5 Rekomendasi Destinasi Wisata Alam Curug Di Daerah Cianjur

Senin, 16 Agustus 2021 | 00:00:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Rekomendasi Destinasi Wisata Alam Curug Di Daerah Cianjur

Foto: Ladiestory.id

Cianjur merupakan sebuah kota yang penuh dengan memori seperti lagu bertajuk“Semalam di Cianjur” yang penuh akan makna. Menjadi kota yang terus berbenah tak lupa menghadirkan pengalaman untuk siapapun yang mendatanginya.

Sebagai tempat yang sebagian besar terletak di dataran tinggi menjadikan kabupaten cianjur mempunyai kontur tanah yang berbukit bukit dan banyak mempunyai aliran sungai dari sumber mata air langsung dari pegunungan.

Destinasi Wisata Alam Curug di Daerah Cianjur

Dengan kontur patahan lebih membuat aliran sungai terputus dan membuat air terjun maupun curug.

Oleh karena itu sangat banyak air terjun atau curug di cianjur yang sangat indah dan menarik guna di kunjungi baik untuk bermain air atau menikmati pemandangan yang menawan.

Dengan suasana menyejukkan sebab sebagian besar curug yang terdapat di cianjur terletak di perbukitan ataupun dataran tinggi dengan suasana yang sejuk.

Walaupun perjalanannya terkadang kurang baik tetapi ini dapat menjadi tantangan tersendiri untuk pecinta wisata air terjun. Bahkan spot foto air terjun adalah salah satu yang terbaik untuk para fotografer maupun wisatawan yang mau mengabadikannya pada bentuk foto guna di upload pada social media mereka.

Berikut curug curug yang perlu kamu kunjungi ketika sedang bertamu di Cianjur.

1. Curug Citambur

foto:instagram/curugcitambur
foto:instagram/curugcitambur

 

Yang pertama ada Curug Citambur. Curug Citambur dapat dibuat menjadi destinasi liburan kamu bila tengah di Cianjur. Curug Citambur tak hanya memberikan keindahan yang menawan, tetapi juga dilengkapi dengan beragam wahana yang tentunya akan menjadikan liburanmu berkesan.

Lokasinya memang sedikit tersembunyi namun bukan berarti tidak mempesona. Air terjun yang jatuh di ketinggian 100 meter ini tampak megah dan mempesona pada saat bersamaan.

2. Curug Cibereum

foto:instagram/curugcibeureum
foto:instagram/curugcibeureum

 

Curug maupun air terjun yang harus didatangi ketika tengah musim liburan tiba. Lokasinya yang masih terletak di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGPP) menjadi daya tarik khususnya untuk kamu penikmat alam, sebab jalurnya yang masih termasuk jalur pendakian Gunung Gede via Cibodas

Tempatnya sangat recomended, rasa lelah setelah mendaki akan terbayarkan dengan pemandangan air terjun yang bagus selama perjalanan akan sangat menyenangkan sebab pada wilayah hutan terdapat banyak pohon pohon rindang dan sejuk, jalan cukup baik, telah tersedia mushola dan toilet, serta kondisi curug cukup terjaga.

3. Curug Luhur

foto:instagram/asep_virdaus
foto:instagram/asep_virdaus

 

Curug Luhur memiliki debit yang deras. Air terjun ini terletak di Selatan kota Cianjur, Kecamatan Cibinong. Kamu dapat mengabadikan momen disini untuk mewarnai feed sosial media kamu. Pada wilayah ini, kamu dapat menginap backpacker di rumah warga sembari menikmati kearifan lokal penduduk setempat. Disini kamu dapat sekalian berkunjung ke Curug Walanda yang letaknya lumayan berdekatan.

4. Curug Cikondang

foto:instagram/curugcikondang
foto:instagram/curugcikondang

 

Selanjutnya ada Curug Cikondang. Curug Cikondang menjadi salah satu curug yang hits dikalangan wisatawan. Bukan hanya sebab memiliki jarak yang tidak jauh dari jalur pusat kota, kawasannya yang terletak di tengah perkebunan teh menjadikan tempat ini semakin menarik.

Selama perjalanan menuju Curug Cikondang, kamu akan dihidangkan dengan hamparan kebun teh di kanan kiri jalan. Selain perkebunan teh, kamu juga akan dibawa untuk menyusuri persawahan yang akan menyegarkan mata.

5. Cibodas Park-Curug Waterfall Cibogo

foto:instagram/inothersides
foto:instagram/inothersides

 

Cibodas Park merupakan tempat yang sangat sejuk dan memiliki aliran sungai yang mengalir langsung dari air terjun. Banyak pepohonan dan lapangan yg luas. Kamu dapat mengampar karpet disekitar aliran sungai dan bermain di aliran sungai. Ketika memasukkan kaki kedalam sungai, jangan tanya lagi. Pasti sangat enak sekali rasanya.

Ketika kamu di Cianjur jangan lupa buat mampir ya.

Berita Terkait