5 Manfaat Silaturahmi saat Lebaran, Mulai dari Kesehatan Fisik hingga Mental

Sabtu, 29 April 2023 | 08:30:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Manfaat Silaturahmi Saat Lebaran, Mulai Dari Kesehatan Fisik Hingga Mental

Ilustrasi Silaturahmi saat Lebaran. (Special)

Ladiestory.id - Silaturahmi merupakan salah satu kegiatan yang tak lepas dari momen lebaran. Sayangnya, tak banyak orang yang mengetahui manfaat silaturahmi saat lebaran untuk kesehatan fisik dan mental. Padahal, informasi semacam ini sangat bagus untuk memberikan motivasi serta semangat ketika melakukan silaturahmi.

Bahkan, silaturahmi juga termasuk kedalam salah satu amalan yang baik untuk dikerjakan pada bulan Syawal. Sebagaimana janji Allah SWT yang akan melapangkan berkah hingga rezeki kepada hamba-Nya yang menjalankan silaturahmi. Baik dengan berkunjung secara langsung atau sekedar melalui media sosial. 

Melansir dari NU Online, silaturahmi memiliki manfaat secara syariat sebagai amalan yang mampu membantu menyambungkan hal yang sempat putus. Bahkan, menjadi sarana pengampunan dosa oleh Allah SWT kepada siapa saja yang mengerjakan silaturahmi.

Nah, supaya lebih mengenal manfaat silaturahmi saat lebaran bagi kesehatan fisik hingga mental. Yuk, simak lima daftarnya berikut ini.

1. Kurangi Resiko Stres serta Cemas

Ilustrasi Silaturahmi saat Lebaran. (Special)

Manfaat silaturahmi saat lebaran yang pertama yaitu untuk mengurangi risiko stres serta cemas yang berlebih. Meningkatnya tekanan hidup hingga masalah yang dialami seringkali membuat seseorang rentan mengalami permasalahan dalam kesehatan mental. Sehingga, memicu terjadinya rasa cemas hingga stres yang berlebihan.

Sebuah penelitian juga menemukan kecemasan atau stres yang dialami anggota keluarga dewasa dapat memberikan pengaruh pada kualitas mental anggota yang termuda.

Sehingga, dibutuhkan resiliensi untuk mengatasi permasalahan ini. Resiliensi sendiri merupakan kemampuan diri seseorang untuk melakukan penyesuaian dalam sebuah lingkungan. 

Oleh karenanya, untuk mengatasi stres dan kecemasan yang berlebihan seseorang memblurkan kegiatan yang meningkatkan kemampuan komunikasi. Silaturahmi pun dapat menjadi pilihan yang tepat.

Sebab, seseorang akan melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan orang lain yang dianggapnya dekat. Obrolan tersebut pun akan mengarah pada hal-hal yang seru dan meringankan kan seseorang dari beban stres.

2. Tingkatkan Imunitas Tubuh

Ilustrasi Silaturahmi saat Lebaran. (Special)

Sering melakukan interaksi sosial dengan orang lain juga mampu meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini pun menjadi salah satu manfaat silaturahmi saat lebaran. Sebab, ketika melakukan silaturahmi tubuh menjadi memiliki banyak hormon yang bereaksi.

Salah satu fungsi dari hormon yaitu mengatur suasana hati seseorang dan meningkatkan berbagai perasaan positif yang mampu membuat diri menjadi lebih bahagia. Adapun hormon yang beraksi seperti dopamin, endorfin oksitosin, hingga serotonin.

Tak hanya memberikan perasaan positif,hormon juga mampu membantu manusia dalam mempelajari berbagai hal baru dan mengembalikan kemampuan daya ingat. Bahkan, bagi beberapa peneliti silaturahmi juga menjadi seseorang menjadi lebih berumur panjang.

3. Cegah Demensia dan Tingkatkan Kemampuan Otak

Ilustrasi Silaturahmi saat Lebaran. (Special)

Melansir dari hasil studi Journal of Biomedical Science pada tahun 2018, ditemukan bahwa terdapat banyak manfaat bersosialisasi bagi kesehatan otak manusia.

Seseorang yang aktif melakukan sosialisasi maka dapat memiliki daya ingat dan kemampuan kognitif yang lebih baik dibandingkan dengan tidak melakukannya.

Selain itu, melalui bersosialisasi kamu pun terlatih dalam mengingat wajah, nama hingga hal menarik seputar orang terdekat. Bahkan, cara ini pun mampu meminimalkan risiko terkena penyakit demensia dalam jangka waktu yang ajang.

4. Bantu Tingkat Kemampuan Memecahkan Masalah

Ilustrasi Silaturahmi saat Lebaran. (Special)

Manfaat silaturahmi saat lebaran yang perlu kamu tahu selanjutnya adalah membantu meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah. Sebab, kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk mencurahkan isi hati sebagai upaya mendapatkan pencerahan.

Berbagai topik pembicaraan yang menarik dan seru pun membuatmu dapat terbebas dari beban pikiran. Bisa saja, dalam satu bahan obrolan terselip solusi yang sedang kamu butuhkan atau pencerahan yang dapat membantumu.Namun, hindari untuk bergosip ya. Sebab, hanya akan merusak suasana lebaran yang suci dan penuh berkah.

5. Mempererat Hubungan Kekeluargaan

Ilustrasi Silaturahmi saat Lebaran. (Special)

Manfaat silaturahmi saat lebaran yang terakhir adalah mempererat hubungan kekeluargaan. Sebab, ketika bersilaturahmi tentunya kamu juga akan saling bermaaf-maafan dengan sanak saudara lainnya. Selain itu, timbul perasaan yang bahagia dan positif. 

Tak hanya itu, silaturahmi juga dapat membantu memperluas rezeki. Bisa saja, sanak saudara atau teman terdekat yang kamu kunjungi justru memberi kesempatan rezeki yang baru. Misalnya, mengajak berbisnis bersama atau memiliki proyek yang ditawarkan kepadamu. 

Sehingga, tak hanya bahia, positif dan harmonis saja. Namun, silaturahmi uga semakin menguatkan dan mempererat hubungan kekeluargaan.

Inilah lima manfaat silaturahmi saat lebaran yang baik bagi kesehatan fisik hingga mental. Semoga, momen spesial ini juga menjadikan diri kita semakin bertakwa kepada Allah SWT. Selamat lebaran dan mohon maaf lahir batin, Ladies!