan serum. Biasanya dikombinasikan dengan bahan aktif, seperti retinoid dan glycolic acid yang memungkinkan penetrasi ceramide lebih dalam.

Ceramide di Kulit Akan Semakin Memudar

Nah, memasuki usia 30 tahun, maka kulit akan kehilangan sekitar 40% ceramide kulit. Makanya tidak heran jika seiring bertambahnya usia, paparan sinar matahari, dan penggunaan produk skincare yang terlalu keras bisa membuat kualitas dan kuantitas ceramide pada kulit berkurang.

Jika ceramide berkurang, skin barrier bisa rusak, menyebabkan kulit kering, kasar, iritasi, dan dehidrasi. Nah, penggunaan skincare dengan kandungan ceramide bisa membantu mencukupi kadar ceramide pada kulit jadi kulit tetap lembap, terhidrasi, kenyal, dan kencang.

Apa saja Manfaat Ceramide?

Di bawah ini beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan dari adanya ceramide.

1. Membantu Menjaga Kelembapan Kulit

manfaat ceramide
Foto: sehatq

Salah satu manfaat ceramide yakni menjaga kulit agar terhidrasi sehingga tampilannya tampak lembap dan tidak kering. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ceramide bekerja dengan menahan dan mengunci air pada lapisan kulit.

Tanpa ceramide, kulit bisa kehilangan air sehingga akan mengalami dehidrasi, kekeringan, serta iritasi. Ceramide juga memperbaiki dan memperkuat lapisan kulit yang berfungsi untuk mengembalikan zat pelembap kulit.

2. Memperlambat Tanda-Tanda Penuaan Kulit

manfaat ceramide
Foto: anewskinmedspa

Manfaat ceramide yang tak kalah penting adalah memperlambat kemunculan tanda-tanda penuaan kulit, seperti garis halus dan kerutan yang kerap muncul bila kulit terlalu kering.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada perempuan berusia 20 tahun, mengoleskan produk skincare yang mengandung ceramide dapat membantu memperkuat fungsi pelindung kulit sehingga kulit tampak lebih lembut dan awet muda. Dengan ini, tanda-tanda penuaan dapat berkurang.

3. Membantu Mencegah Jerawat

manfaat ceramide
Foto: Ladiestory.id

Jerawat bisa timbul karena adanya minyak berlebih dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Maka dari itu, kulit sangat membutuhkan peran lapisan pelindung guna mencegah berbagai bakteri dan kotoran masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam.

Dengan manfaat ceramide yang dapat memperkuat lapisan pelindung kulit, bakteri dan zat asing lainnya pun akan terhalangi.

4. Menenangkan Masalah Kulit Tertentu

Selanjutnya, manfaat ceramide untuk kulit adalah menenangkan kondisi kulit tertentu, seperti eksim atau psoriasis. Memang, belum jelas keterkaitan antara kadar ceramide dengan risiko masalah kulit.

Walau begitu, sebuah studi yang dimuat dalam Skin Pharmacology and Physiology menyebutkan bahwa penderita eksim atau psoriasis memiliki kadar ceramide pada kulit yang cenderung rendah.

Mengoleskan skincare berbentuk topikal (oles) diyakini dapat menenangkan kondisi kulit yang iritasi atau meradang sekaligus menambah perlindungannya. Namun, manfaat ceramide untuk kondisi kulit satu ini mungkin masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

5. Baik untuk Kulit Sensitif

manfaat ceramide
Foto: kumparan

Manfaat ceramide untuk kulit sensitif juga dipercaya ada nyatanya. Kulit sensitif adalah jenis kulit yang kering, tidak terhidrasi dengan baik, serta dapat bereaksi terhadap produk perawatan kulit.

Salah satu penyebab kulit sensitif adalah kurangnya kelembapan yang seharusnya berfungsi melindungi kulit. Nah, penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung ceramide dapat menjaga kelembapan dan mengurangi sensitivitas kulit.

Inilah pengertian dan manfaat ceramide untuk kulilt.

Jika kamu ingin memasukkan ceramide ke dalam rutinitas perawatan kulit, maka direkomendasikan untuk menggunakan pelembap yang mengandung ceramide setiap hari. Untuk hasil terbaik, gunakan produk tepat setelah mandi dan mencuci wajah untuk mengunci kelembapannya.