5 Rutinitas Pagi Hari untuk Kulit Sehat dan Glowing yang Benar, Cobain Yuk!

Selasa, 14 November 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Rutinitas Pagi Hari Untuk Kulit Sehat Dan Glowing Yang Benar, Cobain Yuk!

Ilustrasi Kulit Wajah. (iStock)

Ladiestory.id - Ketika kamu mengetahui cara terbaik dalam mengaplikasikan produk skincare. Tentunya, hal ini akan membuatmu memastikan diri bahwa produk bekerja dengan baik dan tidak membuang uangmu begitu saja. Namun, tahukah kamu rutinitas pagi hari untuk kulit sehat dan glowing yang benar?

Jika penasaran, tenang saja kamu berada di artikel yang tepat. Sebab, telah kami rangkum informasi khusus untuk kamu seputar rutinitas pagi hari untuk kulit sehat dan glowing, Penasaran, kan? 

Tak banyak yang mengetahui, bahwa perawatan kulit akan senantiasa mengalami pergantian seiring berubahnya cuaca atau musim. Selain masalah produk, urutan perawatan pun menjadi penting dalam tahap ini. 

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan rutinitas pagi hari untuk kulit sehat dan glowing yang benar seperti apa? Maka, artikel ini wajib kamu simak hingga akhir! 

Membersihkan Wajah

Ilustrasi Membersihkan Wajah. (iStock)

 

Pada tahap awal rutinitas pagi hari untuk kulit sehat dan glowing. Kamu dapat memulainya dengan membersihkan wajah hanya dengan air. 

Namun, kamu perlu memastikan diri bahwa pada malam hari telah melakukan pembersihan yang maksimal. Sehingga, sisa makeup, kotoran maupun debu jalanan yang menempel di wajah telah terangkat. 

Oleh karenanya, ketika di pagi hari kamu bisa menggunakan air saja untuk membersihkan sisa produk semalam dan juga menyapu bersih debu yang mungkin menempel selama kamu tidur. 

Jika ingin hasil yang lebih maksimal. Kamu bisa menggunakan spons dari akar konjac yang dapat membersihkan kulit. Uniknya, spons ini tidak membuat iritasi, kering maupun kulit kehilangan minyak alaminya. 

Gunakan Toner

Ilustrasi Toner Untuk Kulit Kombinasi. (Canva)

 

Usai mencuci wajah dengan air, kamu bisa melanjutkannya dengan menggunakan toner. Cara ini bisa membantu kulit lebih siap untuk menggunakan produk lainnya.
Selain itu, penggunaan toner dengan kandungan pelembap alami seperti aloe vera atau centella asiatica juga mampu menyegarkan kulit. Bahkan, dengan penggunaan yang teratur turut membuat kulit lebih lembut dan kenyal .

Cukup gunakan 3-5 tetes dan usapkan ke kulit secara perlahan. Lalu, tekan dengan lembut supaya bisa meresap lebih cepat dan merata. Mudah kan?

Aplikasikan Serum

Ilustrasi Serum Wajah. (iStock)

 

Bagi kamu yang tengah mengalami masalah kulit bruntusan atau jerawat sepanjang cuaca panas ini. Kamu bisa mengaplikasikan serum dengan kandungan salicylic acid di malam hari. 

Bahan aktif satu ini mampu atasi masalah kulit dengan baik. Selain itu, mencerahkan dan mengoreksi tekstur kulit yang bruntusan. Namun, jika kamu sudah memiliki produk serum favorit kamu juga bisa meneruskan penggunanya. 

Tips untuk menggunakan serum yang terbaik adalah dengan mengoleskannya terlebih dahulu supaya meresap ke dalam kulit. Hindari menggosoknya terlalu keras saat kamu menggunakanya. Cukup tekan lembut dan biarkan meresap selama 5-7 menit. Kemudian, kamu bisa lanjutkan dengan produk selanjutnya. 

Oleskan Pelembap

Ilustrasi Pelembap Wajah. (iStock)

 

Berikutnya, kamu bisa menggunakan pelembab. Gunakan tipe pelembab dengan tekstur lotion atau gel. Sehingga, lebih mudah menyerap kedalam kulit dan tidak menimbulkan  rasa lengket.

Kamu bisa memilih jenis produk dengan kandungan hyaluronic acid. Bahan aktif satu ini bisa membantu melembabkan wajah sepanjang hari. 

Kamu bisa menggunakannya sebanyak 3-4 tetes setiap hari dan menepuk-nepuk secara perlahan. Lalu, pijat lembut dengan gerakan memutar ke atas. Biarkan meresap dengan sempurna dan kamu bisa mealjuran ke tahap berikutnya. 

Gunakan Sunscreen

Ilustrasi Menggunakan Sunscreen. (Freepik)

 

Rutinitas pagi hari untuk kulit sehat dan glowing yang terakhir adalah menggunakan sunscreen. Perawatan terakhir ini dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari.

Kamu bisa menggunakan sunscreen dengan kandungan minimal SPF 30. Kemudian, kamu juga bisa menggunakan jenis sunscreen dengan kandungan niacinamide atau hyaluronic acid

Sehingga, juga dapat membantu melembabkan wajah secara rutin. Hindari juga produk yang memiliki whitecast atau alkohol. Sebab, bisa menimbulkan kulit mudah kering dan juga bruntusan. 

Cukup gunakan sebanyak 2 ruas jari untuk wajah dan leher. Aplikasikan 30 menit sebelum beraktivitas dan ulangi setiap 2-3 jam. Mudah bukan?