5 Outfit yang Harus Dihindari Saat Kondangan

Selasa, 2 Januari 2024 | 18:27:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

5 Outfit Yang Harus Dihindari Saat Kondangan

Ilustrasi Outfit Kondangan. (Pexels/Jonathan Borba)

Ladiestory.id - Saat datang ke pernikahan seseorang atau yang biasa disebut dengan kondangan, tentu setiap individu sangat ingin tampil menarik. Banyak individu yang telah menyiapkan beragam outfit dari jauh-jauh hari.

Namun, sebelum kamu memilih dan menyiapkan outfit untuk kondangan, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui. Melansir dari Cosmopolitan online, Jumat (15/12/2023), seorang pakar gaya hidup, Elaine Swann, menjabarkan beberapa outfit yang harus dihindari saat kondangan.

Pakaian Warna Putih

Ilustrasi Dress Berwarna Putih. (Pexels.com/Pixabay)

Elaine Swann menyarankan untuk menghindari pakaian berwarna putih saat pergi kondangan. Bukan tanpa alasan, menurutnya warna putih akan membuat penampilan menjadi lebih pucat saat dipotret.

Menghindari warna putih bukanlah hal yang sulit, kecuali pengantin wanita secara khusus meminta agar para tamu memakainya. Untuk mengganti warna putih, kamu bisa mengenakan warna-warna netral lainnya.

Warna Pakaian Serupa dengan Pengantin

Ilustrasi Warna Outfit Kondangan. (Pexels.com/Dewey gallery)

Selanjutnya, Elaine Swann menganjurkan agar menghindari pakaian dengan warna yang sama dengan pakaian atau tema resepsi pengantin saat kondangan. Hal itu agar kamu tidak terlihat seperti bagian inti dari keluarga pengantin.

“Kamu dapat mengetahui skema warna pernikahan dari undangan atau situs web pernikahan, yang memberikan gambaran tentang arah tujuan pasangan tersebut. Jika masih ragu, kamu selalu bisa bertanya kepada calon pengantin atau pengiring pengantin,” tutur Elaine Swann kepada Cosmopolitan Online.

Tidak Pakai Outfit Santai

Ilustrai casual outfit. (Pexels.com/juan mendez)

Meski tema pernikahannya adalah casual, kamu harus tetap menghindari outfit yang begitu sederhana dan mengarah ke pakaian santai, seperti celana pendek, jeans, dan t-shirt.

Jika kamu mencari sesuatu yang lebih kasual namun tetap cocok untuk pernikahan, pilihlah pakaian sederhana, seperti jumpsuit, dan gaun bodycon.

Perhatikan Garis Leher

Ilustrasi V Neck Dress. (Pexels/Marcus Silva)

Menurut Elaine Swann, saat kondangan, kamu boleh memakai outfit yang mempertegas garis lehermu. Namun, tetap harus memerhatikan outfit yang menonjolkan garis lehermu. Bukan tanpa alasan, hal itu karena tidak hanya pasangan yang akan hadir di sana, tapi mungkin ada anggota keluarga besar, termasuk kakek-nenek.

“Kamu tidak harus mengenakan outfit yang kuno, kamu bisa tetap mengikuti tren, tetapi ingatlah bahwa bagian dari pernikahan itu sendiri mungkin merupakan acara yang sangat religius juga, jadi ada beberapa kesopanan yang bisa diharapkan,” jelas Eleaine.

Pertimbangkan Musim

Ilustrasi Slinky Dress. (lucyinthesky.com)

Saat menghadiri kondangan, menurut Elaine Swann musim menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Jika ini adalah pernikahan musim dingin, pilihlah gaun slinky atau bahkan bahan beludru.

Jika ini musim semi, inilah waktunya untuk menikmati motif bunga dan motif menyenangkan. Untuk musim panas, pilih bahan sifon, katun, dan linen. Sedangkan untuk musim gugur, kamu harus menonjolkan warna permata, seperti tembaga, emas, hijau, dan cokelat.