5 Masker Alami untuk Kulit Kering yang Bisa Kamu Coba di Rumah, Dijamin Mudah!

Selasa, 7 Mei 2024 | 18:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Masker Alami Untuk Kulit Kering Yang Bisa Kamu Coba Di Rumah, Dijamin Mudah!

Ilustrasi Wajah Kering. (Freepik)

Ladiestory.id - Kulit yang kering keap menjadi masalh tersendiri. Sebab, akan menjadikan masalah rentan terjadi seperti iritasi atau kemerahan. Selain itu, kulit kering juga menyulitkan saat menggunakan riasan. 

Nah, bagi kamu yang tengah mengalaminya tak perlu khawatir lagi. Sebab, ada cara mudah yang bisa kamu lakukan bahkan jika dirumah saja. Salah satunya adalah menggunakan masker alami untuk kulit kering.

Tenang saja, bahan yang diperlukan ini sangat mudah dan murah. Jadi, siapapun bisa mencobanya. Apakah kamu tertarik? Jika iya, maka ini waktu yang tepat untuk mengikuti pembahasannya sampai akhir ya! 

Masker Oatmeal

Oatmeal (Special)

Masker alami untuk kulit kering yang pertama adalah menggunakan oatmeal. Kamu mungkin sudah tak asing dengan bahan satu ini. Sebab, sering digunakan sebagai pengganti nasi atau makanan berat saat diet.

Siapa sangka, ternyata beragam kandungan baik di dalamnya juga bisa menutrisi kulit dan melembabkan. Oatmeal sendiri merupakan eksfoliator alami yang aman dan efektif membuka pori-pori yang tersumbat. 

Adapun cara pakainya sangat mudah. Gunakan sebanyak satu cangkir oatmeal dan tambahkan air hangat ke dalamnya. Usai oatmeal berubah warna, oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit. Terakhir, kamu bisa membilasnya dengan ri hingga bersih. 

Masker Pisang

Ilustrasi masker pisang. (Special)

 

Selanjutnya, ada juga pisang yang bisa kamu gunakan. Bahan alami satu ini ternyata mampu melembabkan dan menutrisi kulit.

Tingginya kadar antioksidan dalam bahan alami ini. Ternyata efektif dalam melembabkan kulit dan meningkatkan elastisitasnya. Sehingga, kulit menjadi glowing dan awet muda sesuai impianmu. 

Kamu bisa menggunakan 1 buah pisang dan haluskan. Kemudian, campurkan dengan 2 sendok madu dan aduk hingga tercampur sempurna. 

Jika sudah, kamu bisa mengoleskannya secara merata ke wajah. Diamkan selama 20 menit supaya meresap sempurna. Terakhir, kamu bisa membilasnya dengan air hingga bersih. 

Masker Air Mawar

Ilustrasi Air Mawar. (Special)

 

Masker alami untuk kulit kering berikutnya yaitu menggunakan air mawar. Bahan alami satu ini tentu sudah sering kamu dengar bukan?

Nah, teksturnya yang ringan seperti air ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satunya melembabkan sekaligus menenangkan kulit yang kering, iritasi dan kemerahan, 

Kamu bisa mengaplikasikan air mawar dengan menyemprotkannya ke wajah secara langsung. Namun, juga bisa menjadikannya sebagai masker wajah. Lalu seperti apa caranya?

Pertama, gunakan 2 sendok tepung beras dan air mawar secukupnya. Masukan bahan tersebut ke dalam mangkuk dan aduk merata. Lalu, aduk hingga menjadi kalis dan oleskan ke wajah. 

Lanjut, diamkan masker supaya meresap selam 20 senti. Terakhir, bilas wajah dengan air hingga bersih tanpa ada bahan yang tertinggal sekalipyn. Kamu bisa mengaplikasikannya sebanyak 2 kali dalam seminggu. 

Masker Susu

 

Ilustrasi susu. (Special)

 

Tak banyak yang tahu bahwa susu merupakan bahan alami terbaik untuk menenangkan kulit yang kering maupun iritasi. Kamu bisa menggunakan susu murni yang rendah laktosa. 

Ada kandungan asam laktat dalam susu bisa membantu menjadikan kulit lebih cerah, lembut dan lembab. Kamu bisa menggunakannya setiap malam menjelang tidur. 

Pertama, campurkan 2 sendok susu murni dengan 2 sendok madu. Lalu, aduk merata dan oleskan ke wajah yang sudah dibersihkan. 

Lanjut, diamkan selama 20 menit supaya meresap. Terakhir, kamu isa membilasnya dengan air hingga bersih. Selain melembabkan, resepi ini juga bisa membantu menghilangkan jerawat membandel. 

Masker Lidah Buaya

Lidah Buaya. (Freepik)

 

Masker alami untuk kulit kering yang terakhir adalh menggunakan lidah buaya. Tanaman sau ini merupakan bahan alami yang kaya akan mineral, vitamin dan jugasneyawa alon. 

Kandungan tersebut sangat cocok untuk digunakan semua jenis kulit. Bahkan, jika digunakan dengan rutin bisa melembabkan sekaligus menghilangkan jerawat, 

Bahan alami satu ini bisa kamu gunakan dengan mudah, lho. Cukup cuci bersih satu batang lidah buaya segar. Lalu, kupas kulit dan durinya. Kemudian, ambil bagian daging buanya. 

Haluskan hingga membentuk gel lembut. Kemudian, oleskan ke wajah secara merata. Dimakan selama 20 menit dan akhiri dengan membilasnya menggunakan air hingga bersih. 

Tentunya, untuk hasil yang maksimal kamu perlu menggunakannya dengan rutin. Semoga informasi mengenai masker alami untuk kulit kering ini bermanfaat dan selamat mencobanya ya! (*)