5 Masalah Kulit yang Kerap Muncul Saat Puasa, Pernah Mengalaminya?

Sabtu, 1 April 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Masalah Kulit Yang Kerap Muncul Saat Puasa, Pernah Mengalaminya?

Ilustrasi Masalah Kulit (Special).

Ladiestory.id - Ladies, selama menjalankan ibadah puasa kondisi kulit dan tubuh pun kerap mengalami berbagai masalah dan perubahan.  Selain tubuh yang mudah mengalami kekurangan cairan dan dehidrasi, berbagai masalah kecantikan kulit pun kerap dialami diantaranya kulit kering dan kusam.

Tak hanya itu terdapat lima masalah kulit yang kerap dialami oleh banyak orang saat berpuasa yang sebaiknya dapat kamu perhatikan dan rawat kecantikannya selama menjalani ibadah puasa, berikut diantaranya.

1. Kulit Kering dan Dehidrasi

Ilustrasi Kulit Kering (Special).

Yup, salah satu masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang saat menjalankan ibadah puasa ialah kondisi kulit tubuh yang kering dan dehidrasi. Hal ini bisa saja disebabkan karena tubuh kurang mengonsumsi banyak cairan selama menjalankan ibadah puasa.

Nah, untuk mencegahnya tentu kamu harus lebih banyak mengonsumsi asupan cairan tubuh dengan minum sebanyak 8 gelas per harinya, kamu pun bisa menerapkan metode 2-4-2 yakni 2 gelas saat sahur, 4 gelas untuk berbuka puasa dan 2 gelas sebelum tidur.

2. Kulit Kusam

Ilustrasi Kulit Kusam (Special).

Selain masalah kulit tubuh yang kering dan dehidrasi, masalah kulit kusam pun kerap dialami oleh seseorang saat menjalankan ibadah puasa.

Selain masalah tubuh yang dapat disebabkan oleh kekurangan cairan, faktor pola hidup dan makanan dan minuman yang dikonsumsi juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Alangkah lebih baiknya saat berbuka puasa ataupun mengonsumsi makanan saat sahur kamu dapat menghindari makanan yang mengandung terlalu banyak minyak atau gorengan. Nah, kamu pun bisa perbanyak konsumsi buah dan sayur untuk memenuhi asupan nutrisi dan cairan bagi kulit dan tubuhmu, Ladies.

3. Kulit Bersisik

Ilustrasi Kulit Bersisik (Special).

Masalah kulit lainnya yang terjadi pada saat puasa ialah kondisi kulit bersisik. Kulit bersisik bisa disebabkan oleh seseorang yang sering melakukan aktivitas fisik di luar ruangan saat berpuasa.

Untuk mensiasatinya kamu pun dapat menghindari terlalu banyak kontak dengan matahari langsung terlalu lama, kamu pun dapat menggunakan self protector seperti sunscreen dan pelembap untuk menjaga kondisi kulitmu selama berpuasa.

4. Bibir Pecah-pecah

Ilustrasi Bibir Kering (Special).

Masalah kulit lainnya yang kerap dialami oleh seseorang saat sedang berpuasa ialah bibir kering dan pecah-pecah. Tentu hal ini dapat disebabkan karena tubuh kekurangan asupan cairan dan kulit menjadi kering hingga dehidrasi.

Masalah bibir kering dan pecah-pecah sering dianggap sepele oleh sebagian orang, padahal kenyataannya jika dibiarkan terlalu lama dapat memperburuk kondisi bibir dan membuat penampilanmu menjadi kurang menarik.

Nah, untuk mensiasatinya kamu pun dapat mengaplikasikan lip balm dengan kandungan SPF yang baik bagi kondisi bibirmu serta kondisi bibir dapat terlindungi dari sinar UV.

5. Jerawat

Ilustrasi Kulit Berjerawat (Special).

Selain kondisi kulit kering dan pecah-pecah, masalah kulit lainnya yang kerap dialami ialah kulit berjerawat. Faktor penyebab kulit berjerawat saat sedang berpuasa dapat dikarenakan kurangnya istirahat serta kurangnya asupan cairan dalam tubuh serta faktor makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh seseorang.

Apabila tubuhmu kurang tidur saat istirahat, maka regenerasi kulitmu akan terhambat serta dapat memicu munculnya masalah jerawat.

Nah, kamu pun dapat memperhatikan asupan makanan dan minuman yang kamu konsumsi serta waktu istirahat yang cukup untuk memperbaiki kondisi kulitmu.

Nah, Ladies itulah kelima masalah kecantikan kulit yang kerap dialami oleh seseorang selama menjalankan ibadah puasa. Kamu pun dapat terus memeperhatikan pola hidup dan asupan makanan dan minuman yang kamu konsumsi selama berpuasa. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.